Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar BDT DTKS 2021 - KIP Kuliah

Cara Daftar BDT Kemensos

Artikel ini membahas tentang cara daftar BDT DTKS Kemensos untuk KIP Kuliah 2021 nanti.

Mulai tahun 2020 lalu, program Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya sekolah bagi mahasiswa kurang mampu dari segi ekonomi digantikan secara total menjadi program KIP Kuliah. Ada beberapa perubahan saat melakukan pendaftaran salah satunya adalah prioritas siapa yang menerima KIP Kuliah ini, antara lain yang memiliki Kartu PIP sewaktu SMA, keluarga memiliki kartu KKS dan jika tidak memiliki minimal sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS Kemenos).

Oleh karena itu, penting rasanya untuk mempersiapkan sejak dini untuk pendaftaran KIP Kuliah 2021 nanti yaitu mengajukan atau mengusulkan untuk terdaftar di BDT DTKS Kemensos. Bagaimana cara daftar BDT DTKS untuk KIP Kuliah 2021 nanti? apakah bisa secara online?



Apa itu BDT ?

Basis Data Terpadu atau BDT adalah sistem data elektronik yang berisikan data naama, alamat, NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan keterangan dasar sosial ekonomi rumah tangga dan individu dari sekitar 25 juta rumah tangga di Indonesia. BDT merupakanacuan utama penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan dalam skala nasional maupun daerah, seperti KKS, KIP, PKH dan lainnya (sumbertegalrejo-gedangsari.desa.id)


Cara Daftar BDT (Basis Data Terpadu) DTKS untuk KIP Kuliah 2021

1. Kelurahan

Pertama kali, silakan datang langsung ke kelurahan/desa setempat. Kemudian tanyakan kepada pihak desa bagaimana cara mengusulkan data BDT DTKS tersebut dan apa saja tahapannya.

2. Cek Data

Sebelum melakukan pendaftaran, pihak desa harus mengecek dahulu data diri kalian apakah sudah terdaftar atau belum. Apabila belum terdaftar dan belum pernah diusulkan, maka lanjut pada poin 3.

3. Mengisi Form SIKS NG

Jika tidak ada, nanti kalian akan dipandu oleh pihak perangkat desa untuk mengisi formulir SIKS NG dari kemensos sebagai persyaratan pengajuan pendaftaran BDT DTKS untuk KIP Kuliah tersebut.

Jika sudah, maka pihak desa akan mengisikan form yang sudah diisi ke dalam sistem online apabila sudah divalidasi oleh desa.

4. Validasi Data

Validasi adalah pencocokan form yang telah diisi dengan data dilapangan secara riil. Apabila terjadi perbedaan dan si pelamar tidak memenuhi syarat (dianggap mampu) maka pihak desa bisa membatalkan atau menolak pengajuan pendaftaran DTKS untuk kip kuliah tersebut.

5. Pengusulan oleh Desa

Pihak desa akan mengusulkan melalui sistem online.

6. Validasi Dinas Sosial (survei)

Jika sudah masuk dalam antrian pendaftaran, maka nantinya pihak Dinas Sosial Kabupaten/kota setempat akan memvalidasi data yang masuk dengan langsung survei ke rumah si pelamar tadi. 

7. Menunggu

Jika sudah, maka silakan menunggu dan silakan update secara berkala ke pihak desa dan secara online untuk kelanjutan dari pengajuan tersebut. Waktu yang diperlukan sangat lama bahkan bisa sampai 6 bulan. Cara Cek Status DTKS Kemensos untuk KIP Kuliah

Data DTKS untuk KIP Kuliah 2021

Dengan adanya kebijakan ini, bagaimana nasib KIP Kuliah 2021 ? yaps, berdasarkan hal tersebut untuk menghindari dan mengurangi kemungkinan salah sasaran, digunakan data DTKS inilah untuk filter. Akan lebih diutamakan apabila siswa menerima PIP sewaktu SMA atau keluarga memiliki KKS/PKH.

Bagaimana bagi yang tidak terdaftar? apakah masih memiliki peluang?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sudah saya beri penjelasan panjang dan dibahas lengkap pada Apakah Bisa Lolos KIP Kuliah jika Tidak Terdaftar DTKS?

Arti Desil DTKS KIP Kuliah

  • Desil 1 : Rumah Tangga dalam kelompok kondisi 10% terendah (sangat miskin).
  • Desil 2 : Rumah Tangga dalam kelompok kondisi 10-20% terendah (miskin).
  • Desil 3 : Rumah Tangga dalam kelompok kondisi 20-30% terendah (hampir miskin).
  • Desil 4 : Rumah Tangga dalam kelompok kondisi 30-40% terendah (rentan miskin).
  • Desil>4 : Rumah tangga dalam kondisi mampu - sangat mampu.

Sehingga prioritas utama yang mendapatkan KIP Kuliah nanti adalah yang memiliki status desil 1 sampai desil 4.

Oleh karena itu, yuk persiapkan baik-baik mulai sekarang supaya cepat di proses dan bermafaat bagi kalian sendiri nantinya.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

5 comments for "Cara Daftar BDT DTKS 2021 - KIP Kuliah"

  1. Ini kenapa ya tiba2 aku dapat desil >4 padahal aku dapat kip, kjp, anak yatim, mama juga sudah berhenti bekerja jadi buat makan sehari2 dari abang yang sudah bekerja..

    ReplyDelete
  2. desil itu ditentuinnya darimana kak? dan cara cek kita desil berapanya gimana?

    ReplyDelete
  3. Apakah bisa selsai jika mendaftar DTKS ditanggal mepet pendaftaran SNMPTN begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya ga keburu, tp ttp dicoba aja. Taun kemarin non dtks juga ada yg ketrima ko

      Delete
  4. Kak alamat rumah yang saya tempati skrg dengan yg di kk berbeda di kk lama rumah nenek saya skrg tidak ada yg menempati, di akun ltmpt saya isi sesuai kk. Tp di kipk saya bingung apabila disurvei langsung kerumah tidak ada orang yg menempati. Jadi sebaiknya diisi alamat rumah sekarang atau tetap sesuai kk? Plis jawab

    ReplyDelete