Review Buku Dua Rakaat Dulu Aja, Lolos Kuliah Dengan Tahajud

Artikel ini berisi mengenai review buku dengan judul 2 Rakaat Dulu Aja Panduan Menggapai Cinta Allah di Sepertiga Malam Terakhir, karya Bagas Ihsanul Umam.

Bagaimana sih menjalani kehidupan sehari-hari? Pastinya setiap hari kita bekerja, belajar, makan, minum, tidur dan lain sebagainya yang siklusnya setiap hari akan selalu sama. Paling-paling yang beda hanya masalah kapan ngopi atau tidak kan.

Nah, langsung saja kita bahas dalam buku ini yang kaitannya dengan masalah kehidupan kita terutama masalah ingin kuliah atau lancar dalam urusan kuliah dan juga hubungan kita dengan Allah SWT melalui salat tahajud.

Bagas Ihsanul Umam


Buku Dua Rakaat Dulu Aja

Banyak sekali bab-bab yang dibahas dalam buku ini yang isinya tidak berfokus pada panduan-panduan salat tahajud. Sebab, kalau membahas tentang hal itu sudah banyak buku di luaran sana yang membahas serta ada kitab juga yang lebih mendalam. 

Namun, dalam buku ini yang saya baca lebih kepada apa saja masalah-masalah yang banyak dihadapi oleh kebanyakan orang serta masalah-masalah atau pertanyaan mengenai salat tahajud secara umum. Misalnya saja ada bab-bab yang membahas khusus tentang karir atau pertanyaan umum.

1. Ngapain Sih Salat Tahajud, Kan Hukumnya Sunnah?

Nah, pada bab khusus ini, buku ini membahas sangat banyak mengenai alasan-alasan kenapa seseorang sebaiknya salat tahajud yang lebih utama bukan salat-salat sunnah lainnya. Tapi dan tapi, kalau kalian punya doa yang ingin cepat dikabulkan maka pasti tau lah biar diterima bagaimana dengan cepat, kan?

2. Salat Tahajud Tanpa Tidur Dulu Boleh Nggak Sih?

Pertanyaan umum yang lain yang dibahas dalam buku ini seperti halnya masalah ini. Bagaimana sih hukumnya apabila kita ingin sekali salat tahajud tetapi nyatanya sampai larut malam tidak bisa tidur. Padahal kebanyakan orang tau, salat tahajud harus dilakukan setelah tidur.

Nah, pada bab ini dijelaskan secara mudah, tuntas berdasarkan pandangan banyak ulama dan pastinya selalu dijelaskan dengan bahasa yang sudah umum dan mudah dipahami. Bab ini juga berkaitan langsung dengan masalah anak-anak SMA yang kalau siang main terus sampai malam dan malamnya lelah dan susah bangun malam.

Atau misalnya yang sukanya main Moba sampai malam dan tidak bisa tidur, tapi ingin tahajud dan masalah umum lainnya.

3. Kemuliaan Salat Tahajud

Buku ini membahas juga masalah kemuliaan salat tahajud baik itu di pandangan Allah SWT dan Rasulnya serta kemuliaan apabila orang menginginkan hal-hal yang duniawi. Pasti banyak sekali kan yang mungkin ingin mendapatkan kampus impian, ingin kuliah di Jurusan tertentu atau bahkan kalau sudah gagal berkali kali ingin ditunjukkan di pilihan yang terbaik dan kita bingung.

Ada banyak bab yang ada dalam buku ini yang membahas semuanya dari masalah dasar salat tahajud, surat yang dibaca, doa-doa yang sebaiknya dibaca, penyebab doa tidak terkabul dan masalah duniawi seperti karir, urusan dan bahkan sampai jodoh dibahas dalam buku ini.

4. Adab Dalam Berdoa Setelah Tahajud

Tetap ya, kita selalu dituntut untuk mengusahakan dahulu dengan usaha yang kita punya (ikhtiar) dalam menjalani semua ujian dan seleksi yang ada. Serta selalu pasrahkan semuanya kepada Allah melalui salat tahajud supaya bisa dekat dengan-Nya. Tapi, mengapa kok doa kita ga terkabul-kabul? 

Bisa jadi adabmu dalam berdoa salah besar yang membuat doamu ga terkabul walaupun sudah melakukan semua hal. Meminta kepada orang lain saja butuh adab, masa ke Allah SWT tidak pakai adab yang lebih? Pastikan kamu menerapkan adab-adab berdoa setelah tahajud sesuai dalam buku ini serta ada juga doa-doa khusus yang bisa memudahkanmu melewati urusan-urusan yang susah dan rumit.

Kelebihan Buku 2 Rakaat Dulu Aja

Ada beberapa kelebihan yang menurut saya paling lebih dalam buku ini, antara lain.

1. Menggunakan Bahasa Millenial Banget

Memang sepertinya buku ini dikhususkan untuk pemuda-pemuda yang akan masuk kuliah, sedang kuliah, lulus kuliah, pekerja dan juga orang yang masih umur-umur di bawah 40 tahun sehingga bahasa yang ada di dalamnya sangat memudahkan saya dalam memahami pendapat ulama yang ada dalam bahasan.

2. Ajak Kebaikan Terus

Dengan bahasan yang sangat banyak dan luas, kita disuguhkan dengan pembahasan yang sudah ringkas dan juga bisa langsung paham sehingga memang ketika membaca dan setelah membaca keinginan kita untuk salat tahajud akan naik sangat drastis dan sangat memotivasi kita untuk selalu menyempatkan salat tahajud dengan banyak sekali keutamaan, keajaiban dan manfaatnya.

3. Ilustrasi Lucu dan Relevan

Gambar ilustrasi di dalamnya selalu ada menyesuaikan dengan masing-masing bahasan. Betapa banyaknya ilustrasi yang ada di dalam buku ini yang bisa membantu kita untuk memahami konteks dalam bacaan tersebut. Memang buku ini diciptakan sangat penuh dengan kualitas yang mantab.

4. Dasar Ilmu Jelas (Sanad)

Dan yang paling bagus adalah semua bahasan di dalam sini tidaklah asumsi dan kata-kata dari penulis tetapi memang berdasarkan pengalaman serta pendapat ulama yang sudah terkenal. Jadi, itulah yang membuat saya (pembaca) sangat senang dan juga percaya apa yang ditulis.

Tentang Penulis Singkat

Bagas merupakan founder @kelas_pelajarquran.id yang merupakan program Belajar baca Al-Quran dari rumah, mulai dari 0 sampai lancar meskipun masih pemula dan buat kamu yang malu karena belum bisa baca Al-Quran. Beliau merupakan Mahasiswa tingkat akhir di jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Spesifikasi Buku

  • Berat : 600 g
  • Dimensi : 13,5 x 20 cm
  • ISBN : 9 786238 800704
  • Terbit : 2022
  • Halaman : 155 hlm
  • Penulis : Bagas Ihsanul Umam
  • Penerbit : Bukunesia Publishing

Semoga review singkat saya mengenai Buku 2 Rakaat Dulu Aja Karya Bagas Ihsanul Umam ini bisa menjadi salah satu yang bermanfaat. Menurut saya, buku ini sangat dan harus banget untuk dimiliki dengan sangat kayanya isi dan ilmu yang dibahas padat dan tidak bertele-tele pembahasannya. 

Apabila ingin mendapatkan buku ini, Kamu bisa pesan buku ini di Penerbit Bukunesia atau melalui halaman ini Beli Buku 2 Rakaat Dulu Aja.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Review Buku Dua Rakaat Dulu Aja, Lolos Kuliah Dengan Tahajud"