Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi Akun LTMPT 2021

FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi Akun LTMPT 2021

Artikel ini membahas masalah yang muncul selama pendaftaran atau registrasi akun LTMPT 2021 yang sering dialami serta solusinya seperti email aktivasi dan verifikasi tidak masuk email peserta.

Registrasi Akun LTMPT 2021

1. Bagaimana prosedur registrasi akun baru LTMPT 2021?

Untuk registrasi akun LTMPT 2021, silakan baca dan unduh panduannya di Cara Registrasi Akun LTMPT 2021 bagi Siswa

2. Bagaimana solusi bagi peserta yang lupa password LTMPT ?

Bagi yang sudah memiliki akun LTMPT dan lupa password, kalian bisa memanfaatkan fitur lupa password di laman login LTMPT. Bagi yang bingung berikut ini tutorial lengkap disertai gambar juga untuk Cara Reset Password Akun LTMPT

3. Alamat di akun LTMPT diisi sesuai domisili atau KTP/KK?

Silakan untuk alamat diisi sesuai dengan kartu tanda pengenal (KTP/SIM/KK). Hal ini karena saat nanti daftar ulang dan ujian UTBK akan dicek kesesuaian data antara identitas diri dengan kartu peserta.

4. Kenapa terjadi masalah dengan API EMIS Kemenag?


Hal ini disebabkan oleh data EMIS sekolah belum disinkronkan dengan dapa dapodik, karena data yang digunakan untuk LTMPT adalah data dapodik. Solusinya silakan lapor sekolah supaya pihak sekolah segera mengajukan sinkronisasi data EMIS dan Dapodik.

5. Sistem Masih Sinkronisasi

Artinya sistem terlalu banyak yang akses (overload) yang menyebabkan server pusat down. Cari waktu yang sekiranya sepi oleh pendaftar ya.

6. Kenapa email verifikasi ltmpt tidak masuk?

Hal ini disebabkan beberapa hal, antara lain karena penulisan email yang salah (typo), sedang banyak yang akses, atau email sudah tidak aktif. Solusinya adalah sebagai berikut.

  • Saat melakukan pendaftaran, tulis email kalian dengan huru pertamanya kapita. Misal email kalian ayu1212@gmail.com maka ubah menjadi Ayu1212@gmail.com. Kemudian cek inbox atau spam setelah mendaftar.
  • Apabila tidak bisa dan belum mendapatkan email aktivasi LTMPT, bisa dengan mendaftarkan ulang dengan email yang baru dibuat (fresh)
  • Coba dulu untuk langkah pertama baru langkah kedua jika sudah tidak bisa.

7. Bagaimana cara aktivasi akun email LTMPT?

Silakan login di akun email kalian. Kemudian cek email dari LTMPT pada Inbox atau Spam ya. Nah nanti email tersebut ada tautan aktivasi akun. Tinggal klik saja.

8. Terjadi kesalahan Api Pusdatin Kemdikbud


Kesalahan ini diakibatkan banyaknya yang akses laman portal LTMPT dan melakukan bersama-sama. Akibatnya server Dapodik down.

Solusinya dengan mendaftar pada saat sepi (tidak banyak yang akses atau daftar bersama-sama).

9. Mengapa saya selalu gagal login akun LTMPT?

Apa penyebab akun LTMPT tidak bisa login? Biasanya akan muncul informasi bahwa email atau password yang anda masukkan salah! Kebanyakan masalah ini didominasi karena seringnya browser kita mengakses laman portal.ltmpt.ac.id, sehingga banyak sampah (cache) yang tersimpan. Solusinya antara lain :

  • Hapus cache browser kalian dulu ya.
  • Jika tidak bisa lagi, silakan daftar dengan browser lain (mozila, opera, atau microsoft edge).
  • Usahakan mendaftar menggunakan laptop/komputer untuk mengurasi kesalahan yang tidak disengaja saat mendaftar.

10. Data Registrasi Tidak Ditemukan

Mengapa saat mendaftar akun LTMPT dengan memasukkan NPSN, NISN, dan tanggal lahir, muncul notifikasi "Data registrasi tidak ditemukan. NISN yang Anda masukkan tidak tercatat di basis data Kemdikbud dan Kemenag. Mohon hubungi pihak sekolah untuk perbaikan data."

Langkah pertama, kalian bisa cek mandiri NISN kalian di NISN online baik berdasarkan NISN maupun berdasarkan Nama. Jika nanti ada NISN yang berbeda berdasarkan nama, silakan coba daftar LTMPT dengan NISN tersebut (yang beda). Tutorial bisa baca Cara Cek NISN Online 2021

Langkah kedua, hal ini disebabkan oleh data yang kalian masukkan saat mendaftar berbeda dengan data di dapodik. Jadi, tanyakan kepada sekolah atas nama kalian itu yang di dapodik menggunakan NISN yang mana dan tanggal lahirnya berapa ya.

Kebanyakan sih kadang di dapodik menggunakan NISN yang berbeda dengan yang siswa miliki sejak SMP atau bahkan menggunakan NISN SMA tetapi si siswa taunya hanya NISN SMP saja.

Langkah ketiga, jika semua dipastikan sudah benar, berarti memang server sedang down atau ada perbaikan database di pusat. Coba lagi 1-2 hari kedepan ya.

Pengisian Biodata dan Pasfoto

1. Bagaimana foto akun LTMPT yang benar?

Untuk masalah ini, aku sudah bahas tuntas tentang masalah pasfoto LTMPT mulai dari persyaratan, ukuran, aturan bagi yang berkerudung atau berhijab, berkacamata, apakah foto ltmpt harus pakai seragam dan lainnya. Silakan baca disini Syarat dan Ketentuan Pasfoto Akun LTMPT 2021

Disana juga dijelaskan akibat jika pasfoto tidak sesuai dengan aturan.

2. Bagaimana jika data diri salah?

Apabila data diri yang diambil dari data NISN (dapodik), maka untuk memperbaikinya harus kesekolah masing-masing (bagi yang masih siswa) dan verval lulusan bagi alumni.

3. Bagaimana cara memperbaiki data salah tetapi sudah simpan permanen LTMPT 2021

Data yang sudah simpan permanen tidak dapat diubah lagi.

Pesan Helpdesk LTMPT untuk yang sudah simpan permanen data

4. Bagaimana cara mengubah foto ltmpt yang sudah permanen?

Seperti yang dijelaskan pada poin 3 bahwa data yang sudah disimpan permanen tidak akan bisa diubah kembali.

5. Apakah bisa meperbaiki data LTMPT yang sudah simpan permanen?

Banyak yang tanya tentang bagaimana sih kak cara memperbaiki atau mengubah data LTMPT yang Sudah Simpan Permanen?  jawabannya data yang sudah disimpan permanen tidak bisa diperbaiki atau diubah lagi.

6. Bagaimana jika alamat LTMPT salah?

Pastikan alamat benar ya, nah apabila memang sudah telanjur dan masalah kesalahan cuma salah nulis RT/RW atau Kode Pos itu tidak masalah, bisa dibenarkan nanti ketika kita lolos SNMPTN saat daftar ulang dikampus.

Jadi, hati-hati. Pastikan sudah mengecek 2 kali sebelum simpan permanen ya.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

77 comments for "FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi Akun LTMPT 2021"

  1. Kak tanya, KK saya kan ikut kakek, itu di kota, sedangkan tinggalnya tidak sama kakek (satu rumah sama kk) kemudian tadi ketika registrasi akun ltmpt itu alamatnya alamat ortu yang saya tinggali sekarang tetapi NIK nya masih di KK yang sama kakek, itu bagaimana ya kak?
    Mohon jawabannya, terima kasih🙏🏽
    Mohon maaf jika bahasanya berbelit-belit🙏🏽

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa kak saya juga ngalamin seperti diatas, gimna ya kak? terimakasih bantuannya

      Delete
  2. Kak mau nanya, saya udah berhasil registrasi akun, kemudian baru nyadar ada kesalahan sedikit di alamat saya, kira kira seperti itu akan berpengaruh atau tidak ya untuk masalah penerimaan nantinya?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kak saya kan nulis alamat nya pake jalan gitu, sedangkan di kk itu alamat nya kampung. Tapi itu masih alamat saya cuma memakai jalan depannya, apa diperbolehkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diperbolehkan, asal RT, RW, dan Desa benar ya. Biasanya memang di desa hanya memakai jalan yang namanya terkenal dan paling dekat. Beda dg di kota yang setiap gangnya ada nama jalan.

      Delete
  5. KK mau nanya donk apakah jika di KK tidak ada kode pos yg di isi di akun ltmpt apa KK ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kode pos bisa cari di Internet. Biasanya kode pos itu per kecamatan. Jadi misal kamu dari kecamatan X. Cari aja kode pos kecamatan X di google.

      Delete
  6. apakah bisa merubah alamat email yg sebelumnya sudah terverivikasi? namun belum klik simpan permanen,... terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika yang ingin merubah email akun LTMPT sekolah karena lupa, bisa hubungi sekretariat@ltmpt.ac.id

      Delete
  7. kak, kalau rt/rw dan kode pos tidak ada di KK, itu solusinya gimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama,aku juga gada RT RW nya
      Jadi susah mau ngisi

      Delete
  8. Kak ini saya alamat tinggal sama alamat kk berbeda, dibakun ltmpt alamat tinggal yg saya tulis, dan sudah simpan permanen gimna ya kak solusinya apakah ada? dan apakah itu mempengaruhi untuk pendaftaran snmptn atau sbmptn

    ReplyDelete
    Replies
    1. klw sudah disimpan permanen SDH tidak bisa diubah.

      Delete
  9. Kalau nisn nya bermasalah, seperti ada kesalahan pada data jenis kelamin, bisa tidak ya? Sudah coba hubungi pihak sekolah tapi belum ada hasil :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang siswa kelas 12 silakan hubungi sekolah (TU). Mereka yng bisa membenarkan data NISN.

      Delete
    2. Sedang dikerjakan tapi katanya estimasi selesainya bulan Februari akhir, karna banyak data siswa yang lain juga. Cuma kesalahan pada data jenis kelamin, ada solusi? Tolong.

      Delete
    3. Hubungi operator sekolah. Itu bisa diedit di vervalpd.

      Delete
  10. Kak kalau saat verval kemudian di verval tersebut kecamatan saya tidak sesuai di KK apa bisa diubah sama kita sendiri atau harus nunggu dari sekolah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dirubah sendiri, pastikan data alamat benar sebenar-benarnya.

      Delete
  11. Kak..kalau tahun masuk nya itu semester genap bermasalah apa tidak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan diperbaiki dan lapor kepada sekolah ya.

      Delete
    2. Maaf kak,saya ga sengaja klik yang semester genap. Kalo salah bisa mempengaruhi gak ya kak?

      Delete
  12. Ka mau tanya dong. kan aku buat akun trus isi2 data ternyata rt/rw ku salah tertera disitu tpi sudah aku perbaiki yg benar. apakah didapodik nanti bermasalah atau tdk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isilah data yang di LTMPT sebenar mungkin.

      Delete
  13. Kak mau tanya, aku udah simpan permanen trs baru sadar klo aku salah tulis RT itu kira2 berpengaruh ngga ya kak?

    ReplyDelete
  14. kak di tanggal masuk sekolah nya tahun nya 10 juli 1905 kak tapi itu gabisa di ubah kak tahun nya, jadi bagaimana kak akun nya ga bisa di simpan permanen

    ReplyDelete
  15. kak di tanggal masuk sekolah nya tahun nya 10 juli 1905 kak tapi itu gabisa di ubah kak tahun nya, jadi bagaimana kak akun nya ga bisa di simpan permanen tolong kak di respon pliss

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok sama sih sy juga kek gitu, saya udh lapor ke TU sekolah katanya cuman di refresh aja tapi tetep ae kagak berubah² :'v

      Delete
  16. Kak mau tanya, kalau terdapat kesalahan jenis kelamin dan udah disimpan permanen, apa berpengaruh pada penerimaan ?

    ReplyDelete
  17. Kak, kan alamat jalan ku itu udh ku tulis bener, eh tapi pas di permanenin, alamat jalan nya ngikut KK, yg dmn alamat jalannya itu nama desa nya kak:( berpengaruh nda kak;(

    ReplyDelete
  18. Kak, alamat jalan aku ngikut desa, itu gmn ya kak? Udah nulis nama jalannya, tapi tetep ngikutin yg di KK kak🥺

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum Bapak/Ibu yang saya hormati. Saya Ihza dari MAN 13 Jakarta mempunyai permasalahanya itu saya sudah permanenkan data. Tapi tiba-tiba kolom semester masuk kelas 12 kosong padahal sebelumnya ada. Lalu bagaimana ya saya harus apa karena sudah permanenkan data

    ReplyDelete
  20. Ka, sebenernya semester masuk kelas 12 itu 2020/2021 genap atau 2020/2021 ganjil buat siswa tetap bukan pindahan???

    ReplyDelete
  21. Kak mau tanya dong, kan di KK saya alamatnya tidak ada nama jalannya tapi sekarang jalan di rumah saya sudah ada namanya dan di google map juga sudah ada nama jalannya jadi sebaiknya yang diisi ngikut yang mana ya kak?

    ReplyDelete
  22. Ka,maaf ingin bertanya. jika ada kesalahan penulisan nik pada akun ltmpt yang tidak sesuai dengan kk. Dan sudah disimpan permanent. Apakah ada solusi terkait masalah tersebut? Terima kasih.

    ReplyDelete
  23. Kak mau tanya, jika salah memasukkan no HP pada akun ltmpt bagaimana ya kak?

    ReplyDelete
  24. Kak mau tanya, saya sudah permanen data ltmpt tapi status siswa sudah tertulis LULUS, padahal masih kelas 12. Bagaimana solusinya kak ?

    ReplyDelete
  25. Ka. Saya kan operator sekolah. Di PDSS ltnpt tidak muncul jurusan, sehingga tidak bisa di finalisasi. Bagaimana solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan langsung hubungi call center LTMPT untuk dibantu secara langsung via telepon.

      Delete
  26. Assalamu'alaimum kak mau tanya saya sudah punya akun ltmpt tapi ketika buka verval berapa kali belum bisa kebuka sampai sekarang..Gimana kak solusinya?selain dari sinyalnya yang kurang bagus

    ReplyDelete
  27. Kak di akun ltmpt saya,jurusan nya kenapa tidak keluar?

    ReplyDelete
  28. Kak mau tanya
    Kalau jenis kelamin salah apa itu bermasalah,?

    ReplyDelete
  29. Kak mau tanya
    Kalau jenis kelamin salah apa itu bermasalah,?

    ReplyDelete
  30. ka mau tanya kalau salah memasukkan no hp tapi udah dipermanen bagaimana ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah disimpan permanen tidak dapat diperbarui lagi.

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Mengenai Akun LTMPT saya menggunakan Alamat Rumah saya sesuai domisili atau tempat tinggal saya sekarang dan tidak sesuai dengan KK. Apakah hal itu berpengaruh dalam proses seleksi kelulusan SNMPTN dan juga apakah alamat saya itu bisa dirubah supaya sesuai dengan alamat yang ada di KK, jika bisa dirubah bagaimana caranya ? karena jujur saya takut jika hal ini berpengaruh dalam proses seleksi saya di SNMPTN nanti.

    ReplyDelete
  33. Kak mau bertanya, saya siswa gapyear 2019 dan sudah punya akun ltmpt, tapi kenapa akun saya itu tidak bisa diakses ya kak, dan saya sudah mencoba fitur lupa password tetapi malah tertulis ” Email tidak terdaftar “. Padahal saya ingat betul bahwa email tersebut yang saya daftarkan. Bagaimana solusinya ya kak🙏

    ReplyDelete
  34. Kak mau bertanya, kalau salah masukkan no NIK di akun LTMPT yang saya masukan jadi no KK, apakah itu bermasalah nantinya kak?

    ReplyDelete
  35. Mau bertanya kak. Kalau kita salah input NIK saat pendaftaran LTMPT dan akun sudah disimpan permanen, bisakah NIK nya diubah dengan cara melapor kepada administrator sekolah?

    ReplyDelete
  36. Kak saya lulusan 2019 dan mau melakukan simpan permanen pada akun ltmpt saya tetapi tidak bisa karena jurusan kosong, padahal saya sudah melakukan verval nisn. Bagaimana solusinya kak? terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  37. ka, kalau di kk nama ortu [lina wati] dan di akte [linawati], perbedaanya hanya dispasi saja, tapi ketika saya ingin mengecek nisn data ortu saya atas nama (linawati tidak spasi) apakah berpengaruh untuk akun ltmpt ka?

    ReplyDelete
  38. Ka saya kan alumni angkatan 20 dan Saya buat akun baru tapi tanggal awal Saya masuk sekolah di akun ltmpt salah, terus katanya kan harus minta di perbarui sama pihak sekolah tapi dari pihak sekolah bilang nya data Saya udah ngga ada terus gimana ya?

    ReplyDelete
  39. kak kalo misalnya saya salah tulis alamat no rumahnya gimana ya mas

    ReplyDelete
  40. Hai kak mau tanya kan kemarin waktu pendaftaran kipk NIK saya tidak terdaftar di dapodik trs saya lapor ke sekolah dan sudah di verval trs yang di ltmpt ini masih NIK yg salah tapi kan NIK sudah di verval oleh sekolah trs bagaimana ya kak ini saya udh finalisasi SNMPTN dan nik saya masih salah trs saya harus minta verval ulang sesuai nik yg di ltmpt atau bagaimana ya kak takutnya terrhambat untuk SNMPTN nyaa?

    ReplyDelete
  41. kak, saya salah menulis alamat kelurahan, harusnya kelurahan kota bambu utara, tapi pd saat pengisiian saya menulis kelurahan kota bambu utara no. 14, apakah itu berpengaruh/bermasalah saat seleksi???
    mohon jawabannya kak, terimakasih...

    ReplyDelete
  42. ka izin bertanya, kalo misalkan nomor hp yang kita masukin di ltmpt hilang apakah bermasalah ka? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  43. kk izin nanya,saya kan sudah simpan permanen ltmpt,nah setelah saya lihat lagi ternyata kode pos yg saya tulis salah,kira kira seperti berpengaruh nggak ya kak?
    terimakasih

    ReplyDelete
  44. Misi kak... Saya adalah anak lulusan tahun 2021 paket C/berbasis SMA tapi saya tidak bisa mengikuti SNMPTN, lalu saya cek google bahwa sekolah paket C itu masih ada kesempatan untuk bisa ikut SBMPTN... Lalu saya lgsg daftar akun ltmpt tapi di data verval sekolah saya itu ada tulisan "belum terdaftar di LTMPT" Dan saya juga sudah hubungi pihak operator sekolah tapi belum ada jawaban apa apa dri pihak operator...
    Jdi pertanyaan saya disini, apakah sekolah saya bisa mendaftar di LTMPT ya kak? Kalo bisa, itu lebih tepatnya dimulai kapan dan sampai kapan?

    Mohon pencerahan nya kak����

    ReplyDelete
  45. kak mau tanya dong,kalo misalkan salah masukkin NIK gmna?

    ReplyDelete
  46. Permisi Kak, Selamat Malam. Saya lulusan tahun 2020 sudah pernah ikut SBMPTN dan sudah punya akun LTMPTnya, tapi anehnya akunnya tidak bisa login Kak padahal sudah benar, password pun sudah benar, saya ga lupa sama sekali, dan waktu saya coba pilihan lupa password, katanya email saya tidak terdaftar Kak, itu gmana ya kira kira Kak, sebelum bulan Februari pdhl bisa bisa aja loginnya. Mohon solusinya Kak, apakah akun saya dihapus oleh LTMPT sendiri ya Kak?

    ReplyDelete
  47. Saya ada kesalahan di kode pos, semoga saja bisa lolos ya Allah...

    ReplyDelete
  48. Maaf kak
    Saya mau simpan permanen namun daftar riwayat sekolah
    Di bagian jurusan kosong, sedangkan simpan permanen harus ke isi
    Itu gmana kak?

    ReplyDelete
  49. mau nanya nih kak apakah klau nik yg terdaftar di SNMPTN sama nik di kk berbeda, apakah bisa diperbaiki saat pendaftaran ulang jika kita lolos di SNMPTN dan diterima di universitas yang kita mau

    ReplyDelete
  50. Permisi kak bagaimana jika RT RW nya kosong dan sudah cetak kartu peserta, apa nantinya tidak keterima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masalah, nanti dibetulkan ketika daftar ulang di kampus ya.

      Delete
  51. Kak saya mau tanya. Saya kan tinggal di provinsi A, lalu saya ikut ibu ke provinsi B. Saya sudah tinggal di Provinsi B selama 4 bulan. Apakah saya bisa memilih pusat UTBK di provinsi B, padahal alamat KK dan KTP saya di provinsi A?
    Tolong bantu saya kak. Terimakasih kak

    ReplyDelete
  52. Bagaimana cara permanen akun ltmpt sekarang?

    ReplyDelete
  53. kak mau nanya, tempat tanggal lahir saya typo 1 huruf
    harusnya Balikpapan jadi Balikopapan kelebihan huruf O
    itu ada pengaruh ga ya? kemarin saya kurang teliti

    ReplyDelete
  54. kak mau tanya, akun ltmpt setelah satu tahun dipakai apa memang bakal hilang? saya lulusan sbm tahun 20 dan baru" ini saya buka akun ltmpt saya katanya email dan pasword saya terus salah tp pas saya pilih opsi lupa pasword malah dijawab email saya tidak terdaftar

    ReplyDelete
  55. Apakah registrasi akun ltmpt sudah tidak bisa dibuka?

    ReplyDelete