Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Jurusan-kuliah-IPA-yang-Menjamin-Masa-Depan-untuk-Perempuan-min

 Artikel ini membahas lengkap dan tuntas tentang rekomendasi jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan

Pada zaman sekarang, perbedaan gender bukan lagi hal yang dipermasalahkan. Oleh karena itu, hal ini juga berpengaruh pada dunia kerja yang berkembang mengikuti zaman dan perkembangan yang terjadi. Banyak sekali perusahaan yang menentapkan aturan bahwa setiap bidang harus ada wanitanya.

Bahkan nih, pemerintah juga sudah mulai mengatur proporsi wanita dalam setiap lembaganya baik mulai di DPR, kementerian dan lain sebagainya. Jadi, buat para perempuan ini waktunya untuk kamu menunjukkan bahwa kamu bisa.

Berikut ini daftar jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan Khususnya perempuan

1. Kedokteran

Jurusan kedokteran menjadi pilihan utama buat mereka yang sangat gemar tentang biologi bahkan yang memang memiliki cita-cita menjadi dokter sejak kecil. Profesi menjadi dokter tidak perlu diragukan lagi masalah finansial dan juga prospek kerjanya.

Khusus untuk perempuan, ini menjadi nilai lebih untukmu. Kenapa demikian? karena profesi dokter harus memiliki sifat komunikasi yang baik, memiliki rasa empati terhadap pasiennya, suka menolong, keterbukaan terhadap pasien, pengetahuan yang baik dan sabar. Inilah sifat yang banyak perempuan punya.

2. Kebidanan

Jurusan kebidanan sangat erat dan pasti dengan perempuan. Profesi ini masih sangat banyak dibutuhkan bahkan ni, di wilayah paling rendah di kecamatan jumlah bidan belum banyak. Pada tahun ini saja bukaan CPNS banyak sekali yang membuka lowongan bidan.

Selain sebagai CPNS, bidan juga bisa bekerja di rumah sakit swasta lho. Masalah gaji tidak perlu diragukan lagi dan masalah pahala juga pasti karena menolong orang lain.

3. Perawat

Hampir sama dengan bidan, kebutuhan perawat di Indonesia sangatlah masih sedikit. Bahkan berdasarkan infomasi yang dilansir dari bisnis.com, mengatakan bahwa Indonesia kekurangan 20.000 tenaga perawat. 

Bayangkan seberapa banyak lowongan yang tersedia dan khususnya buat perempuan ini menjadi pilihan yang tepat buat mendapatkan pekerjaan yang nyaman dan memiliki jenjang karir yang baik.

4. Arsitektur

Emang di jurusan Arsitektur itu ngapain aja sih? jika kamu kuliah di arsitektur, kamu akan diajari tentang bagaimana merancang dan desain mulai dari bentuk luar bangunan, melakukan analisis kebutuhan ruang dari fungsi bangunan itu sehingga bisa optimal, mendesain denah serta interior, bahkan sampai membuat bagaimana sih biar bangunan nyaman.

Jurusan Arsitektur

Nah, ide-ide ini biasanya banyak muncul dari para perempuan karena bisa menilai bagaimana supaya sebuah bangunan nyaman baik untuk tempat tinggal maupun untuk keperluan kerja. Cocok banget buat kamu baik pria maupun wanita yang suka inovasi dan perencanaan.

5. Teknologi Pangan

Jurusan ini banyak namanya di berbagai perguruan tinggi. Ada yang bilang Teknik Pangan, Teknologi Pangan, atau Teknologi Pertanian dan Hasil Pertanian. Di jurusan ini memang kebanyakan si diisi oleh para perempuan sehingga cocok buat kamu perempuan yang suka dengan pangan dan pengembangan pangan itu sendiri.

Disini, banyak hal yang dipelajari mulai dari uji organoleptik, membuat resep makanan yang baik, jaminan dan strandar mutu pangan, industri, bahkan sampai manajemen itu sendiri. Peluang kerja untuk perempuan banyak dan sangat luas banget. 

Contoh prospek kerjanya adalah Quality Control (QC), Product Development, QA Pangan, Designer Process, dan pegawai BPOM, dan lainnya.

6. Farmasi

Suka dengan obat-obatan, skincare, jamu-jamuan, atau semuanya yang berkaitan dengan itu? yups farmasi menjadi solusinya. Apa aja sih yang dipelajari di dalamnya?

  • Farmasetika Dasar.
  • Farmasi Fisika.
  • Kimia Organik.
  • Biokimia.
  • Kimia Analitik.
  • Kimia Sintesis.
  • Anatomi Fisiologi Manusia.
  • Farmakologi Dasar dan Toksikologi.
  • Herbal dan jamu
  • Masih banyak lagi.

Dengan ini saja kamu sudah kelihatan bahwa peluang kerja di dunia farmasi masih sangatlah lebar sekali. Bahkan ni, jumlah perushaan dibidang ini sangatlah masih sedikit. Apabila kamu ahli di bidang ini, yuk produksi obat-obatan didalam negeri sendiri supaya tidak bergantung dengan negara lain terus menerus ya.

7. MIPA

Secara umum, di MIPA ini ada jurusan Matematika, Statistika, Aktuaria, Kimia, dan Biologi. Nah, kamu bisa banget memilih jurusan yang tersedia di MIPA ini. Jurusan MIPA biasanya sangat erat dengan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, detail, dan juga kegiatan yang berulang sehingga kesabaran dan ketelatenan sangat dibutuhkan.

Peluang kerja? jangan ditanyain lagi deh. Misal saja ya Matematika. Banyak sekali perusahaan besar bahkan start-up yang mulai sadar akan data. Mereka sudah mulai mencari orang yang ahli dengan data anlyst, statistika bahkan manajemen untuk marketing yang banyak diambilnya dari matematika dan statistika ini.

Mungkin itu saja yang bisa aku sampaikan buat kamu para perempuan. Kerjalah mimpimu dan pendidikan setinggi mungkin supaya bisa menjadi ibu yang baik buat anak-anak kedepan serta berikan yang terbaik buat dirimu sendiri, keluarga dan bangsa pastinya ya.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "7 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan"