Pengertian Seni Rupa: Unsur, Jenis, 2D dan 3D

Pengertian Seni Rupa: Unsur, Jenis, 2D dan 3D


Pengertian Seni Rupa - 
Seni tak akan terlepas dari kehidupan manusia karena memang seni adalah intrepertasi dari kehidupan. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian seni rupa menurut para ahli, unsur seni rupa, pengertian seni rupa tiga dan dua dimensi secara terperinci.

Pengertian Seni Rupa

Paling awal untuk bisa menjelaskan tentang apa itu seni rupa, kita pahami dahulu pengertian seni rupa itu apa sih sebenarnya menurut para ahli yang sudah lama berkecimpung didalamnya. 

a. Menurut Emmanuel Kant

Menurutnya, seni adalah mimpi dan angan-angan yang tidak bisa diwujudkan dengan rumus-rumus tertentu.

b. Menurut Aristoteles

Seni rupa adalah usaha peniruan yang dilakukan dari alam semestsa. Akan tetapi, memiliki sifat yaitu masih dalam bentuk ide.

c. Ensiklopedia Indonesia

Seni adalah ciptaan dari seluruh lingkungan, yang keindahannya dapat membuat orang senang ketika mereka mendengar, menikmati dan melihatnya.

Unsur Seni Rupa

Unsur seni rupa adalah bagian-bagian yang wajib ada dalam sebuah seni rupa minimal satu. Unsur seni rupa sendiri terdiri dari Warna, Titik, Garis, Bidang, Bentuk, Tekstur, Ruang, Gelap Terang. Jadi, sebuah titik itu saja sudah dikatakan memiliki unsur seni rupa karena terdiri atas titik dan warna.

a. Unsur Titik

Pada dasarnya adalah titik merupakan sebuah awal dari ketiadaan.  Unsur titik dalam seni umumnya digunakan pada bagian terkecil dari sebuah karya seni. Titik juga awal dari unsur lainnya seperti garis bidang dan sebagainya.

Teknik melukis yang menggunakan kombinasi titik-titik di berbagai ukuran dan warna disebut teknik pointilis.

b. Unsur Warna

Warna merupakan unsur seni yang ada karena kejadian alam berupa cahaya yang jatuh pada suatu benda dan dipantulkan ke mata, kemudian mata akan menerimanya dan akan menghasilkan warna. Secara umum banyak dikenal, warna dibagi menjadi warna primer, warna sekunder, warna tersier.

c. Unsur Garis

Garis adalah gabungan dari beberapa titik yang sangat berdekatan sehingga dapat membentu sebuah bidang ataupun ruang. Jenis-jenis garis sendiri ada banya, yaitu vertikal, horizontal, diagonal, dsb.

d. Unsur Bidang

Untuk memahami unsur bidang yang paling mudah adalah unsur yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar. Nah, contoh yang paling mudah seperti persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajaran genjang, dsb.

e. Unsur Bentuk

Untuk bentuk sendiri, bisa berupa 2D ataupun 3D. Namun kebanyakan menyebut bentuk sebagai  benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. 

Bentuk adalah elemen artistik yang dapat digunakan untuk mengontrol cara seniman memandang karya. Misalnya, lingkaran mewakili kontinuitas atau tak terhingga.

f. Unsur Ruang

Unsur ruang adalah elemen artistik yang dapat dimanipulasi sesuai dengan cara seniman menempatkan garis, bentuk, bidang, dan warna. Ruang disini dapat bersifat positif ataupun negatif, kedalaman, dan ketinggian.

Biasanya ketika sudah membahas ruang erat kaitannya dengan sumbu X, Y, dan Z dalam diagram kartesius.

g. Unsur Gelap Terang

Unsur gelap terang ini merupakan elemen artistik yang bergantung pada intensitas cahaya. Semakin tinggi intensitas cahaya, semakin terang, dan semakin rendah intensitas cahaya, semakin gelap. Unsur gelap terang ini mempengaruhi mana yang menjadi fokus dan tidaknya dari sebuah karya seni.

Jenis Karya Seni Rupa

Seni rupa berdasarkan Fungsinya

a. Seni rupa murni

Cabang seni yang dibuat dan diciptakan oleh penciptanya hanya semata-mata untuk menambah nilai keindahan. Jadi, yang terpenting disini adalah estetika saja ya.

Contoh karya seni rupa murni

  • Seni Lukis
  • Seni Grafis
  • Seni Patung 
  • Seni Fotografi
  • Film/Video art (sinematografi)

b. Seni rupa terapan

Seni rupa yang diciptakan bukan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan estetika saja namun juga ada fungsi praktis (kegunaan) dalam pembuatan karya seninya. Jadi, tujuannya adalah selain keindahan juga terkait dengan fungsi kegunaan yang praktis dan ekonomis.

Berikut contoh karya seni terapan.

  • Karya seni kriya
  • Karya seni kerajinan
  • Desain kemasan produk

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

contoh karya seni rupa 3 dimensi

Secara umum dan mudah dipahami, seni rupa 3 Dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi sehingga sang penikmat seni rupa dapat melihat hasilnya dari segala arah dan sudut padang geometris.

Contoh seni rupa tiga dimensi, yaitu kursi, meja, patung, kerajinan, gerabah, arca, candi dan sebagainya.

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

contoh karya seni rupa 2 dimensi

Sedangkan secara umum pengertian seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki panjang dan lebar saja, sehingga penikamat hanya bisa menikmatinya dari satu sisi saja. Contohnya, seperti lukisan, gambar, ilustrasi, poster, dan lainnya.

Baca juga artikel lainnya:

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Pengertian Seni Rupa: Unsur, Jenis, 2D dan 3D"