Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Chat Dosen untuk Bimbingan Skripsi Online

Untuk mahasiswa akhir pasti sedang menghadapi skripsi. Berikut cara menghubungi atau chat dosen untuk bimbingan skripsi online yang sopan dan baik.

cara chat dosen untuk bimbingan skripsi online

Menghubungi seorang dosen pembimbing untuk bimbingan skripsi sekarang ini menjadi seni yang unik dan bahkan kadang momok menakutkan bagi mahasiswa yang ga rajin-rajin amat untuk bimbingan.

Nah, masalahnya tidak semua dosen juga ramah tamah seperti yang ada di TikTok dan Youtube ya. Jadi, pasti penyesuaian dan perlakuannya juga beda-beda. Nah, ini ada tips cara chat dosen untuk bimbingan skripsi online yang sopan dan cepat dibalas.

1. Tau Waktu Dulu

Hal pertama yang wajib diketahui oleh semua mahasiswa adalah mengetahui waktu. Dosen juga manusia dan pasti memiliki keluarga dan tugas. 

Pastikan kamu menghubungi dosenmu waktu jam kerja di kampus. Tujuannya? Ya biar dibalas. Dosen saat jam mengajar pasti ya tugasnya mengurusi kampus dan tugasnya.

Jangan menghubungi dosen waktu tanggal merah atau waktu libur ya. Kenapa? mereka punya keluarga yang biasa digunakan untuk family time. Jadi, jangan ganggu mereka dengan memberi pesan tiba-tiba.

2. Ucapkan Salam

Nah, setelah tau waktu nih. Langsung buka HP kalian dan mulai menjalankan misi untuk menghubungi dosen. Kalimat pertama yang wajib diketik adalah dengan mengucapkan salam.

Banyak salam yang bisa digunakan mulai dari selamat pagi, selamat siang, Assalamualaikum, atau yang lainnya. 

3. Ucapkan Maaf

"Mohon maaf sebelumnya, Pak. Saya ...."

Nah, kalimat ucapan diatas mengiringi ucapan salam ya. Mengapa? sebab kita akan merepoti dosen kita untuk bimbingan skripsi, jadi lebih baik meminta maaf untuk merepoti waktuknya kedepan.

Hal ini akan terlihat bahwa mahasiswa ini memiliki sopan dan santun dari awal.

4. Kenalkan Diri dan Tujuan

Lanjut ke langkah yang lebih krusial. Kenalkan diri kalian mulai dari nama, kelas apa, angkatan berapa judul skripsi apa dan bimbingan dosen siapa dan siapa.

Kenapa? sebab dosen ga hanya bimbing diri kamu seorang saja. Masih banyak juga bimbingan yang lain seperti Lomba, PKM, Tesis dan tugas laporan lainnya.

Memudahkan akan membuatmu lebih cepat direspon.

Baru, beri tujuan kalian. "Saya sudah mengerjakan laporan skripsi saya dan ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan sebab ada masalah .... dan saya ingin meminta pendapat bapak/ibu solusi yang bisa saya kerjakan. Apakah saya bisa bimbingan skirpsi secara online ya Pak?"

Nah, aman kan? kalau belum sopan menurutmu, buatlah sesopan mungkin ya.

5. Jangan Tentukan Waktu

Maksudnya apa? biarkan dosen yang memilih dan menentukan waktu. Jangan langsung menodong waktu harus hari ini jam ini.

Kalau misalkan dosenmu bertanya, "Bisa Dek, mau kapan bimbingan?"

Nah baru deh bilang aja, "Saya minggu ini bisa bimbingan pak."

Nanti biar dosen yang memilihkan waktunya. Kalau tidak, biasanya sih dosen langsung menentukan waktunya. Kalau di read? mungkin dosenmu sedang sibuk. Hubungi lagi 3-4 hari setelah hari kamu chat.

6. Tutup dengan Salam dan Terimakasih

Langkah terakhir, ucapkan banyak terimakasih dan salam penutup. Tujuannya? ya semua pasti tau. Kan kamu juga mahasiswa masa harus aku jelaskan kan ya. Wkwk, becanda.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Cara Chat Dosen untuk Bimbingan Skripsi Online"