Penyebab Kalian Gagal Masuk Perguruan Tinggi Negeri | Belajar

Gagal Masuk PTN - Yusufstudi.com


Yusufstudi.com - Kalian pengen kuliah di perguruan tinggi negeri? ya pasti lah jawaban semua orang pengen apalagi di PTN yang terkenal dan mendapat beasiswa. Tapi ingat masuk perguruan tinggi idaman tidak seperti membalikkan tangan yang dengan mudahnya dilakukan. Kalian harus mempunyai tekad niat dan usaha yang keras untuk meraih tujuan itu. Masalah mendapat beasiswa pasti ada neasiswa yang diberikan ke mahaiswa jika kalian berprestasi dan biasanya universitas memiliki banyak sekali beasiswa bahkan sampai ratusan beasiswa per universitas tergantung universitasnya. Kita kembali lagi masalah masuk PTN. Ada yang bertanya begini
Masuk PTN itu mudah nggak sih?
ya pasti semua orang akan menjawabnya dengan mudah, " ya sulit lah, kalau mudah semua anak SMA dapet kampus idaman mereka." Banyak seleksi masuk yang dberikan oleh pemerintah maupun pihak PTN sendiri. Kalao dari pemerintah kalian tau sendiri ya ada apa saja jalurnya. Kalo dari PTN biasanya yang mengurus jalur masukknya ya siswanya sendiri tanpa ikut serta pihak sekolah misalnya: SIMAK UI, UM-UNDIP, Ujian Masuk UNY, dan masuh banyak lagi tinggal kalian yang up to date. Gunakan Gadget kalian untuk keperluan yang bermanfaat untuk kalian sendiri lah.

Terus disini aku akan bahas sedikit tentang mengapa banyak SISWA yang GAGAL masuk PTN? ini ada beberapa alasannya.

.

1. Terlalu mengandalkan SNMPTN

SNMPTN adalah jalur serentak masuk perguruan tinggi negeri dengan penilainnya dilihat dari nilai rapor kalian dan beberapa prestasi seperti kejuaraan Olimpiade dan sebagainya. Tapi ingat jalur ini bisa dibilang jalur "keberuntungan" karena banyak anak yang nilai rapornya bagus malah gagal masuk PTN. Kalian yang merasa nilai rapornya bagus jangan sok-sokan akan keterima jalur ini deh. Jalur ini tidak ada yang tau bagaimana penilainnya persisnya dan setiap tahun penerimaan jalur ini hanya sekitar 15-17% dari jumlah yang mendaftar. dan yang mendaftar sekitar 600rb siswa. Banyak faktor yang menentukan kelulusan SNMPTN bahkan sepertinya nilai rapor hanya penunjang saja. Pesan saya jangan fanatik dan terfokus dengan SNMPTN saja ingat jalur lain SBMPTN dan Ujian masuk. 

 2. Terlalu memikirkan jurusan

Ya emang sih jurusan menentukan kalian nanti bagaimana setelah lulusnya. Tapi kalo kalian hanya memikirkan jurusan yang prospek kerajnya bagus saja tanpa melihat keahlian kalian dimana kalian akan rugi di masa yang akan datang karena kalian belajar dengan terpaksa dengan passiom anda yang berbalik dengan jurusan anada. Tetapi jika kalian hanya memikirkan jurusan yang sesui dengan minat anda tanpa melihat saingan dan prospek kerja itupun juga kurang bagus. Jadi, atur priorotas memilih jurusan  karena itu akan membuang waktu yang banyak. Tanyakan pada hati kalian, guru BK, serta pesan orang tua karean itu yang menentukan masa depan kalian. Idealis boelh kog tapi ya batasi sendiri daripada rugi diakhirnya nanti.

3. Melupakan SBMPTN/UM dan fokus UN

Fokus Ujian Nasional adalah bisa bagi anak SMA apalagi anak yang pandai pasti tidak mau kalo nilainya dibahwah yang lainnya. But, pikir dulu lagi lah ya. UN tahun ini kan tidak menentukan kelulusan yang menentukan adalah sekolahan dan UN 2017 hanya 4 mapel saja sehingga berkurang bebannya. Ingatlah perjuangan kalian sebenarnya bukan di UN. Iya tau UN penting tapi ingat SBMPTN/UM berapa saingannya ? UN hanya menentukan nilai tapi ujian masuk mementukan kalian kuliah atau tidak. Ada pertanyaan yang ingin saya tanyakan.
Kalian tau tingkat kesulitan Soal SBMPTN/UM?
Kesulitan soal Ujian Masuk sudah diketahui banyak orang lebih sulit daripada Ujian Nasional dan berada dibawah sedikit OSN. Trus berapa persen materi yang telah kalian kuasai? materi yang kalian kuasai menentukan kalian masuk tidaknya jalur ini. Jangan harap soal tahun kemarin bisa keluar tahun berikutnya itu hanya 5%-an saja. Jangan hanya berlatih menghafal pola soal tahun lalu karena ini slah besar. Aku mau tanya lagi.
Kalian tau berapa saingan di SBMPTN dan siapa saingan kalian?
saiangan kalian di SBMPTN adalah sekitar 700rb orang tahun 2016 dan yang diterima hanya 15-17% juga. dan kalian tau siapa saingan kalian? Yapsa para olimpiade yang gagal masuk lewat jalur SNMPTN, Angkatan 2 tahun sebelumnya yang pengen kuliah dan pengen mengulang karena merasa salah jurusan serta angktan kalian sendiri.

4.Yang terakhir yaitu hanya fokus pada satu saja jalur masuk PTN. 


Pesanku ya jangan berharap besar di SNMPTN berharaplah di SBMPTN/Ujian Masuk karena kita tidak tau nasib kita sendiri, jangan sia siakan waktumu hanya untuk memikirkan jurusan dan ujian nasional, sudah berapa besar sih materi yang telah kalian pahami? apalagi tentang konsep? so, jaangan buang waktumu demi masa depanmu

Oke sekian dulu dariku Yusuf memberikan gamabaran betapa sulitnya masuk PTN, Semangat untuk belajar dan tak lupa selalu berdoa dan minta restu orang tua. Jangan lupa lagi share artikel ini dimanapun kalian berada karena ini sangat penting.

Upadate info :
FP: @ysusufstudi
IG/FB: @yusufabdhul





Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Penyebab Kalian Gagal Masuk Perguruan Tinggi Negeri | Belajar"