Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis dan Usaha Kecil Kecilan untuk Mahasiswa 2020

Bisnis dan Usaha Kecil Kecilan untuk Mahasiswa 2020 - Yusuf Studi

Artikel ini membahas tentang bisnis atau usaha kecil-kecilan untuk Mahasiswa yang bisa dilakukan dan pastinya mudah dan menguntungkan pada tahun 2020


Menjadi mahasiswa adalah sebuah tanggung jawab yang besar. Selain menuntut ilmu di dalam kelas kita juga dituntun bisa lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang tua ya. Nah, khususnya bagi mereka yang mungkin diberikan uang saku yang kecil oleh orang tua karena keterbatasan dan kebutuhan ekonomi yang banyak, sehingga kita harus memiliki usaha kecil-kecilan atau kerjaan yang bisa membantu finansial selama kuliah.


Yaps, selama kuliah nanti memang kebutuhan akan silih berganti serta akan muncul banyak hal jadi pengeluaran akan semakin banyak. Nah untuk itu selain kita memanajemen keuangan yang baik kita juga harus memikirkan dapat uang jajan dari mana (selain orang tua). Salah satunya yang bisa dicoba adalah bisnis atau kerja kecil-kecilan sebagai berikut nih.

1. Jualan Pulsa dan Paket Data

Ini adalah usaha yang paling mudah dan cepat bahkan dengan modal yang relatif tidak banyak. Pasar mahasiswa juga sudah jelas karena banyak sekali yang membutuhkan kuota dan paket data. Selain itu, kita bisa memanfatkan promo-promo dari marketplace untuk kuota dan pulsa serta dapat bergabung menjadi tim marketing provider tertentu.

Uang dapat relasi juga luas kan melatih public speaking juga.

Bayangkan saja, kalian jual pulsa Rp5000 dengan harga Rp6000, pastinya kalian sudah untung Rp500 (apabila dikurangi pajak/biaya setiap transaksi). Kalau misal kalian belinya partai besar biasanya pulsa Rp100.000,- bisa dibeli dengan harga Rp95.000-96.000, nah bisa ambil margin yang besar kan.

2. Les Privat dan Tentor Bimbel

Nah peluang kedua adalah dengan memberikan jasa les privat kepada anak-anak SD SMP atau SMA. Apalagi kalau mendekati SBMPTN atau seleksi masuk STAN/STIS dan lainnya, pasti anak SMA butuh tentor juga kan.

Apalagi kalian sudah mahasiswa pasti dianggap lebih tau masalah perujian-ujian masuk seperti ini. Selain kamu bisa mengajarkan materi kamu juga dianggap bisa memberikan trik dan tips kepada mereka supaya lolos.

Nah, supaya bisa mendapatkan uang dan pahala juga. Selain mengajarkan ilmu pastinya diberikan kompensasi oleh si pengguna jasa lah ya minimal per jamnya berapa rupiah. Masa iya si sudah diajari dan diberikan banyak pengetahuan tidak memberi apa-apa selagi juga kita mahasiswa butuh makan buat bisa mengajar (tetap tulus tapi ya butuh makan hehe).

Kalau memang belum bisa les privat yang mungkin berjalan sendiri dan mencari konsumennya sendiri, bisa ikut lembaga bimbingan belajar (Bimbel) untuk jadi spesialis tentor pada mata pelajaran apa saja. Nanti sistemnya bagi hasil dengan pihak lembaganya.

3. Penerjemah Bahasa Inggris

Lowongan bagi yang ahli bahasa asing khususnya bahasa inggris, apalagi yang dari hubungan internasional (HI) dan sastra inggris. Ini sangat menguntungkan bagi kalian. Banyak sekali yang mungkin mau mengerjakan tugas papernya bahasa inggris maka karena kurang paham dan takut salah mending pakai jasa penerjemah.

Atau misalkan buat yang mungkin lomba essay atau sumbit makalah dan harus bahasa inggris, kalian bisa membuka jasa "profreading". Jika memang belum kuat dasarnya bisa menjadi penerjemah di komik atau lainnya sih. Apalagi buat yang suka anime jepang.

4. Fotografer dan Videografer

keduanya sangat berkaitan, kebanyakan yang bisa videografer pasti bisa fotografer. Masalah yang sering muncul sih terkendala masalah editing. Tidak semua orang bisa menggunakan editing video ya. Jika memang mempunyai alat, skill, dan juga kemampuan ini patut dicoba dan sangat banyak lowongan yang bisa diraih, misalkan :
  • Foto wisuda
  • Foto pre-wedding
  • Videografi untuk wedding
  • Part time content creator
  • Youtuber
  • Projek majalah tahunan sekolah
  • atau banyak lagi.

Bahkan ni, banyak sekali yang menggeluti bidang ini lo dan penghasilannya tidak tanggung-tanggung. Yang utama adalah tetap ramah, mengikuti trend, dan terus belajar supaya banyak dikenal dan banyak job.

5. Desain Grafis

Desain grafis sekarang ini sangat luas dan dibutuhkan semua kalangan karena sudah jamannya digitalisasi apalagi "Brand dan Digital Marketing". Contoh jasanya :

  • Jasa pembuatan Poster
  • Leaflet/Banner iklan
  • Printing
  • Feed Instagram
  • Desain PPT
  • dan lainnya.

6. Penulis Lepas

Yaps, menjadi penulis lepas seperti copywriter dan content writer bisa melatih kita dalam menulis dan juga tulisan kita dihargai lo. Inilah jalan juga bagi kalian menjadi penulis handal seperti penulis buku, puisi bahkan menjadi SEO Specialist.

Apa itu SEO Spesialist? googling aja ya.

7. Jualan di Market Place

Mulailah buka toko kalian bisa di Shopee, tokopedia, atau lainnya. Usaha sangat luas sekali. Buat kalian para mahasiswa bisa jualan obat dan alat kecantikan, skin care, dan banyak banget sis. Buat cowok bisa buka jualan buku atau mungkin baju-baju atau karya lainnya.

Tidak harus di marketplace ya, bisa juga buat yang punya skill desain menjual jasa di Instagram lho misal buat karikatur, animasi dan lainnya.

8. Reseller

Jadi reseller produk atau jasa. Nah banyak sekali nih biasanya perusahan-perusahan yang sedang membangun bisnisnya dan membuka program reseller. Sistem reseller ini banyak jenisnya bisa juga seperti bagi hasil dan kalian akan mendapatkan hasil yang banyak tanpa harus memproduksi produknya.

9. Program afilisasi

Program yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi apabila kalian berhasil membuat orang lain menggunakan dan membeli suatu produk. Misalnya kamu menjual produk hosting dan domain untuk para pembuat website, nah jika kamu bisa menjualkan produknya maka kamu akan mendapatkan komisi bagi hasil. Semakin mahal produk yang kamu bantu jualkan makan komisi kalian akan banyak.

Beberapa contoh program afiliasi :

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Bisnis dan Usaha Kecil Kecilan untuk Mahasiswa 2020"