Cara Ningkatin Kemampuan Bahasa Inggris untuk UTBK 2023

Salah satu tes yang ada di UTBK-SNBT 2023 adalah Bahasa Inggris. Namun, bahasa inggris bukanlah kemampuan yang mudah bagi semua orang. Jika kamu kesusahan dalam hal bahasa inggris, berikut cara meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris untuk UTBK SNBT 2023 yang mudah untuk diterapkan.

cara meningkatkan kemampuan bahasa inggris utbk

Berikut pembahasan lengkap mengenai bahasan ini.

Mengapa Ada Tes Literasi Bahasa Inggris?

Berdasarkan informasi yang Aku dapatkan dari website resmi SNPMB BPPP, yaitu:

Adapun yang dimaksudkan dengan literasi membaca adalah kemampuan seseorang memahami, menggunakan, mengevaluasi, merenungkan, dan berinteraksi secara aktif dan berkelanjutan (engage) dengan teks dengan arah untuk mencapai tujuan, mengembangkan pengetahuan dan potensi, serta untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Dengan pengertian tersebut, Literasi Membaca merupakan suatu proses aktif membangun makna seluruh bacaan berdasarkan interaksi antara pembaca dan teks. Untuk mengonstruksi makna seluruh bacaan, diperlukan penalaran dan pengetahuan strategi membaca yang efektif.

Nah, oleh karena itu sangat penting pada zaman ini setiap siswa mampu dalam hal bahasa inggris yang baik supaya bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman dan pasar yang global.

Apa saja yang diujikan dalam Tes Literasi Bahasa Inggris?

Ada dua hal yang diujikan dalam materi tes literasi bahasa inggris, yaitu kompetensi kebahasaan dan strategi kognitif.

  • Tes Kompetensi Kebahsaan, peserta tes akan diuji melalui pemahaman peserta tes atas perbendaharaan kata yang disajikan dalam bacaan. Bacaan yang disajikan menggunakan bahasa baku baik dari segi tata bahasa maupun kosakata sehingga kompetensi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris baku pembaca atau peserta tes pun menjadi tuntutan.
  • Tes Strategi Koginitif, peserta mampu menemukan konteks yang melingkungi teks sehingga pemahaman atas bacaan menjadi utuh yang didalamnya membahas (1) teks umum, (2) teks sastra, (3) teks saintek, dan (4) teks sosial humaniora. Jadi, bisa jadi TKA yang dihapus dimasukkan dalam bahasa inggris ini dalam bentuk soal yang lebih sederhana.

Cara Ningkatin Kemampuan Bahasa Inggris

Terus bagaimana cara meningkatkan kemampuan bahasa inggris ini, khususnya untuk mempersiapkan tes kompetensi kebahasaan dan tes strategi kognitif?

Ada beberapa cara berikut yang bisa kamu coba, sebab kisi-kisi yang diberikan memang terlalu luas sehingga tidak bisa memberikan cara yang paling spesifik selain beberapa langkah berikut ini.

  1. Menghafal kosa kata, hal ini untuk mendukung perbendaharaan kata yang disajikan dalam bacaan. Biasanya terkait dengan kata baku, sinonim, grammar dan lainnya. Caranya bagaimana? Buat list 5 kata setiap hari yang harus dihafalkan (tulisan dan arti).
  2. Latihan soal langsung, bisa langsung latihan soal seperti soal TOEFL atau soal ujian STAN bahasa inggris. Disana kamu bisa belajar grammar, teruss correct sentence, belajar dari kalimat atau paragraf yg hurufnya dihilangkan dan sebagainya. Sehingga, terlatih untuk memahami.
  3. Mendengarkan lagu & nonton film, hal ini untuk mengasah insting dan tata bahasa dari sebuah film serta memaknainya. 
  4. Membaca Jurnal, membaca jurnal ilmiah atau teks berita bahasa inggris bisa mengasah untuk poin tes kedua, yaitu tes strategi kognitif yang dikaitkan dengan saintek dan soshum. Nah, biasanya kata-kata percakapan umum dan kata dalam bahasa bisnis/ilmiah sedikit berbeda dan kadang asing. Oleh karena itu, membaca hal baru menjadi hal penting.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tes yang ada di literasi bahasa inggris dan cara meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Terdapat 20 soal dengan waktu 30 menit untuk tes literasi bahasa inggris ini.

Baca juga artikel terkait berikut.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Cara Ningkatin Kemampuan Bahasa Inggris untuk UTBK 2023"