Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah 2021

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah 2021 : Tips Lolos Beasiswa
 Artikel ini membahas tuntas dan lengkap tentang cara mendapatkan atau memperoleh beasiswa kuliah serta tips lolos beasiswa bagi mahasiswa tahun 2020 dan 2021

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya salah satunya adalah bisa kuliah minimal D3 atau S1. Akan tetapi, tidak semua orang berasal dari orang yang mampu dalam segi ekonomi sehingga perlu adanya tambahan dana demi bisa membiayai biaya kuliah.

Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan beasiswa kuliah apalagi pada tahun 2020-2021 ini kita berada didalam kondisi resesi dan pandemi covid-19 yang belum tau kapan selesainya. Beasiswa menjadi salah satu solusi yang diharapkan tetapi tetap akan banyak saingan didalamnya sehingga perlu beberpa tips lolos beasiswa kuliah.

Nah, dengan adanya masalah diatas maka artikel ini akan mengulas bagaimana sih cara mendapatkan beasiswa kuliah bagi mahasiswa demi dapat mencukupi biaya kuliah dan biaya operasional seperti membeli buku, membayar tagihan internet, serta dapat lulus tepat waktu nantinya. 

Bahkan ada juga yang menawarkan beasiswa kuliah gratis dibeberapa universitas dan juga oleh para pemberi beasiswa.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah


Riset dan Update Informasi

Seseorang yang memang memerlukan bantuan beasiswa, pastinya mereka akan mau bersusah payah mendapatkan informasi tercepat dan terbaru terkait beasiswa apa saja yang ditawarkan oleh pemberi beasiswa. 

Salah satu caranya yang paling mudah adalah dengan membuka website yang menyediakan informasi beasiswa, follow akun-akun instagram yang berkaitan dengan informasi beasiswa, dan yang paling utama adalah selalu update informasi beasiswa dari akademik atau kemahasiswaan baik pada tingkat universitas maupun sampai jurusan/fakultas.

Kemudian, jika sudah ketemu beasiswa yang ditawarkan, silakan pelajari dengan saksama dan detail mengenai jadwal, tujuan, syarat dan ketentuan, berkas serta seluk beluk mengenaik beasiswa kuliah tersebut. Jangan sampai tertukar dan hati-hati serta teliti ya.

Diskusi

Jenjang SMA

Rajin-rajinlah diskusi dengan orang lain dan orang-orang penting baik dengan guru, dosen, atau pengurus sekolahan/kampus.

Bagi kalian yang masih SMA sederajat dan ingin memperoleh informasi ini, silakan sering-sering mendatangi TU/BK terkait beasiswa. Biasanya informasi dari mereka akan lebih valid daripada yang hanya tersebar di Internet.

Akan tetapi, bisa jadi pihak sekolah juga kurang update sehingga apabila kalian dapat informasi beasiswa silakan langsung tanyakan kepada pihak sekolahan untuk divalidasi kebenarannya dan juga nantinya supaya dibantu untuk proses pendaftara, pengumpulan berkas, dan kebutuhan lain-lainnya.

Jenjang Kuliah

Apabila sudah kuliah, kalian harus mandiri terkait crosscheck kebenaran beasiswa dan juga dalam memahami dan menelaah aturan beasiswa. Sudah mahasiswa harus lebih hati-hati dan mandiri ya. Apabila perlu bantuan, silakan tanyakan kepada pihak akademi atau kemahasiwaan tingkat fakultas masing-masing.

Pahami Jenis Beasiswa

Pahami jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan. Misalnya seperti KIP Kuliah atau dulu namanya Bidikmisi yang merupakan bantuan bagi mereka yang kurang mampu dari pemerintah, Beasiswa unggulan yang merupakan beasiswa bagi siswa berprestasi yang ingin masuk kuliah, atau bahkan ada tawaran dari luar/swasta seperti beasiswa tanoto foundation, sampoerna, supersemar, dll yang masing-masing ada syarat dan ketentuan.

Dengan memahami jenis beasiswa ini maka akan memperbesar peluang lolos seleksi beasiswa karena setiap beasiswa kadang memiliki permintaan masing-masing. Misalnya bagi yang kurang mampu, atau yang prestasi (dilihat IPK), atau mungkin yang aktif organisasi (leadership), suka pengabdian dan masih banyak lagi.

Validasi Pihak Penyelenggara

Setelah memahami semuanya, tahapan selanjutnya adalah dengan langsung bertanya kepada pihak penyelenggara tentang tujuan atau bahkan pertanyaan yang mengganjal tentang beasiswa. Bisa saja kalian menanyakan syarat yang tidak tertulis tetapi menjadi nilai tambah bagi kamu dan tanya syarat-syarat yang ada.

Ingat! bertanyalah pada hal yang memang tidak jelas pada aturan, syarat dan ketentuan. Jangan sampai menanykan hal yang sudah ada pada buku panduan beasiswa kuliah ya.

CV dan Portofolio

cv dan portofolio beasiswa

Sudah semakin yakin? yuk kemudian siapkan dengan baik mengenai CV dan Portofolio. Hal inilah yang menjadi seleksi pertama (administrasi) untuk beasiswa kuliah. CV berisi tentang data diri dan informasi lainya sedangkan portofolio sebagai syarat tambahan yang opsional.

Selain CV dan portofolio, perhatikan sayart lain seperti (menyesuaikan pemberi beasiswa):

  • Kartu Hasil Studi (yang menunjukkan IPK).
  • Data diri (dengan melampirkan KTM).
  • Prestasi pada CV (melampirkan sertifikat kejuaraan atau organisasi)
  • Portofolio (melampirkan link yang bisa diakses secara online).
  • dll.

Untuk memaksimalkan CV silakan baca Tips Membuat CV yang Baik dan Lolos Beasiswa Kuliah, karena setiap beasiswa memiliki prioritas masing-masing. Jangan asal membuat CV, banyak prestasi belum tentu lolos.

Esai dan Deskripsi Diri

Siapkan esai deskripsi diri yang baik. Biasanya sih ya saat pendaftaran beasiswa, peserta diharapkan mengirimkan esai diri atau deskripsi diri untuk beasiswa dan juga CV tadi. Nah, sangat penting membuat deskripsi dengan baik karena reviewer akan membaca ini dulu sebelum CV.

Jangan abaikan hal sepele ini yang membuat banyak gagal lolos seleksi beasiswa kuliah lho, oleh karena itu silakan paham baik tentang Membuat Deskripsi Diri Untuk Beasiswa

Motivation Letter

Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Selamanya
Apa alasan anda melamar beasiswa kuliah ini?

Mengapa panitia harus memilih Kamu sebagai penerima beasiswa kuliah ini?

Nah, saat wawancara biasanya akan ditanyakan seperti pertanyaan diatas. Makanya kadang pemberi beasiswa memberi syarat untuk membawa atau melampirkan surat lamaran beasiswa atau motivation letter beasiswa.

Apa tujuannya? untuk menilai apakah yang ditulis sama dengan yang dijawab ketika wawancara langsung. Apabila tidak ada motivation letter biasanya alasan ini dimasukkan dalam pembuatan deskripsi diri untuk beasiswa atau Esai.

Jika memang disuruh membuat, silakan buatlah yang baik dan berikut ini Tips dan Contoh Motivation Letter untuk Beasiswa. Kalau memang berkas disuruh dikirim melali surel (email) maka motivation letter ini dimasukkan dan ditulis dalam body email ya. Jangan sampai kosongan.

Menulis dan Bicara yang Baik

Seleksi tidak hanya berupa berkas saja tetapi juga bagaimana seorang pelamar beasiswa menulis dan bicara yang baik. Penilaian menulis dilihat dari bagaimana mereka menulis tentang esai atau deskripsi diri yang baik dan benar serta tidak muter-muter yang bikin mumet.

Singkat, padat, jelas, dan sesuai dengan harapan pemberi beasiswa

Selain itu, seleksi lainnya masih banyak yang berkaitan dengan bicara seperti FGD (Forum Grup Discussion) dan wawancara langsung oleh reviewer. Oleh karena itu, latihan terus ya dalam bicara yang baik dan benar.

Ada juga yang seleksi awalnya untuk deskripsi diri untuk beasiswa tidak menggunakan tulisan tetapi dengan membuat video pendek selama 1 menit dan diunggah di sosial media (instagram dan youtube) juga. Semakin baik dan sesuai dengan tujuan beasiswa maka peluang lolos akan tinggi.

Bagaimana ? semangat mencari beasiswa demi impian masa depan menjadi orang terdidik kan? semoga bermanfaat artikel yang sedikit ini ya. Terima kasih banyak.


Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah 2021"