Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek NPSN Sekolah Secara Online 2021

 

cara melihat dan mengetahui nomor npsn sekolah secara online untuk snmptn dan daftar akun ltmpt 2021

Artikel ini membahas bagaimana cara melihat, cek atau mengetahui Nomor NPSN Sekolah secara Online untuk pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN LTMPT 2021 nanti

Pendaftaran Akun LTMPT 2021 akan segera dibuka dan akun ini nantinya sangat bermanfaat untuk seleksi kedepannya, antara lain seleksi SNMPTN dan juga UTBK - SBMPTN 2021 nanti. Nah, salah satu syarat untuk mendaftar  Akun LTMPT ini adalah siswa akan diminta untuk memasukkan No. NISN siswa serta Nomor NPSN Sekolah masing-masing.

Apa itu NPSN Sekolah

Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN adalah kode unik untuk satuan pendidikan di Indonesia untuk semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat. Kode unik ini berbeda setiap sekolah dan memiliki fungsi untuk memudahkan pengelolaan data satuan pendidikan.

Melihat NISN Siswa secara Online 2021

Untuk melakukan pengecekan data serta melihat NISN siswa bisa dibaca secara lengkap di Cara melihat NISN Siswa untuk SNMPTN dan SBMPTN 2021

Cara Melihat NPSN Sekolah 2021 Secara Online

Banyak yang mengalami kendala bagaimana cara mengetahui NPSN sekolah secara mudah dan hanya perlu Online, karena apabila ingin menanyakan sekolah juga kadang lama dijawabnya oleh pihak sekolah kan. Ikuti cara berikut ini. 

Cara Mengetahui NPSN Sekolah 2021 untuk Daftar LTMPT

1. Akses Laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id

Silakan langsung untuk mengakses laman berikut untuk melihat NPSN Sekolah ya : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11_sma.php?kode=050810&level=3 (silakan langsung klik saja). Nanti akan muncul tampilan seperti pada langkah 2.

2. Pilih Jenjang dan Provinsi


Setelah muncul tampilan seperti diatas, hal pertama yang dilakukan adalah memilih jenjang pendidikan. Apabila ingin melihat data SMA sederajat silakan klik tulisan "SMA Sederajat". Untuk SMA sederajat nanti akan berisi tentang data SMA dan MA Negeri dan Swasta.

Setelah itu, klik pilih Provinsi sesuai dengan lokasi sekolah kalian berada. Misalkan saya memilih "Jawa Timur"

3. Pilih Kota atau Kabupaten

Cara Cek Nomor NPSN Sekolah online 2021

Kemudian, kalian disuruh untuk memilih kabupaten atau kota tempat sekolah kalian berada. Saya misalkan saya ingin mencari sekolah di Kabupaten Madiun, maka saya klik kab. Madiun.

4. Pilih Kecamatan

Tahapan terakhir adalah memilih kecamatan tempat sekolah kita berada seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Mengetahui Nomor NPSN Sekolah Online

5. Nomor NPSN Sekolah

Pada akhirnya, akan muncul daftar sekolah yang ada di kecamatan tersebut seperti pada gambar dibawah ini.

Melihat Nomor NPSN Sekolah untuk SNMPTN

Data yang akan ditampilkan disini antara lain :

  1. NPSN sekolah,
  2. nama sekolah
  3. alamat,
  4. kelurahan/desa,
  5. serta status (negeri atau swasta).

Mudah kan cara mengetahui atau melihat NPSN sekolah secara online untuk keperluan mendaftar akun LTMPT yang nantinya sangat bermanfaat untuk SNMPTN dan SBMPTN 2021. Semoga bermanfaat dan cara ini juga dapat digunakan untuk melihat NPSN Sekolah untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

3 comments for "Cara Cek NPSN Sekolah Secara Online 2021"

  1. Anak saya sudah punya kartu kip dan buku tabungan dari BRi pernah menerima pertama dan terahir kls 6 sd sekarang anak saya sudah smp kls3 blm lagi menerima yg namanya kip

    ReplyDelete
  2. Apakah bisa daftar kip secara online

    ReplyDelete