Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Registrasi dan Isi Biodata Akun LTMPT 2021 Bagi Siswa

Artikel ini membahas secara lengkap tentang panduan dan tutorial registrasi akun LTMPT 2021 serta cara pengisian biodata akun LTMPT 2021 bagi siswa untuk SNMPTN dan UTBK - SBMPTN.    

Laman https://portal.ltmpt.ac.id/reg telah dibuka untuk melakukan registrasi akun LTPMT. Pada tahapan pendaftaran akun ini, nantinya akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang 1, yaitu registrasi akun LTMPT 2021 untuk siswa lulusan tahun 2021 dilakukan mulai tanggal 4 Januari 2021 - 1 Februari 2021.

Sedangkan Gelombang 2, dikhususkan bagi mereka lulusan 2019 dan 2020 (gapyear) dan juga mungkin bagi mereka siswa lulusan 2021 yang belum sempat mendaftar pada saat registrasi gelombang 1.

Nantinya artikel ini membahas bagaimana prosedur registrasi pendaftaran akun LTMPT 2021 bagi siswa (membuat akun baru) bagi yang belum pernah membuat akun sebelumnya. 

Registrasi Akun LTMPT 2021

Pendaftaran akun LTMPT dilakukan dilaman  https://portal.ltmpt.ac.id/reg kemudian pilih "siswa". Sebenarnya untuk masalah registrasi akun baru sudah aku bahas lengkap beserta gambarnya supaya mudah dipahami. 

Jika belum mendaftar, silakan daftar dan baca Panduan Registrasi Akun LTMPT 2021 bagi Siswa supaya tidak salah.

Login

Jika sudah registrasi akun di langkah pertama tadi, silakan kalian login pada laman https://portal.ltmpt.ac.id/ menggunakan kombinasi e-mail dan password yang sudah didaftarkan tadi.

Panduan Isi Biodata Akun LTMPT 2021 Bagi Siswa

Klik Verval

Setelah login akun LTMPT, nanti akan muncul tampilan berikut (seperti pada gambar dibawah) dan silakan langsung klik menu "Verval". Verval LTMPT adalah langkah untuk verifikasi dan validasi data diri kita apakah sudah benar atau belum.

Panduan Isi Biodata Akun LTMPT 2021 Bagi Siswa

Verval Biodata Diri

Pada bagian ini kalian diharapkan untuk mengecek apakah sudah benar atau belum data kalian yang diambil dari dapodik. Jeli dan teliti ya.

Panduan Isi Biodata Akun LTMPT 2021 Bagi Siswa

Perhatian! Jika data yang tidak bisa diisi kalian masih salah, silakan perbaiki dahulu minta bantuan sekolah ya (sesuai arahan yang ada pada peringatan dibagian atas). 

Apabila data kita di dapodik sudah diperbaiki oleh sekolah, nanti login akun LTMPT lagi dan klik "perbarui data". Data disini diambil langsung dari database dapodik ya.

Nah, jika sudah dipastikan benar dan diteliti ulang, silakan lanjut pada pengisian data. Pengisian data ini mencakup NIK, agama, alamat, dan no. handphone (ingat pakai nomor yang aktif kira-kira sampai akhir tahun 2021).

Biasanya nomor handphone ini digunakan apabila kalian lolos seleksi dan ada informasi resmi dari kampus untuk pemberitahuan.

Panduan Isi Biodata Akun LTMPT 2021 Bagi Siswa

Jika sudah benar semuanya dan yakin benar silakan klik "simpan perubahan". Jika masih ada yang salah, perbarui dulu data yang salah sampai benar dan klik simpan perubahan jika sudah benar

Verval Data Sekolah

Setelah biodata diri selesai, lanjut pada data sekolah. Pastikan semuanya benar dan klik selanjutnya jika sudah yakin benar. Jika masih salah mintalah bantuan sekolah untuk memperbaiki data sekolah di data dapodik.

Jika sudah benar semuanya dan yakin benar silakan klik "simpan perubahan".

Jika sudah klik selanjutnya.

Unggah Foto

Setelah selesai masalah data-data diri, nanti dilanjutkan dengan mengunggah (upload) foto diri di akun LTMPT 2021.

Jika sudah benar semuanya dan yakin benar silakan klik "simpan perubahan".

Oleh karena itu, sebelum mendaftar akun LTMPT 2021, pastikan sudah menyiapkan file pas foto yang sesuai dengan aturan yang ada. Hati-hati jangan sampai ada kesalahan kecil masalah foto ini ya. Jika ingin mengetahui syarat dan aturannya, silakan baca Syarat, Ketentuan dan Ukuran Pas Foto untuk LTMPT 2021

Sesuaikan Foto

Jika sudah benar semuanya dan yakin benar silakan klik "simpan perubahan".

Setelah file foto terunggah, nanti kalian diminta menyesuaikan foto yang pas ya. Bisa memperbesar, memperkecil, dan menggeser supaya foto tepat ditengah dan yang paling utama adalah wajah terlihat dengan jelas serta tajam.

Jika sudah klik simpan dan klik selanjutnya.

Simpan Permanen

Jika sudah benar semuanya dan yakin benar silakan klik "simpan perubahan".

Simpan permanen dengan mencetang pernyataan bahwa data sudah benar dan simpan permanen.

Perhatian! data yang sudah disimpan permanen maka tidak akan dapat diubah lagi dengan alasan apapun dan dianggap benar. Jadi, pastikan dulu cek dengan teliti bahkan sampai satu huruf (jangan typo). 

Oh iya, jika kalian malah tidak simpan permanen maka kalian belum dianggap belum terdaftar. Artinya, jika tidak simpan permanen data maka tidak bisa ikut SNMPTN maupun UTBK - SBMPTN 2021.

Bukti Registrasi Akun LTMPT 2021

Setelah simpan permanen akun LTMPT, nanti akan ada tanda bukti bahwa kalian sudah melakukan pendftaran dan sudah simpan permanen akun tersebut. Silakan download saja ya.


Contoh buktinya sebagai berikut.

tanda bukti registrasi akun ltmpt 2021


Panduan dalam bentuk PDF bisa diunduh pada Alur Registrasi dan Verifikasi Akun Siswa - LTMPT 2021 

Semoga pembahasan ini tuntas dan bermanfaat bagi yang membaca ya.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

21 comments for "Panduan Registrasi dan Isi Biodata Akun LTMPT 2021 Bagi Siswa"

  1. Assalamua'alaikum Mas Yusuf,saya mau bertanya tapi ini kaitannya dengan artikel yang sebelumnya.Siswa SMK bisa mengupload Sertifikat keahlian
    (Sertifikat Keahlian (Pelatihan)
    Nah, khusus anak SMK, biasanya kalian sebelum lulus ada sertifikasi keahlian dan mempunyai sertifikat pelatihan khusus kan? nah ini bisa banget buat di unggah dan bisa jadi nilai plus buat kalian lolos seleksi SNMPTN 2021 nanti.)
    Nahh saya yang bingung pada bagian Prestasi kan ada Bidang Prestasi itu dipilih yang mana soalnya kan pilihannya itu ada olimpiade,olahraga,seni,dll.Itu dipilih yang mana? Dan juga yang tingkat prestasi ada nasional,kota dll itu juga bagaimana? Apa dibiarkan saja dan langsung upload bukti scan atau foto sertifikatnya saja? Tolong dibalas ya Mas Yusuf.Terimakasih.

    NB:sertifikat saya adalah sertifikat magang di PLN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pilihan bidang prestasi pilih yang sekiranya sesuai dengan sertifikat pelatihan (pelatihan disini maksud sertifikasi itu seperti (sertifikasi ahli bukan magang/kerja praktik). Untuk tingkatan, jika yang menyelenggarakan tingkat kabupaten bisa diisi kabupaten/kota.

      Delete
  2. Permisi, kalau saya sudah punya akun berarti tinggal diverif aja kan ya pak, ga usah registrasi lagi atau gimana? saya gap year 2020 yang ga ngikutin sbm tahun lalu.
    mohon penerangannya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Apabila sudah memiliki akun LTMPT 2020 dan sekarang bisa login, nanti mulai tanggal 7 Feb bisa mulai perbarui data dan simpan permanen akun.

      Delete
  3. Hi kak boleh kasih tahu step by step untuk yg gapyear?

    ReplyDelete
  4. saat siswa ingin simpan permanen , ternyata gagal sebab ada peringatan TAHUN LULUS TIDAK LENGKAP. namun di menu isian tidak ada dan sudah melapor ke operator madrasah. namun hingga sekarang masih tidak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba klik perbarui data di akun siswa.

      Delete
    2. Sudah mas,
      Tampilan nya :
      Tanggal Siswa Masuk Sekolah : 15 JANUARI 2021
      Semester Masuk Kelas 12 : masih kosong
      mau ngedit tidak bisa

      itu yang jadi masalah saat simpan permanen

      Delete
    3. Silakan lapor sekolah, krn yg hisa membetulkan data dapodik siswa adalah sekolah.

      Itu tahun masuk sekah harusnya 2018 kalo sekarang masih kelas 12.

      Kalau th masuk sekolah 2021 berarti baru masuk SMA (kelas 10).

      Delete
  5. saya sudah berhasil registrasi akun&aktivasi akun. saya juga sudah bisa login, tp saat mau melakukan verval selalu tdk bs dan muncul tulisan "this page isn't working HTTP ERROR 500" itu kira2 kenapa&bagaimana ya? krn sdh 2 minggu sprti ini😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba browsernya clear cache dan history dulu. Apabila masih tidak bisa pakai PC/Laptop/Hp orang lain.

      Delete
    2. sudah kak, sudah hapus cache, mencoba lewat device lain, mencoba tengah malam,subuh, pagi,sore juga tp ttp seperti itu😅

      Delete
  6. Saya gapyear dan telah melakukan simpan permanen akun ltmpt saya sebelum tanggal 7 Februari untuk mengikuti SBMPTN 2021. Apakah itu diperbolehkan?

    ReplyDelete
  7. Saya gapyear dan sudah simpan permanen. Di akun ltmpt tanggal siswa masuk : 7 Februari 2021
    Apa itu sudah benar?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Mau tanya kak...
    Saya gap year 2020 yg ga ikut sbmptn dan sudah memiliki akun ltmpt, tapi ketika login gagal "username atau password salah". Coba buat klik lupa password tulisan nya "username tidak terdaftar". Sudah diulang cek email nya. Mohon penerangannya kak..
    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  10. Halo kak saya gapyear pas mengisi laman biodata jurusan tidak muncul saya tanya pihak sekolah juga tidak tahu karena sudah diperbarui semua saya verifikasi nisn sudah tapi masih belum bisa gimana ya kak

    ReplyDelete
  11. halo kak, saya belum verifikasi akun ltmpt dan saya lulusan tahun 2020. apakah ada gelombang selanjutnya untuk vertifikasi akun ltmpt?

    ReplyDelete
  12. halo kak, saya belum verifikasi akun ltmpt dan saya lulusan tahun 2020. apakah ada gelombang selanjutnya untuk vertifikasi akun ltmpt?

    ReplyDelete
  13. saya gapyear pak sdh verval nisn tapi jurusan tdk muncul dan tahun lulus cuma angka 2. bgmn solusinya pak?ㅠㅠ

    ReplyDelete