Solusi Foto Salah dan Lupa Memasukkan PIN KAP Bidikmisi (Sudah Finalisasi) SNMPTN 2019

Update terkahir 13 Februari 2019 | 14.39 wib
 
Yusufstudi.com -  Pendaftaran SNMPTN 2019 sudah berjalan beberapa hari. Pendafaran SNMPTN 2019 diikuti oleh 1 juta siswa SMA dan ini membuat persaingan sangat ketat. Jadi, diharapkan tidak terjadi kecurangan atau manipulasi data supaya dapat lolos.  

Solusi Foto salah dan KAP Bidikmisi
Lupa Memasukkan PIN dan KAP Bidikmisi SNMPTN

Ingat ya " Dosa jariah namanya jika ada manipulasi data"

Setelah dibuka sejak tanggal 4 februari kemarin, ternyata antusias siswa dalam mendaftar sangatlah tinggi dan baru dibuka satu hari saja sudah ada  2000 siswa yang mendaftar. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kempuan dan keinginanmu ya. Jangan samapi salah jurusan dan akhirnya pindah kuliah. Yang kasihan bukan kamu tapi orang tua yang membiayai sekolahmu.


Setelah, beberapa hari saya melihat banyak pertnyaan di grup Facebook bagaimana sih kak solusi bagi siswa yang sudah mendaftar dan Finalisasi SNMPTN akan tetapi ada kendala begini-begini?

Kendala pertama,  siswa adalah terkait Foto yang tidak keluar/terpotong setelah difinalisasi. Bagi yang mengalami ini, solusinya adalah melaporkan ke Guru BK/yang ditugasi untuk login ke akun PDSS sekolah. Setelah itu bisa diperbaiki foto yang sesuai dengan ketentuan. Jadi, gak usah bimbang ya masalah foto, tinggal ke BK saja.

Pesan ini disampaikan oleh pihak Panitia sendiri kok. Kalau BK gk percaya silahkan beritahu dengan gambar pesan dibawah ini.


Solusi Foto Salah SNMPTN 2018
Solusi Foto Salah SNMPTN 2018


Nah, apasih aturan Foto SNMPTN 2019
1. Foto dengan pakaian Rapi
2. Close Up (Wajah terlihat jelas)
3. Tidak ada aturan background warna merah/biru yaa
4. Resolusi (pixel) 400x600pixel
5. Ukuran kurang dari 1 mb

Untuk membantu melakukan pengecilan ukuran dan crop yang sesuai bisa menggunakan picresize.com  dan atur sesuai ketentuan sebelum di Upload.

Kendala kedua,  ialah masalah lupa memasukkan/menginputkan KAP dan PIN bagi pendaftar Bidikmisi SNMPTN 2018. Masalah ini bahkan setiap tahun pasti muncul akibat siswa yang "GAK BACA PANDUAN" jadi asal  Finalisasi.

Berdasarkan pesan panitia diatas, setelah saya tanyakan bahwa data yang sudah terfinalisasi tidak dapat diubah kembali dan bagi peserta yang lupa memasukkan PIN dan KAP dianggap mendaftar secara reguler (tidak bidikmisi).

Akan tetapi, saya punya informasi dan ini bisa dicoba dibeberapa tahun terakhir untuk memasukkan PIN dan KAP bagi yang sudah finalisasi. Silahkan dicoba semoga masih bisa ya.


Memasukkan PIN dan KAP setelah Finalisasi
Memasukkan PIN dan KAP setelah Finalisasi


Berikut langkah mengatasinya :
1. Login ke halaman pendaftaran SNMPTN dengan password dan NISN kalian
2. Klik menu "Bidikmisi"
3. Kemudian klik "Verfikasi"
4. Cetak ulang kartu peserta kalian
 *) Pastikan di kartu peserta kalian terdapat tulisan "Pelamar Bidikmisi"

Unduh ulang supaya terdapat tulisan "pelamar bidikmisi" memerlukan waktu sinkronisasi yang agak lama. Selalu cek berkala biasanya 12 jam setelah melakukan verifikasi.

Apabila cara Verifikasi ini berhasil saya minta tolong banget komentar ya! biar saya bisa memantau artikel saya perlu diupdate.

Verifikasi sangat susah karena server sering down. Tetapi banyak yg bisa kok bahkan mencoba terus selama 2-5 hari.


Oke, sekian dulu ya semoga bermanfaat dan jangan lupa Like, share, komentarnya
(yaa/ys) 

Jika ada pertanyaan hubungi via instagram : @yusufabdhul dan Follow juga :)
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

206 comments for "Solusi Foto Salah dan Lupa Memasukkan PIN KAP Bidikmisi (Sudah Finalisasi) SNMPTN 2019"

  1. Comment Author Avatar
    Mksh kak, tapi punyaku sudah bisa diverifikasi tanpa memasukkan kap dan pin tetapi pemilihan jalur seleksi di laman bidik misi tidak dapat diakses
  2. Comment Author Avatar
    Sangat membantu terimakasih infonya.. siswaku yg blm bisa trdaftar dua hari sebelumnya setelah finalisasi. Kemudian verifikasi Bidikmisi akhirnya bisa..
  3. Comment Author Avatar
    Alhamdulillah kak aku punya berhasil. Awalnya gak bisa sih, pas nyari" di internet dapat blog ini. Sekitar jam 18:40 WIT aku mulai nyoba berulang" di laman SN dan akhirnya aku berhasil terdaftar sekitar jam 19:00 WIT. Pertama aku sempat bingung dan panik kak karena kk ada bilang 2-5 hari. Tapi makasih banyak yah kak buat info nya semoga kakak bisa update sesuatu yang lain yang dpat ngebantuin orang" yg minim informasi seperti aku😇😇
  4. Comment Author Avatar
    Kak kalau untuk ketentuan tahun ini sudah finalisasi tapi belum cetak kartu peserta SNMPTN gimana? Ini kan sudah ditutup. Apakah masih ada kesempatan buat cetak kartu peserta lagi ? Tolong dijawabannya kak..dan waktu verifikasi sama Bidikmisi misi juga nggak bisa.. akhirnya karena waktu Nya udah mepet yaudah langsung finalisasi.tapi sudah punya kartu Bidikmisi nya..
  5. Comment Author Avatar
    Bagaimana jika rata² rapot nya salah tetapi sudah di finalisasi

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.