Cara Menghitung Keketatan Jurusan [SNBP & SNBT]

 Menenentukan program studi dan jurusan di seleksi masuk PTN sangatlah penting dan krusial. Bahkan, jika salah pilih bisa jadi peluangmu lolos juga kecil banget. Terus bagaimana dong solusinya? Untung banget kamu sudah sampai di artikel ini, sebab Aku akan bagi cara menghitung keketatan jurusan yang mungkin saja akan membantumu buat yakin sama pilihanmu.

Cara Menghitung Keketatan Jurusan


Yuk, simak ya pembahasan singkat ini. Moga bermanfaat!


Alasan Menghitung Keketatan Jurusan

Mengapa sih kita yang mau daftar kuliah khususnya yang jalur seleksi SNBP dan SNBT harus banget menghitung keketatan jurusan. Nih, biar aku kasih tau alasannya.

  1. Biar tau diri. Idealis boleh, tapi ya liat-liat. Dengan mengetahui keketatan jurusan, kalian bisa mengukur diri sendiri kemampuan yang dimiliki. Kemampuan ini dilihat dari nilai rapor (SNBP) dan juga nilai tryout SNBT (untuk yang jalur SNBT). Kalau nilai rendah, mau ambil jurusan yang sangat ketat gimana mau lolos?
  2. Tau kelebihan dan kekurangan masing-masing kampus. Pada hakikatnya semua jurusan di semua kampus itu sama saja. Tapi, dengan melihat jurusan yang sama beda kampus, maka kalian akan tau tuh kelebihan masing-masing jurusan. Bisa jadi, kampus akreditasi A tapi jurusannya akreditasi C. Padahal kalau mencari kerja kan yang dilihat akreditasi jurusannya.
  3. Manfaatin persaingan. Persaingan rendah, potensi lolos juga akan tinggi. Jadi, kenapa ga pengen memanfaatkan hal ini?

Cara Menghitung Keketatan Jurusan

Cara menghitung keketatan jurusan tuh sangat mudah. Namun, karena data dari SNPMB belum keluar, kali ini pakai sistem asumsi saja ya.

(artikel akan diupdate ketika data resmi sudah keluar)

Nanti akan muncul daya tampung dan jumlah pendaftar setiap tahunnya untuk jurusan tertentu. Nah, tugas kalian adalah menghitung rata-rata ketatan jurusan setiap tahunnya.

Rumus Keketatan Jurusan = (Kuota/Jumlah pendaftar) x 100%

Misalnya.

Keketatan tahun 2020: 60%

Keketatan tahun 2021:  50%

Keketatan tahun 2022: 80 %

Maka berapa keketatan tahun 2023, yaitu (60+50+80)/3 = 63%

Misalkan kuota yang ditawarkan pada jurusan tersebut pada tahun 2023 sebanyak 60 orang untuk SNBT maka kira-kira jumlah yang daftar sekitar 60/63% = sekitar 95 siswa.

Baca artikel terkait berikut.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Cara Menghitung Keketatan Jurusan [SNBP & SNBT]"