Yusufstudi.com -  Pendaftaran SNMPTN 2018 sudah berjalan beberapa hari dan akan segera berakhir dengan memasukinya bulan maret 2018 ini. Pendafaran SNMPTN 2018 diikuti oleh 1juta siswa SMA dan ini membuat persaingan sangat ketat. Jadi, diharapkan tidak terjadi kecurangan atau manipulasi data supaya dapat lolos.  

Solusi Foto salah dan KAP Bidikmisi
Lupa Memasukkan PIN dan KAP Bidikmisi SNMPTN

Ingat ya " Dosa jariah namanya jika ada manipulasi data"

Setelah dibuka sejak tanggal 21 februari kemarin, ternyata antusias siswa dalam mendaftar sangatlah tinggi dan baru dibuka satu hari saja sudah ada  2000 siswa yang mendaftar. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kempuan dan keinginanmu ya. Jangan samapi salah jurusan dan akhirnya pindah kuliah. Yang kasihan bukan kamu tapi orang tua yang membiayai sekolahmu.

Setelah, beberapa hari saya melihat banyak pertnyaan di grup Facebook bagaimana sih kak solusi bagi siswa yang sudah mendaftar dan Finalisasi SNMPTN akan tetapi ada kendala begini-begini?

Kendala pertam,  siswa adalah terkait Foto yang tidak keluar/terpotong setelah difinalisasi. Bagi yang mengalami ini, solusinya adalah melaporkan ke Guru BK/yang ditugasi untuk login ke akun sekolah. Setelah itu bisa diperbaiki foto yang sesuai dengan ketentuan. Jadi, gak usah bimbang ya masalah foto, tinggal ke BK saja. Pesan ini disampaikan oleh pihak Panitia sendiri kok. Kalau BK gk percaya silahkan beritahu dengan gambar pesan dibawah ini.

Solusi Foto Salah SNMPTN 2018
Solusi Foto Salah SNMPTN 2018


Nah, apasih aturan Foto SNMPTN 2018:
1. Foto dengan pakaian Rapi
2. Close Up (Wajah terlihat jelas)
3. Tidak ada aturan background warna merah/biru yaa
4. resolusi (pixel) 400x600pixel
5. Ukuran kurang dari 1 mb

Untuk membantu melakukan pengecilan ukuran dan crop yang sesuai bisa menggunakan picresize.com  dan atur sesuai ketentuan sebelum di Upload.


Kendala kedua,  ialah masalah lupa memasukkan/menginputkan KAP dan PIN bagi pendaftar Bidikmisi SNMPTN 2018. Masalah ini bahkan setiap tahun pasti muncul akibat siswa yang "GAK BACA PANDUAN" jadi asal  Finalisasi.

Berdasarkan pesan panitia diatas, setelah saya tanyakan bahwa data yang suda terfinalisasi tidak dapat diubah kembali dan bagi peserta yang lupa memasukkan PIN dan KAP dianggap mendaftar secara reguler (tidak bidikmisi).

Akan tetapi, saya punya informasi dan ini bisa dicoba dibeberapa tahun terakhir untuk memasukkan PIN dan KAP bagi yang sudah finalisasi. Silahkan dicoba semoga masih bisa ya.


Memasukkan PIN dan KAP setelah Finalisasi
Memasukkan PIN dan KAP setelah Finalisasi

1. Login ke halaman pendaftaran SNMPTN dengan password dan NISN kalian
2. Klik menu "Bidikmisi"
3. Masukkan PIN dan KAP
4. Simpan
5. Cetak ulang kartu peserta kalian
 *) Pastikan di kartu peserta kalian terdapat tulisan "Pelamar Bidikmisi"

Apabila cara memasukkan PIN dan KAP ini berhasil saya minta tolong banget komentar ya! biar saya bisa memantau artikel saya perlu diupdate.

Oke, sekian dulu ya semoga bermanfaat dan jangan lupa Like, share, komentarnya

salam penulis (yaa/ys) 


Solusi Foto Salah dan Lupa Memasukkan PIN KAP Bidikmisi (Sudah Finalisasi) SNMPTN 2018

Yusufstudi.com -  Pendaftaran SNMPTN 2018 sudah berjalan beberapa hari dan akan segera berakhir dengan memasukinya bulan maret 2018 ini. Pendafaran SNMPTN 2018 diikuti oleh 1juta siswa SMA dan ini membuat persaingan sangat ketat. Jadi, diharapkan tidak terjadi kecurangan atau manipulasi data supaya dapat lolos.  

Solusi Foto salah dan KAP Bidikmisi
Lupa Memasukkan PIN dan KAP Bidikmisi SNMPTN

Ingat ya " Dosa jariah namanya jika ada manipulasi data"

Setelah dibuka sejak tanggal 21 februari kemarin, ternyata antusias siswa dalam mendaftar sangatlah tinggi dan baru dibuka satu hari saja sudah ada  2000 siswa yang mendaftar. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kempuan dan keinginanmu ya. Jangan samapi salah jurusan dan akhirnya pindah kuliah. Yang kasihan bukan kamu tapi orang tua yang membiayai sekolahmu.

Setelah, beberapa hari saya melihat banyak pertnyaan di grup Facebook bagaimana sih kak solusi bagi siswa yang sudah mendaftar dan Finalisasi SNMPTN akan tetapi ada kendala begini-begini?

Kendala pertam,  siswa adalah terkait Foto yang tidak keluar/terpotong setelah difinalisasi. Bagi yang mengalami ini, solusinya adalah melaporkan ke Guru BK/yang ditugasi untuk login ke akun sekolah. Setelah itu bisa diperbaiki foto yang sesuai dengan ketentuan. Jadi, gak usah bimbang ya masalah foto, tinggal ke BK saja. Pesan ini disampaikan oleh pihak Panitia sendiri kok. Kalau BK gk percaya silahkan beritahu dengan gambar pesan dibawah ini.

Solusi Foto Salah SNMPTN 2018
Solusi Foto Salah SNMPTN 2018


Nah, apasih aturan Foto SNMPTN 2018:
1. Foto dengan pakaian Rapi
2. Close Up (Wajah terlihat jelas)
3. Tidak ada aturan background warna merah/biru yaa
4. resolusi (pixel) 400x600pixel
5. Ukuran kurang dari 1 mb

Untuk membantu melakukan pengecilan ukuran dan crop yang sesuai bisa menggunakan picresize.com  dan atur sesuai ketentuan sebelum di Upload.


Kendala kedua,  ialah masalah lupa memasukkan/menginputkan KAP dan PIN bagi pendaftar Bidikmisi SNMPTN 2018. Masalah ini bahkan setiap tahun pasti muncul akibat siswa yang "GAK BACA PANDUAN" jadi asal  Finalisasi.

Berdasarkan pesan panitia diatas, setelah saya tanyakan bahwa data yang suda terfinalisasi tidak dapat diubah kembali dan bagi peserta yang lupa memasukkan PIN dan KAP dianggap mendaftar secara reguler (tidak bidikmisi).

Akan tetapi, saya punya informasi dan ini bisa dicoba dibeberapa tahun terakhir untuk memasukkan PIN dan KAP bagi yang sudah finalisasi. Silahkan dicoba semoga masih bisa ya.


Memasukkan PIN dan KAP setelah Finalisasi
Memasukkan PIN dan KAP setelah Finalisasi

1. Login ke halaman pendaftaran SNMPTN dengan password dan NISN kalian
2. Klik menu "Bidikmisi"
3. Masukkan PIN dan KAP
4. Simpan
5. Cetak ulang kartu peserta kalian
 *) Pastikan di kartu peserta kalian terdapat tulisan "Pelamar Bidikmisi"

Apabila cara memasukkan PIN dan KAP ini berhasil saya minta tolong banget komentar ya! biar saya bisa memantau artikel saya perlu diupdate.

Oke, sekian dulu ya semoga bermanfaat dan jangan lupa Like, share, komentarnya

salam penulis (yaa/ys) 


111 comments:

  1. Mksh kak saran nya, msh bisa kok di masukin pin dan kap nya walau pun sdh finalisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip makasih komentarnya. Sangat membantu kami kak

      Delete
    2. Kak kasih tau caranya dong. Punyaku nggak bisa. Cara simpan gimana sih.

      Delete
  2. Makasih infonya kak , sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Ka kan saya udah menyelesaikan semua data pendaftarannya , lalu saya sudah melakukan finalisasi. Tetapi pas sudah finalisasi di bawah foto terdapat tulisan "Siswa dapat menghubungi sekolah untuk memperbaiki pas foto yang belum memenuhi syarat." Jadi tulisan itu menandakan saya salah pada saat mengupload foto atau tulisan tersebut hanya sebagai pemberitahuan? Terimakasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika udah jelas wajahmu abaikan pemberitahuan itu.

      Delete
  4. kak mohon bantuannya, saya sudah mengisi data prestasi namun saat di finalisasi data tersebut tidak ke rekap. saya sudah tanyakan ke call center SNMPTN. Apakah dari pihak sekolah masih bisa diperbaiki ? Terimakasih kak

    ReplyDelete
  5. Berhasil kak, makasih banyak infonya yaaa πŸ˜„πŸ˜„πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  6. Bisa kak.. Makasih info tentang kap dan pin bidik misi yang salah itu

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Kak klu misalnya pada pengisian data kan disuruh isi NIS nah saya malah isi pake NISN. Itu fatal gak? Padahal udh di finalisasi msh bisa diubah?

    ReplyDelete
  9. Kak saya sudah finalisasi, tapi saya lupa untuk ceklis dibagian sebelumnya, itu bisa diperbaiki tidak ya? Terimakasih kak

    ReplyDelete
  10. Kak aku udah finalisasi snmptn terus aku lupa ngizi bidikmisinya, terus aku coba masukin kap sama pinya kok udah ngak bisa ya kak,gimana ya

    ReplyDelete
  11. Kak aku juga kasusnya kayak gini. Itu kita langsung masukin aja kan kap sama pin nya gak perlu nunggu status di bidik misi nya diterima?

    ReplyDelete
  12. Aku udah coba dan ternyata bisa kok walau udah difinalisasi. Makasih banget ya kak

    ReplyDelete
  13. Saya terlanjur finalisasi tetapi belum memasukkan data prestasi. Apa sudah tidak bisa diubah?

    ReplyDelete
  14. makasih banyak atas postingannya, saya sangat terbantu, sebelumnya saya takut, tapi sekarang sudah bisa

    ReplyDelete
  15. Terimakasih kak, sangat membantu! Sukses selalu!

    ReplyDelete
  16. ALHAMDULILLAH GAN BISA, THANKS BANGET INFO TENTANG KELUPAAN BIDIKMISINYA

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah kak sangat membantu:)

    ReplyDelete
  18. Kak, klo ngubah foto kita yg salah tapi udh difinalisasi kira2 1 hari bisa gak ya?. Soalnya senin bsok saya baru bisa ngeupload ulang fotonya, sedangkan tgl finalisasi terakhir itu hari selasa malam. Bagaimna ya kak?

    ReplyDelete
  19. Kak, klo ngubah foto kita yg salah tapi udh difinalisasi kira2 1 hari bisa gak ya?. Soalnya senin bsok saya baru bisa ngeupload ulang fotonya, sedangkan tgl finalisasi terakhir itu hari selasa malam. Bagaimna ya kak?

    ReplyDelete
  20. Kak, klo ngubah foto kita yg salah tapi udh difinalisasi kira2 1 hari bisa gak ya?. Soalnya senin bsok saya baru bisa ngeupload ulang fotonya, sedangkan tgl finalisasi terakhir itu hari selasa malam. Bagaimna ya kak?

    ReplyDelete
  21. Kak, klo ngubah foto kita yg salah tapi udh difinalisasi kira2 1 hari bisa gak ya?. Soalnya senin bsok saya baru bisa ngeupload ulang fotonya, sedangkan tgl finalisasi terakhir itu hari selasa malam. Bagaimna ya kak?

    ReplyDelete
  22. Kak saya lupa memasukkan kap Bidikmisi saya, tetapi saran itu saya coba tidak bisa, karena sudah finalisasi
    Bagaimana ini kak?

    ReplyDelete
  23. Terima kasih.
    Sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  24. Ka saya udah masukin kap sama pin nya lalu saya tekan tombol verifikasi setelah itu gimana lagi kak?

    ReplyDelete
  25. Kak saya udah finalisasi udah cetak kartu juga emang klo kap sama pinnya lupa gk dimasukin udah gk bisa lgi ya kak

    ReplyDelete
  26. Caranya tau klo kap sama pin nya masih bisa kayak gimana kak?

    ReplyDelete
  27. Waktu saya tekan verifikasi kotaunya warna merah kak
    Pas saya cetak ulang gk ada kata-kata pelamar bidikmisi
    Terus gimana kak?

    ReplyDelete
  28. Kak saya kan peserta snmptn dan bidikmisi pas saya finalisasi saya lupa masukan kap dan pin bidikmisnya itu gimana ya kak caranya padahal saya sdah ikutin saran kk tetap juga nggak mau dan bertanda merah tolong kasih solusi nya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim foto merahnya ke yusazis28@gmail.com ya

      Delete
  29. Kak bagaimana bila sudah finalisasi tapi lupa memasukkan sertifikat prestasi? Apakah ada solusinya utk itu? Apa pihak sekolah bisa membatalkan dan diulangi lagi pendaftarannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sertifikat tidak bisa di upload ulang

      Delete
  30. Alhamdulillah berhasil... Terima kasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  31. Mau nanya kak, kalau data akademik yang di bidikmisi itu ga ada nilainya, Nol semua gimana? Itu ngaruh ga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan minta pihak sekolahan untuk mengisi. Walaupun daftrnya individu

      Delete
  32. masih bisa gan, makasih yak, semoga berkah

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah terimakasih banyak kak

    ReplyDelete
  34. kak , aku sudah finalisasi tapi alamatnya blm saya isi bisa diganti apa tidak ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahakn dicoba bisa atau tidak. Kami kurang tau juga sih kak

      Delete
  35. Kak saya sudah duluan finalisasi snmptn tapi bidikmisi baru tadi siap dan KAP dan pinnya blm ke isi di snmptn,pas buka web snmptn gak bisa login lagi kek mana tu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saolnya lagi down kak. So, cari waktu yang tepat ya

      Delete
  36. Terimakasih kak. Infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  37. Kak kok saya pas masukin kap sama pin warnanya merah? Di Bidikmisi SNMPTN?

    ReplyDelete
  38. Kak kok saya pas masukin kap sama pin warnanya merah? Di Bidikmisi SNMPTN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika salah satu pilihannya ada uin tidak bisa.
      Jangan ada tanda (-) jadi masukin angkanya saja

      Delete
  39. Bisa kak, Alhamdulillah makasih ya infonya akhirnya bisa hehe

    ReplyDelete
  40. Alhamdulillah bisa input nomor bidikmisi sekalipun sudah finalisasi data. Terima kasih ka artikelnya sangat membantu..

    ReplyDelete
  41. kak saya sudah memasukkan kap dan kodenya tapi di kartu peendftara tdk ada tertulis pelamar bidikmisi

    ReplyDelete
  42. Joss gandos kak,berkat saranya jadi legaπŸ‘

    ReplyDelete
  43. maaf pak, kenapa gak sukses untuk memasukkan kap dan pin, mohon pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
  44. maap pak sudah ganggu waktu bapak, mohon solusinya pak, karena peserta didik yang bersangkutan ini memiliki prestasi yang cukup baik di sekolah, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika memasukkan PIN dan KAP jangan memakai tanda (-) cukup angkanya saja.

      Apabila pilihannya ada yang ngambil UIN maka tidak bisa di inputkan

      Delete
  45. Pesannya seperti ini pak: Anda telah memilih program studi di salah satu perguruan tinggi UIN. Beasiswa Bidikmisi tidak berlaku untuk program studi di UIN. Silakan mengubah pilihan program studi Anda terlebih dulu jika Anda ingin melakukan verifikasi Bidikmisi.

    ReplyDelete
  46. cara mengubah pilihan program studi gimana pak ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf pak. Jika udah finalisasi maka jurusan tidak bisa dirubah. Apabila ada pikihan Uin + finalisasi maka peserta tidak bisa mengikuti program bidikmisi lewat jalur SNM

      Terimakasih

      Delete
  47. jadi gimana tu pak? menyesal sekali jika tidak dapat melanjutkan bidikmisi, karena peserta didik yang bersangkutan termasuk dalam peserta didik berprestasi dengan latar belakang keluarga sangat tidak mampu, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu resiko pak. Soalnya di panduan sudah2 jelas ada di web bidikmisi dan web SNMPTN juga udah dijelaskan. Seharusnya guru lebih tau daripada muridnya pak.

      Semoga bisa jadi pelajaran bersama pak.

      Delete
  48. Kak di web snmptn tidak ada tulisan bidikmisi dan saya belum memasukan pin dan kap. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  49. pak? adakah cara untuk dapat mendaftarkan peserta didik tersebut di jalur bidikmisi? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila nanti lolos dan diterima di PTN pilihannya. Silahakn urus dengan PTN yang menerima siswa bapak nanti. Apakah bisa mengusulkan bidikmisi atau tidak.

      semoga membantu

      Delete
  50. maap pak (keterbatasan informasi saya) apakah peserta didik tersebut perlu mengikuti tes pada SNMPTN? terimakasih

    ReplyDelete
  51. berarti jika peserta didik bersangkutan lulus pada seleksi SNMPTN, pihak sekolah yang harus mengkonfirmasikan ke PTN tentang boleh/tidak masuk jalur bidikmisi ya pak? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak atau siswanya sendiri yang mengurus ke ptn nya

      Delete
  52. pak? terimakasih untuk setiap jawabannya ya? maap sudah menggangu waktu istirahat bapak. sekali lagi terimakasih banyak pak :)

    ReplyDelete
  53. kak, jika data portofolio lupa belum diisi padahal sudah difinalisasi, itu masih bisa diubah gak ya kak?

    ReplyDelete
  54. maksud saya identitas di portofolionya yang belum diisi. tapi yang lainnya udah lengkap. masih bisa diubah gak ya kak?

    ReplyDelete
  55. Terima kasih banyak kak...
    sangat membantu

    ReplyDelete
  56. maaf mau bertanya, kenapa menu DAPATKAN KAP dan PIN seleksi SNMPTN tidak berwarna biru dan gak bisa di klik kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kirimkan kan screenshot nya ke email kami di kontak ya

      Delete
  57. gimana kak dengan solusi yang kemarin yg saya kirim ke email screenshootnya?

    ReplyDelete
  58. Hallo kak ,selamat malam .Kak aku minta bantuannya kak ,Kak aku tu gk tau klo harus beresin pendaftaran bidikmisi dulu drpd finalisasi SNMPTN ,nah sekarang SNMPTN ny karena takut keakhiran dan telat finalisasi jadi aku cepet2 finalisasi ,soalnya emang klo persyaratan buat bidikmisi belum terkumpul semua maka itu aku lebih baik ngutamain ngefinalisasiin SNMPTN dulu kak dan sekarang kira2 bisa daftar buat SNMPTN ga sih kak soalny di laman bidikmisi nya kosong gitu kak ?Kak mohon jawabanny ya ,jawabannya bakal sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena udah difinalisi. Maka kakak sebagai pendaftar SNM reguler bukan sebagai pelamar bidikmisi ya. Jd nanti kalo lolos bayar uang sendiri.

      Delete
  59. Kak klo SBMPTN nya ntar masih bisa kan ikut bidikmisi kak ?
    Kak klo bidikmisi sampai bulan brapa terakhirnya kak?

    ReplyDelete
  60. Kak, ketika masuk bidik misi nya kok gak ada bacaan kap dan pin nya? Kyak mana tuu

    ReplyDelete
  61. Kak saya lupa masukin kap sama pin bidik misinya, SNMPTN nya udah di finalisasi,jadi skrg mau ngikutin saran dari kakak tu, ketika masuk ke bidik misi kok gak ada bacaan kap sama pin nya kyak mana tu kak? Mohon bantuannya πŸ™

    ReplyDelete
  62. Ka saya sudah cetak kartu tanda peserta bidikmisi itu. Tapi gk ada pin sama kap nya.
    Tp yang mau saya tanya sampai tanggal berapa pin sama kap nya itu di ambil

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. Kak saya mau nanya, kalau ganti foto tapi kartu peserta nya udah di cetak gimana kak?

    ReplyDelete
  65. Kak d halaman bidimisinya gk muncul apa-apa.-. Pending apa gmna nih lama bangat gk muncul2

    ReplyDelete
  66. Saya sudah coba buka lagi, kok gak bisa yahh?? Cuma ada tulisan status bidikmisi doang.. Itu gmnh yh kak??

    ReplyDelete
  67. Saya sudah coba buka lagi, kok gak bisa yahh?? Cuma ada tulisan status bidikmisi doang.. Itu gmnh yh kak??

    ReplyDelete
  68. Kak sudah di coba. Yang muncul status bidik misi. Bagaimana kak saya mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  69. Saya sudah coba. Yang muncul status bidikmisi

    ReplyDelete
  70. Kk saya sudah finalisasi. Tetapi saya lupa klik dapatkan kap dan pin di bidik misi. Itu gimana kk solusinya?

    ReplyDelete
  71. Kak kan saya udah daftar sbmptn terus pas upload fotonya pake background warna putih itu gimana ya? Boleh gak kalo warna putih, soalnya kalo dipersyaratannya kan background nya harus berwarna, di contohnya juga background nya warna biru sama merah.
    Gimana ya kalo warna putih itu ntar ngaruh gak ya ke seleksi nya? Katanya kalo fotonya gak sesuai persyaratan ntar gak bisa ikut sbmptn.

    ReplyDelete
  72. saya diterima snmptn dan bidikmisi, tpi waktu saya log in bidikmisi, kenapa muncul 'no.pendaftaran atau kode akses anda salah' ?. Padahal sebelumnya saya bisa log in pakai no.pendaftaran dan kode akses itu

    ReplyDelete