Faktor Yang Mempengaruhi Terbentunya Senyawa Kovalen ataupun Ionik

Ikatan Kimia- Yusuf  Studi
1. Elektronegativitas
Yang pertama yaitu terkait elekronegativitas antar atom yang berikatan. Jika nilai elektronegativitasnya besar maka akan terjadi transfer elektron ke elektron lainya sehingga terbentuk senyawa ion. Akan tetapi, jika beda elektronegativitasnya yang bergabung kecil maka akan terjadi pemakaian pasangan elektron dan akan terbentuknya senyawa kovalen.

2. Potensial Ionisasi
Apabila nilai potensialnya dari sebuah atom rendah, maka atom itu akan dengan mudah membentuk kation(ion +) dan sebaliknya jika potensial tinggi, maka atom itu akan mudah membentuk anion(ion -). Dengan begitu apabila perbedaan potensial ionisasi besar maka kemungkinan terbesar akan membentuk senyawa ion. Dan sebaliknya jika perbedaanya sangat kecil maka akan terbentuk senyawa kovalen.

3. Afinitas Elektron
Afinitas berkaitan tentang kemudahan menerima elektron. Jadi jika afinitas elektronnya besar maka akan mengarah terbentuknya senyawa ion. Dan sebalilnya jika afinitas elektron kecil kemungkinan terbentuk senyawa kovalen lebih besar.

4. Sifat Logam dan Nonlogam
Apabila unsur logam dengan nonlogam bereaksi kemungkinan terbentuk senyawa ion, dan jika keduanya non logam akan terbentuk senyawa kovalen.
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Faktor Yang Mempengaruhi Terbentunya Senyawa Kovalen ataupun Ionik"