Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi Akun LTMPT 2021

FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi Akun LTMPT 2021

Artikel ini membahas masalah yang muncul selama pendaftaran atau registrasi akun LTMPT 2021 yang sering dialami serta solusinya seperti email aktivasi dan verifikasi tidak masuk email peserta.

Registrasi Akun LTMPT 2021

1. Bagaimana prosedur registrasi akun baru LTMPT 2021?

Untuk registrasi akun LTMPT 2021, silakan baca dan unduh panduannya di Cara Registrasi Akun LTMPT 2021 bagi Siswa

2. Bagaimana solusi bagi peserta yang lupa password LTMPT ?

Bagi yang sudah memiliki akun LTMPT dan lupa password, kalian bisa memanfaatkan fitur lupa password di laman login LTMPT. Bagi yang bingung berikut ini tutorial lengkap disertai gambar juga untuk Cara Reset Password Akun LTMPT

3. Alamat di akun LTMPT diisi sesuai domisili atau KTP/KK?

Silakan untuk alamat diisi sesuai dengan kartu tanda pengenal (KTP/SIM/KK). Hal ini karena saat nanti daftar ulang dan ujian UTBK akan dicek kesesuaian data antara identitas diri dengan kartu peserta.

4. Kenapa terjadi masalah dengan API EMIS Kemenag?


Hal ini disebabkan oleh data EMIS sekolah belum disinkronkan dengan dapa dapodik, karena data yang digunakan untuk LTMPT adalah data dapodik. Solusinya silakan lapor sekolah supaya pihak sekolah segera mengajukan sinkronisasi data EMIS dan Dapodik.

5. Sistem Masih Sinkronisasi

Artinya sistem terlalu banyak yang akses (overload) yang menyebabkan server pusat down. Cari waktu yang sekiranya sepi oleh pendaftar ya.

6. Kenapa email verifikasi ltmpt tidak masuk?

Hal ini disebabkan beberapa hal, antara lain karena penulisan email yang salah (typo), sedang banyak yang akses, atau email sudah tidak aktif. Solusinya adalah sebagai berikut.

  • Saat melakukan pendaftaran, tulis email kalian dengan huru pertamanya kapita. Misal email kalian ayu1212@gmail.com maka ubah menjadi Ayu1212@gmail.com. Kemudian cek inbox atau spam setelah mendaftar.
  • Apabila tidak bisa dan belum mendapatkan email aktivasi LTMPT, bisa dengan mendaftarkan ulang dengan email yang baru dibuat (fresh)
  • Coba dulu untuk langkah pertama baru langkah kedua jika sudah tidak bisa.

7. Bagaimana cara aktivasi akun email LTMPT?

Silakan login di akun email kalian. Kemudian cek email dari LTMPT pada Inbox atau Spam ya. Nah nanti email tersebut ada tautan aktivasi akun. Tinggal klik saja.

8. Terjadi kesalahan Api Pusdatin Kemdikbud


Kesalahan ini diakibatkan banyaknya yang akses laman portal LTMPT dan melakukan bersama-sama. Akibatnya server Dapodik down.

Solusinya dengan mendaftar pada saat sepi (tidak banyak yang akses atau daftar bersama-sama).

9. Mengapa saya selalu gagal login akun LTMPT?

Apa penyebab akun LTMPT tidak bisa login? Biasanya akan muncul informasi bahwa email atau password yang anda masukkan salah! Kebanyakan masalah ini didominasi karena seringnya browser kita mengakses laman portal.ltmpt.ac.id, sehingga banyak sampah (cache) yang tersimpan. Solusinya antara lain :

  • Hapus cache browser kalian dulu ya.
  • Jika tidak bisa lagi, silakan daftar dengan browser lain (mozila, opera, atau microsoft edge).
  • Usahakan mendaftar menggunakan laptop/komputer untuk mengurasi kesalahan yang tidak disengaja saat mendaftar.

10. Data Registrasi Tidak Ditemukan

Mengapa saat mendaftar akun LTMPT dengan memasukkan NPSN, NISN, dan tanggal lahir, muncul notifikasi "Data registrasi tidak ditemukan. NISN yang Anda masukkan tidak tercatat di basis data Kemdikbud dan Kemenag. Mohon hubungi pihak sekolah untuk perbaikan data."

Langkah pertama, kalian bisa cek mandiri NISN kalian di NISN online baik berdasarkan NISN maupun berdasarkan Nama. Jika nanti ada NISN yang berbeda berdasarkan nama, silakan coba daftar LTMPT dengan NISN tersebut (yang beda). Tutorial bisa baca Cara Cek NISN Online 2021

Langkah kedua, hal ini disebabkan oleh data yang kalian masukkan saat mendaftar berbeda dengan data di dapodik. Jadi, tanyakan kepada sekolah atas nama kalian itu yang di dapodik menggunakan NISN yang mana dan tanggal lahirnya berapa ya.

Kebanyakan sih kadang di dapodik menggunakan NISN yang berbeda dengan yang siswa miliki sejak SMP atau bahkan menggunakan NISN SMA tetapi si siswa taunya hanya NISN SMP saja.

Langkah ketiga, jika semua dipastikan sudah benar, berarti memang server sedang down atau ada perbaikan database di pusat. Coba lagi 1-2 hari kedepan ya.

Pengisian Biodata dan Pasfoto

1. Bagaimana foto akun LTMPT yang benar?

Untuk masalah ini, aku sudah bahas tuntas tentang masalah pasfoto LTMPT mulai dari persyaratan, ukuran, aturan bagi yang berkerudung atau berhijab, berkacamata, apakah foto ltmpt harus pakai seragam dan lainnya. Silakan baca disini Syarat dan Ketentuan Pasfoto Akun LTMPT 2021

Disana juga dijelaskan akibat jika pasfoto tidak sesuai dengan aturan.

2. Bagaimana jika data diri salah?

Apabila data diri yang diambil dari data NISN (dapodik), maka untuk memperbaikinya harus kesekolah masing-masing (bagi yang masih siswa) dan verval lulusan bagi alumni.

3. Bagaimana cara memperbaiki data salah tetapi sudah simpan permanen LTMPT 2021

Data yang sudah simpan permanen tidak dapat diubah lagi.

Pesan Helpdesk LTMPT untuk yang sudah simpan permanen data

4. Bagaimana cara mengubah foto ltmpt yang sudah permanen?

Seperti yang dijelaskan pada poin 3 bahwa data yang sudah disimpan permanen tidak akan bisa diubah kembali.

5. Apakah bisa meperbaiki data LTMPT yang sudah simpan permanen?

Banyak yang tanya tentang bagaimana sih kak cara memperbaiki atau mengubah data LTMPT yang Sudah Simpan Permanen?  jawabannya data yang sudah disimpan permanen tidak bisa diperbaiki atau diubah lagi.

6. Bagaimana jika alamat LTMPT salah?

Pastikan alamat benar ya, nah apabila memang sudah telanjur dan masalah kesalahan cuma salah nulis RT/RW atau Kode Pos itu tidak masalah, bisa dibenarkan nanti ketika kita lolos SNMPTN saat daftar ulang dikampus.

Jadi, hati-hati. Pastikan sudah mengecek 2 kali sebelum simpan permanen ya.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

21 comments for "FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi Akun LTMPT 2021"

  1. Kak tanya, KK saya kan ikut kakek, itu di kota, sedangkan tinggalnya tidak sama kakek (satu rumah sama kk) kemudian tadi ketika registrasi akun ltmpt itu alamatnya alamat ortu yang saya tinggali sekarang tetapi NIK nya masih di KK yang sama kakek, itu bagaimana ya kak?
    Mohon jawabannya, terima kasih🙏🏽
    Mohon maaf jika bahasanya berbelit-belit🙏🏽

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa kak saya juga ngalamin seperti diatas, gimna ya kak? terimakasih bantuannya

      Delete
  2. Kak mau nanya, saya udah berhasil registrasi akun, kemudian baru nyadar ada kesalahan sedikit di alamat saya, kira kira seperti itu akan berpengaruh atau tidak ya untuk masalah penerimaan nantinya?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kak saya kan nulis alamat nya pake jalan gitu, sedangkan di kk itu alamat nya kampung. Tapi itu masih alamat saya cuma memakai jalan depannya, apa diperbolehkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diperbolehkan, asal RT, RW, dan Desa benar ya. Biasanya memang di desa hanya memakai jalan yang namanya terkenal dan paling dekat. Beda dg di kota yang setiap gangnya ada nama jalan.

      Delete
  5. KK mau nanya donk apakah jika di KK tidak ada kode pos yg di isi di akun ltmpt apa KK ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kode pos bisa cari di Internet. Biasanya kode pos itu per kecamatan. Jadi misal kamu dari kecamatan X. Cari aja kode pos kecamatan X di google.

      Delete
  6. apakah bisa merubah alamat email yg sebelumnya sudah terverivikasi? namun belum klik simpan permanen,... terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika yang ingin merubah email akun LTMPT sekolah karena lupa, bisa hubungi sekretariat@ltmpt.ac.id

      Delete
  7. kak, kalau rt/rw dan kode pos tidak ada di KK, itu solusinya gimana ya kak?

    ReplyDelete
  8. Kak ini saya alamat tinggal sama alamat kk berbeda, dibakun ltmpt alamat tinggal yg saya tulis, dan sudah simpan permanen gimna ya kak solusinya apakah ada? dan apakah itu mempengaruhi untuk pendaftaran snmptn atau sbmptn

    ReplyDelete
  9. Kalau nisn nya bermasalah, seperti ada kesalahan pada data jenis kelamin, bisa tidak ya? Sudah coba hubungi pihak sekolah tapi belum ada hasil :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang siswa kelas 12 silakan hubungi sekolah (TU). Mereka yng bisa membenarkan data NISN.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kak kalau saat verval kemudian di verval tersebut kecamatan saya tidak sesuai di KK apa bisa diubah sama kita sendiri atau harus nunggu dari sekolah?

    ReplyDelete
  12. Kak..kalau tahun masuk nya itu semester genap bermasalah apa tidak??

    ReplyDelete
  13. Ka mau tanya dong. kan aku buat akun trus isi2 data ternyata rt/rw ku salah tertera disitu tpi sudah aku perbaiki yg benar. apakah didapodik nanti bermasalah atau tdk?

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Kak mau tanya, aku udah simpan permanen trs baru sadar klo aku salah tulis RT itu kira2 berpengaruh ngga ya kak?

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete