Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jalur Mandiri PTN Tanpa Uang Pangkal 2021

Daftar Jalur Mandiri PTN Tanpa Uang Pangkal 2021



Artikel ini membahas tentang jalur mandiri PTN tanpa uang pangkal 2021

Uang pangkal disebut juga SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) adalah sumbangan yang wajib diberikan oleh mahasiswa kepada perguruan tinggi dengan tujuan untuk perbaikan institusi pada bidang akademik. Biasanya SPI banyak terdapat pada PTS, tetapi banyak juga PTN yang pada jalur seleksi mandirinya mematok uang pangkal.

Hal yang menjadi tantangan sebagian orang adalah uang pangkal yang ditarik oleh pihak kampus sangatlah besar bahkan bisa sampai 50 - 70 juta rupiah. Hal ini sangat memberatkan sebagian orang dan memang ini sudah kebijakan kampusnya. Oleh karena itu, berikut ini saya berikan informasi PTN mana saja yang seleksi mandirinya tidak ada uang pangkalnya.

1. Universitas Gadjah Mada

Seleksi mandiri UGM dikenal dengan nama UTUL UGM dan pada tahun 2020 ini tidak seperti biasanya yang dilaksanakan tes UTUL, tetapi seleksi menggunakan nilai rapor, nilai UTBK, dan prestasi yang dimiliki (jika ada). 

Pada seleksi mandiri UGM peserta yang lolos nantinya dan dinyatakan diterima tidak ditarik uang pangkal sepeserpun. Untuk masalah pembayaran, maka peserta hanya perlu membayar biaya pendaftaran seleksi UM UGM sebesar Rp250.000 dan nantinya setelah lolos hanya membayar UKT sesuai yang ditetapkan pihak UGM dengan memperhatikan pendapatan dan kondisi ekonomi keluarga.

Untuk pendaftaran seleksi mandiri UGM, tidak ada KIP Kuliah ya jadi semua harus daftar reguler dan membayar biaya pendaftaran. Jika memang tidak mampu secara ekonomi, bisa mengajukan keringanan (pengajuan KIP kuliah jika kuota KIP kuliah di UGM masih sisa)  ketika sudah dinyatakan sebagai mahasiswa. Daftar besaran UKT yang ditetapkan UGM mengacu pada peraturan berikut :  UKT UGM 2021

2. Universitas Indonesia (SIMAK UI)

Pada seleksi SIMAK UI 2021, seleksi dilaksanakan dengan berdasarkan nilai ujian SIMAK UI. Oleh karena itu, peserta diharapkan dapat mendaftarkan diri dan mempersiapkan untuk ujian karena materinya tidak hanya TPS tetapi juga ada TKA Saintek dan TKA Soshum lo.

Seleksi SIMAK UI tidak menarik biaya uang pangkal bagi peserta yang lolos nanti, bahkan bagi mahasiswa yang kurang mampu bisa mendaftarkan diri melalui jalur KIP kuliah. Bagi peserta yang mendaftar reguler, membayar pendaftaran sebesar Rp400.000 (saintek/soshum) dan Rp500.000 (Campuran).

Jika peserta lolos, maka hanya perlu membayar UKT saja. Daftar UKT dapat dilihat pada : UKT Universitas Indonesia

3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Seleksi Mandiri UNJ yaitu berdasarkan nilai Ujian Tulis yang dilaksanakan oleh UNJ sendiri (pendaftaran dapat dilihat pada http://penmaba.unj.ac.id/mandiri-ujian-tulis/. Ujian tulis ini direncakanan dalam bentuk daring/online.

Peserta yang mendaftar seleksi mandiri UNJ hanya perlu membayar biaya pendaftaran dan mengisi pendaftaran secara tuntas. Apabila lolos dan dinyatakan diterima, maka calon mahasiswa disuruh untuk membayar UKT dan SPI (uang pangkal)*
Tidak semua jurusan ada penarikan uang pangkal dan ada juga uang pangkal Rp0,- jadi pihak UNJ memastikan bahwa semua peserta dari semua golongan ekonomi memiliki hak yang sama.
Bagi yang ingin mengetahui apakah jurusan yang kalian pilih ada uang pangkal atau tidak silakan cek di Daftar Uang Pangkal UNJ 2021. Bagi jurusan yang tidak ada daftar SPI-nya berarti tidak ditarik uang pangkal ya.

4. Semua Universitas Islam Negeri (UIN)

Semua UIN tidak diperkenankan meminta uang pangkal/sumbangan pembangunan/SPI kepada peserta yang lolos lewat jalur mandiri masing-masing kampus.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

3 comments for "Daftar Jalur Mandiri PTN Tanpa Uang Pangkal 2021"

  1. D unj prodi apa aja yg ada uang pangkalnya?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Jurusan di unj yang gk ada uang pangkalnya jurusan apa aja y pleaseee

    ReplyDelete