Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Terjadi Kesalahan Saat Mengambil Informasi Siswa via Dapodik

Berikut ini solusi Terjadi Kesalahan Saat Mengambil Informasi Siswa di Dapodik bagi siswa yang mendaftar KIP kuliah. Perhatikan baik-baik ya.

Solusi Terjadi Kesalahan Saat Mengambil Informasi Siswa via Dapodik


Bagaimana sih solusi dari masalah pendaftaran KIP Kuliah ini sedangkan pendaftaran untuk SNMPTN sendiri segera tutup juga dan segera finalisasi. Nah, berikut ini beberapa alsan mengapa bisa terjadi kesalahan saat mengambil informasi siswa di dapodik.

Penyebab Masalah Error

Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan masalah seperti ini. Antara lain sebagai berikut.

1. Internet Lemot

Penyebab yang pertama adalah internet kalian yang lemot sehingga menyebabkan permintaan sinkronisasi data KIP ke API  Dapodik menjadi time out.

Artinya apa? untuk akses ke data dapodik perlu yang namanya masuk dulu ke servernya. Namun, jika lemot maka akan kalah dengan peserta lain yang meminta data ke server dapodik.

2. Server Down

Penyebab yang kedua adalahs server dapodik yang down. Mengapa down? sebab server ini yang memiliki data siswa di seluruh indonesia. Akses ke data ini tidak hanya untuk pendaftaran KIP Kuliah saja namun ada juga untuk pendaftaran LTMPT, SNMPTN, atau hal yang dilakukan oleh sekolah di seluruh Indonesia.

Dengan begitu, banyaknya yang akses bersamaan melebihi kapasitas membuat server menjadi overload dan tidak bisa diakses serta muncul notifikasi [Error 500 = Masalah di Server].

3. Perbaikan

Bisa jadi kesalahan ini disebabkan karena memang mungkin ada maintenance yang dilakukan oleh pihak dapodik supaya tidak terjadi masalah 500 lagi.

Solusi Terjadi Kesalahan Saat Mengambil Informasi Siswa via Dapodik

Solusi

Berikut ini beberapa hal yang bisa kalian coba supaya terselesaikan masalahnya.

1. Pastikan Data Benar

Pastikan data yang terdiri dari NISN, NPSN dan NIK benar ya. 

2. Coba Secara Berkala

Coba untuk mendaftar dan get datanya diwaktu yang sekiranya sepi ya. Misalnya waktu pagi hari saat orang-orang habis solat subuh sampai mau berangkat sekolah pagi. Atau waktu sore pukul 16.00 - 18.00 disaat orang banyak berkesibukan disana.

3. Lapor Helpdesk KIP Kuliah

Silakan kalian untuk lapor masalah ini ke Helpdesk yang sudah disediakan. Bagaimana caranya, silakan baca pada cara menghubungi helpdesk KIP Kuliah.

4. Lapor juga via Media Sosial

Untuk masalah KIP Kuliah sendiri, memang tidak ada akun instagram/twitter resminya. Namun, untuk KIP sendiri diurus oleh lembaga yang bernama puslapdik. Kalian bisa hubungi akun twitter @puslapdik atau instagram @puslapdik_dikbud

Nah, semoga penjelasan diatas dapat menyelesaikan permasalahan kalian dan bisa meraih kampus impian dengan bantuan KIP Kuliah ya.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Solusi Terjadi Kesalahan Saat Mengambil Informasi Siswa via Dapodik"