Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan SNMPTN dan SNMPN 2021

Perbedaan SNMPTN dan SNMPN
Artikel ini akan membahas lengkap tentang persamaan dan perbedaan SNMPTN dan SNMPTN 2021 bagi yang banyak belum diketahui oleh siswa.

SNMPN 2021

Dilansir dari website resminya, jalur SNMPN adalah seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. 

Seleksi SNMPN 2021 diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Pelaksana adalah TIM SNMPN 2021.

SNMPTN 2021

SNMPTN adalah seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang seleksinya menggunakan nilai akademik siswa selama di bangku sekolah menengah atas (rapor dan prestasi lain) dan dapat memilih jurusan Sarjana atau D-IV di perguruan tinggi negeri se-Indonesia.

Pelaksana SNMPTN adalah LTMPT.

Persamaan SNMPTN dan SNMPN

Dari pengertian saja sudah sangat bisa dilihat ya. Nah, untuk itu akan dilist persamaan keduanya.

  1. Seleksi menggunakan nilai rapor dan prestasi selama SMA
  2. Peserta yang mendaftar adalah berdasarkan rekomendasi sekolah.
  3. Sekolah sama-sama mengisi PDSS (untuk input nilai siswa).
  4. Biaya gratis.
  5. Hanya kelas 12 lulusan baru (2021) yang bisa daftar.

Perbedaan SNMPTN dan SNMPN

Jika diatas sudah tentang persamaan sekarang terkait dengan perbedaan.

  1. SNMPTN yaitu untuk program strata-1 (S1) dan D-IV (beberapa PTN) sedangkan SNMPN yaitu hanya untuk semua politeknik dan politani se-Indonesia.
  2. SNMPTN, semua pendaftaran dilakukan di AkunLTMPT 2021 sedangkan SNMPN selain di laman https://snmpn.politeknik.or.id/ , ada juga beberapa yang harus mengirim berkas langsung ke pihak kampus.

Bisakah daftar SNMPTN dan SNMPN?

Jawabanya bisa. Karena keduanya dilaksanakan oleh panitia yang beda. Akan tetapi, jangan sampai hanya buat main-main, karena jika lolos tidak diambil maka yang terkena imbasnya ya sekolahnya nanti.

Sebaiknya, yang daftar SNMPN ya yang benar-benar minat saja dan juga yang tidak lolos siswa eligible SNMPTN juga bisa ikut SNMPN apabila direkomendasikan sekolah.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Perbedaan SNMPTN dan SNMPN 2021"