Yusufstudi.com - Pendaftaran SNMPTN sudah selesai nih. Langkah selanjutnya bagi pendaftar SNMPTN adalah menunggu Pengumuman SNMPTN pada 17 April 2018 nanti. Nah, Apakah hanya menunggu saja kamu?

Tips Anak SBMPTN 2018

Sedikit cerita dulu ya, Okelah selamat dahulu bagi kalian yang lolos untuk melakukan pendaftaran SNMPTN dan telah melakukan finalisasi SNMPTN. Mengapa finalisasi SNMPTN? soalnya bagi kalian yang tidak melakukan finalisasi maka kalian dianggap tidak mendaftar SNMPTN (artinya percuma saja).

Bagi yang kemarin tidak lolos, maka langkah kalian adalah dengan mengikuti tes-tes jalur masuk ke Perguruan Tinggi (PT). Ada beberapa jalur masuk untuk ke PT apalagi jalur Vokasi (D3/D4) dan Sarjana.

Jalur masuk secara umum antara lain:
1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang sudah dilakukan kemarin.
2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang pendaftarannya segera dibuka nanti. sekitar sebulan lagi.
3. Seleksi Mandiri (biasanya dilaksanakan setelah tes SBMPTN). Untuk informasinya silahkan cek masing masing web PTN yang dituju.

Nah, kita disini akan bahas tentang SBMPTN saja ya. Jadi SBMPTN itu adalah jalur masuk ke PT dengan menggunakan nilai tes kita. Jadi kita akan tes beberapa mata pelajaran yang menjadi penentu kita dapat masuk atau tidak. Disini tidak ada kaitannya dengan masalah sekolah, alumni, dsb. Sehingga murni hasil yang kita dapat tanpa pengaruh yang lain.

Jadi, semakin susah masuk SBMPTN karena kita harus bersaing dengan para pejuang yang lain bahkan nih para peserta OSN nasional juga ada yang masuk ke PTN lewat jalur ini.

Selain itu, pendaftar jalur ini nih sangat banyak banget karena 3 tahun kelulusan boleh daftar (lulusan 2016, 2017, dan 2018). Jika kita lihat pendafta PDSS kemarin saja sekitar  Dua Juta Siswa, padahal nih itu hanya satu angkatan lulusan (lulusan 2018) saja. Jika yang daftar dari 2016, 2017, dan 2018 berapa banyak? ya sekitar Lima Juta siswa (jika daftar semua). Paling setiap tahun yang daftar SBMPTN sekitar 700.000-850.000 siswa.

Maka dari itu, khususnya buat angkatan 2018 yang bisa daftar SNMPTN jangan leha-leha  menunggu pengumuman ya. Kalo gak lolos pedih lo rasanya.

Oke, langsung saja bagaimana sih kak biar lolos SBMPTN dan apa yang bisa kami persiapkan?

1. Buku dan Latihan Soal

Belajar dan latihan soal
Pertama hal yang dilakukan adalah Memilih Jurusan dan PTN yang diharapkan ya. Nah, nanti kita mengira-ngira bagaimana sih peluang masukknya? trus apakah sangat susah?. Hal ini bisa kalian tanyakna pada kakak kelas kalian yang udah lulus dan kuliah. Misal :
Kak, Masuk jurusan teknik Industri itu susah? dulu kok bisa lolos di FTI ITB itu, kakak ngerjain berapa soal sih?
Setiap orang pasti punya kemampuan masing-masing, jadi gak semua yang lolos misal di Teknik ITS itu bisa semua mata pelajaran Jadi, yang dibutuhkan di SBMPTN ini adalah strategi untuk masuknya. Apabila sudah masuk, semua kemampuan bisa diasah. Jangan bilang :
Kak, aku gk bisa kimia dan udah telanjur masuk Teknik Kimia. Aku salah Jurusan. 
Maka dari itu, tekad pertama adalah menentukan Pilihan Jurusan dan PTN yang dipilih.

Ciri-ciri anak yang sukses adalah mempunyai buku pegangan yang lengkap. Buku disini tidak harus berupa buku cetak yang mahal sampai ratusan ribu ya. Tapi apabila mempunya ya itu kelebihan dan jangan lupa dibaca karena yang pengen punya saja kadang gak bisa beli.

Buku disini adalah catatan sekolah, Bimbel, dan belajar sendiri dari online atau bisa disebut juga ringkasan materi lah. Nah ketika udah punya ini langkah selanjutnya silahkan banyak banyak latihan soal karena soal-soal SBMPTN itu tidak bisa ditebak dan ingat Tidak Ada kisi-kisi. So, harus siap dengan segala kondisi. Nih aku kasih sedikit buat latihan ya :


Download : Kumpulan soal STAN SBMPTN STIS
                    Soal Utul UGM 2007-2008

                   [PDF] Baru Download Soal UTUL UGM 2016 Matematika IPA 
                   [PDF] Download Soal Ujian Tulis UGM 2005-2006 (UM UGM) 

Jika mau yang lain search aja di google : " Bank Soal SBMPTN USM UTUL Yusufstudi.com"



2. Grup Belajar

grup belajar dan berkumpul
Grup belajar sangatlah penting untuk membuat pola pikir yang mudah dan tidak jemu untuk belajar. Nah, maksud grup belajar disini selain grup Belajar di BIMBEL, jadi kalian buat sendiri tuh sama temen-temen sekelasmu untuk belajar bareng. 

Kalo buat grup belajar itu jangan banyak-banyak misalnya nih cukup kok 6-7 orang dan setiap orang minimal punya kemapuan dimasing-masing pelajaran. Nah, saran kegiatan yang bisa kami berikana adalah langsung mencoba mengerjakan latihan-latihan soal.
Lha kak, kalo dari semua kami tidak bisa?
Jika tidak bisa mengerjakan salah satu soal, besok paginya silahakan langsung diatanyak ke guru disekoalah ya.

Tidak semua sekolah mengadakan tambahan belajar untuk SBMPTN, biasanya sekolah hanya memberikan tambahan belajar untuk UAS,UN dan USBN. Padahal kalo kalian tahu, Soal SBMPTN itu lebih-lebih susah daripada UN dan hampir mirip dengan Olimpiade.

Masih menunggu SNMPTN?


3. Konsep bukan Hafalan

Belajar hafalan itu salah

 

Cara beljar anak yang lolos SBMPTN selajutnya adalah belajar Konsep bukan Hafalan. 

Okelah, kalo masalah biologi admin mengalah karena hampir semua hafalan. Ntah aku juga gak suka! ada yang gk suka biologi? 

Nah buat matematika, fisika, dan kimia semuanya memakai konsep yang rumit. Terkadang satu soal bisa dikerjakan dengan beberapa cara. Jika cara yang satu tidak bisa maka pakai  cara lain. Jadi, belajarlah memahami setiap kejadian jangan hanya memakai rumus saja.

Contoh yang menggunakan konsep semua adalah teori Relativitas, Newton, Energi, Gerak, masih banyak lagi. Sedangkan yang matematika ada permutasi, kombinasi, persamaan kuadrat yang menentukan nilai akar-akarnya, dll. Untuk kimia, silahkan belajar stoikiometri, keseimbangan, konfigurasi elekton (Hk. Aufbau), karena semua itu adalah basicnya. 

Jadi, jika kalian tidak bisa mengusasi konsep dan arti dari materi diatas maka akan kesusahan untuk pengembangan soalnya.

Misalkan matematika. 
Kalo UN : Jika 2x^2 + 3x -6=0, dengan a dan b akar-akarnya maka berapa persamaan kuadrat baru yang akar-alarnya a+1/b dan b+1/a ? 

Kalo SBMPTN kurang lebih :
Jika diketahui ax^3+bx+c=0 mmpunyai akar-akar sesuai deret aritmatika, dan jika akar keduanya dikalikan 3 maka kan menjadi suatu barisan aritmatika, maka berapa nilai a, b, c? (a,b,c  adalah akarnya)

ya begitulah maaf soal diatas hanya contoh dan mungkin tidak bisa dikerjakan.

4. Beribadah, Doa, dan Belajar Malam

Tengah malam waktu untuk mendekat
Terkahir adalah hubungan dengan Tuhan dan Hubungan dengan Manusia. Hubungan dengan Tuhan yaitu dengan Berinadah dan berdoa dengan rutin dan ikhlas. Alloh pasti tahu hamba mana yang benar-benar ingin dan tidak.

Kedua adalah hubungan dengan manusia. Kenapa? langsung aku kasih contoh saja ya. Misalnya kamu ketemu orang yang kelaparann dijalan atau tetangga kalian yang kurang mampu. Kasihlah uang 20.000 atau sepunyamu atau dengan beras 2-3kg pasti sangat suka dan bersyukur. Nah, secara tidak langsung dan tanpa diminta pasti akan mendoakanmu. 

Doa itulah yang diijabahi oleh Alloh.  Tapi ya jangan hanya minta doa saja. Intinya "Ikhlas" diatas itu hanya ilustasi saja ya. Jika hanya ingin didoakan saja ya doa malah tidak terkabulkan.

Ketiga adalah masalah belajar malam. Banyak penelitian bahwa siswa/orang yang belajar ditengah malam terindikasi dengan orang yang kreatif dan cerdas. Cerdas beda dengan pintar ya.  Nah, kalo dari kami manfaat belajar malam selain belajar, suasana sunyi itulah yang dibutuhkan.

Kenapa? belajar jadi tenang serta dekatkanlah diri kalian kepada-Nya ketika sunyi. Karena hati kalian akan merasa lebih dekat. Kalo untuk yang muslim silahkan Ngaji, Sholat Malam, Sholawatan. Untuk keyakinan lain silahkan sesuai dengan yang diajarkan.

Sekian dulu ya. Itulah ciri-ciri jika kalian ingin sukses. Itu bukan hanya untuk SBMPTN ya. Jika kalian amalkan setiap saat sampai tua pasti akan dapat yang namanya Hidup Barokah dan Ilmu Yang Bermanfaat. 

Pesan terahir

JANGAN MENUNGGU BELAJAR SBMPTN SETELAH UN DAN PENGUMUMAN SNMPTN 2018.

- SAKIT -

Jika ada pertanyaan silahkan komentar, jika bermafaat mohon sekali SHARE ya. 1 Share kalian sama dengan 10x kebahagiaan saya. 


Salam penulis

Sekilas SBMPTN dan Kebiasaan Anak yang Lolos SBMPTN, Apakah kamu termasuk?

Yusufstudi.com - Pendaftaran SNMPTN sudah selesai nih. Langkah selanjutnya bagi pendaftar SNMPTN adalah menunggu Pengumuman SNMPTN pada 17 April 2018 nanti. Nah, Apakah hanya menunggu saja kamu?

Tips Anak SBMPTN 2018

Sedikit cerita dulu ya, Okelah selamat dahulu bagi kalian yang lolos untuk melakukan pendaftaran SNMPTN dan telah melakukan finalisasi SNMPTN. Mengapa finalisasi SNMPTN? soalnya bagi kalian yang tidak melakukan finalisasi maka kalian dianggap tidak mendaftar SNMPTN (artinya percuma saja).

Bagi yang kemarin tidak lolos, maka langkah kalian adalah dengan mengikuti tes-tes jalur masuk ke Perguruan Tinggi (PT). Ada beberapa jalur masuk untuk ke PT apalagi jalur Vokasi (D3/D4) dan Sarjana.

Jalur masuk secara umum antara lain:
1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang sudah dilakukan kemarin.
2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang pendaftarannya segera dibuka nanti. sekitar sebulan lagi.
3. Seleksi Mandiri (biasanya dilaksanakan setelah tes SBMPTN). Untuk informasinya silahkan cek masing masing web PTN yang dituju.

Nah, kita disini akan bahas tentang SBMPTN saja ya. Jadi SBMPTN itu adalah jalur masuk ke PT dengan menggunakan nilai tes kita. Jadi kita akan tes beberapa mata pelajaran yang menjadi penentu kita dapat masuk atau tidak. Disini tidak ada kaitannya dengan masalah sekolah, alumni, dsb. Sehingga murni hasil yang kita dapat tanpa pengaruh yang lain.

Jadi, semakin susah masuk SBMPTN karena kita harus bersaing dengan para pejuang yang lain bahkan nih para peserta OSN nasional juga ada yang masuk ke PTN lewat jalur ini.

Selain itu, pendaftar jalur ini nih sangat banyak banget karena 3 tahun kelulusan boleh daftar (lulusan 2016, 2017, dan 2018). Jika kita lihat pendafta PDSS kemarin saja sekitar  Dua Juta Siswa, padahal nih itu hanya satu angkatan lulusan (lulusan 2018) saja. Jika yang daftar dari 2016, 2017, dan 2018 berapa banyak? ya sekitar Lima Juta siswa (jika daftar semua). Paling setiap tahun yang daftar SBMPTN sekitar 700.000-850.000 siswa.

Maka dari itu, khususnya buat angkatan 2018 yang bisa daftar SNMPTN jangan leha-leha  menunggu pengumuman ya. Kalo gak lolos pedih lo rasanya.

Oke, langsung saja bagaimana sih kak biar lolos SBMPTN dan apa yang bisa kami persiapkan?

1. Buku dan Latihan Soal

Belajar dan latihan soal
Pertama hal yang dilakukan adalah Memilih Jurusan dan PTN yang diharapkan ya. Nah, nanti kita mengira-ngira bagaimana sih peluang masukknya? trus apakah sangat susah?. Hal ini bisa kalian tanyakna pada kakak kelas kalian yang udah lulus dan kuliah. Misal :
Kak, Masuk jurusan teknik Industri itu susah? dulu kok bisa lolos di FTI ITB itu, kakak ngerjain berapa soal sih?
Setiap orang pasti punya kemampuan masing-masing, jadi gak semua yang lolos misal di Teknik ITS itu bisa semua mata pelajaran Jadi, yang dibutuhkan di SBMPTN ini adalah strategi untuk masuknya. Apabila sudah masuk, semua kemampuan bisa diasah. Jangan bilang :
Kak, aku gk bisa kimia dan udah telanjur masuk Teknik Kimia. Aku salah Jurusan. 
Maka dari itu, tekad pertama adalah menentukan Pilihan Jurusan dan PTN yang dipilih.

Ciri-ciri anak yang sukses adalah mempunyai buku pegangan yang lengkap. Buku disini tidak harus berupa buku cetak yang mahal sampai ratusan ribu ya. Tapi apabila mempunya ya itu kelebihan dan jangan lupa dibaca karena yang pengen punya saja kadang gak bisa beli.

Buku disini adalah catatan sekolah, Bimbel, dan belajar sendiri dari online atau bisa disebut juga ringkasan materi lah. Nah ketika udah punya ini langkah selanjutnya silahkan banyak banyak latihan soal karena soal-soal SBMPTN itu tidak bisa ditebak dan ingat Tidak Ada kisi-kisi. So, harus siap dengan segala kondisi. Nih aku kasih sedikit buat latihan ya :


Download : Kumpulan soal STAN SBMPTN STIS
                    Soal Utul UGM 2007-2008

                   [PDF] Baru Download Soal UTUL UGM 2016 Matematika IPA 
                   [PDF] Download Soal Ujian Tulis UGM 2005-2006 (UM UGM) 

Jika mau yang lain search aja di google : " Bank Soal SBMPTN USM UTUL Yusufstudi.com"



2. Grup Belajar

grup belajar dan berkumpul
Grup belajar sangatlah penting untuk membuat pola pikir yang mudah dan tidak jemu untuk belajar. Nah, maksud grup belajar disini selain grup Belajar di BIMBEL, jadi kalian buat sendiri tuh sama temen-temen sekelasmu untuk belajar bareng. 

Kalo buat grup belajar itu jangan banyak-banyak misalnya nih cukup kok 6-7 orang dan setiap orang minimal punya kemapuan dimasing-masing pelajaran. Nah, saran kegiatan yang bisa kami berikana adalah langsung mencoba mengerjakan latihan-latihan soal.
Lha kak, kalo dari semua kami tidak bisa?
Jika tidak bisa mengerjakan salah satu soal, besok paginya silahakan langsung diatanyak ke guru disekoalah ya.

Tidak semua sekolah mengadakan tambahan belajar untuk SBMPTN, biasanya sekolah hanya memberikan tambahan belajar untuk UAS,UN dan USBN. Padahal kalo kalian tahu, Soal SBMPTN itu lebih-lebih susah daripada UN dan hampir mirip dengan Olimpiade.

Masih menunggu SNMPTN?


3. Konsep bukan Hafalan

Belajar hafalan itu salah

 

Cara beljar anak yang lolos SBMPTN selajutnya adalah belajar Konsep bukan Hafalan. 

Okelah, kalo masalah biologi admin mengalah karena hampir semua hafalan. Ntah aku juga gak suka! ada yang gk suka biologi? 

Nah buat matematika, fisika, dan kimia semuanya memakai konsep yang rumit. Terkadang satu soal bisa dikerjakan dengan beberapa cara. Jika cara yang satu tidak bisa maka pakai  cara lain. Jadi, belajarlah memahami setiap kejadian jangan hanya memakai rumus saja.

Contoh yang menggunakan konsep semua adalah teori Relativitas, Newton, Energi, Gerak, masih banyak lagi. Sedangkan yang matematika ada permutasi, kombinasi, persamaan kuadrat yang menentukan nilai akar-akarnya, dll. Untuk kimia, silahkan belajar stoikiometri, keseimbangan, konfigurasi elekton (Hk. Aufbau), karena semua itu adalah basicnya. 

Jadi, jika kalian tidak bisa mengusasi konsep dan arti dari materi diatas maka akan kesusahan untuk pengembangan soalnya.

Misalkan matematika. 
Kalo UN : Jika 2x^2 + 3x -6=0, dengan a dan b akar-akarnya maka berapa persamaan kuadrat baru yang akar-alarnya a+1/b dan b+1/a ? 

Kalo SBMPTN kurang lebih :
Jika diketahui ax^3+bx+c=0 mmpunyai akar-akar sesuai deret aritmatika, dan jika akar keduanya dikalikan 3 maka kan menjadi suatu barisan aritmatika, maka berapa nilai a, b, c? (a,b,c  adalah akarnya)

ya begitulah maaf soal diatas hanya contoh dan mungkin tidak bisa dikerjakan.

4. Beribadah, Doa, dan Belajar Malam

Tengah malam waktu untuk mendekat
Terkahir adalah hubungan dengan Tuhan dan Hubungan dengan Manusia. Hubungan dengan Tuhan yaitu dengan Berinadah dan berdoa dengan rutin dan ikhlas. Alloh pasti tahu hamba mana yang benar-benar ingin dan tidak.

Kedua adalah hubungan dengan manusia. Kenapa? langsung aku kasih contoh saja ya. Misalnya kamu ketemu orang yang kelaparann dijalan atau tetangga kalian yang kurang mampu. Kasihlah uang 20.000 atau sepunyamu atau dengan beras 2-3kg pasti sangat suka dan bersyukur. Nah, secara tidak langsung dan tanpa diminta pasti akan mendoakanmu. 

Doa itulah yang diijabahi oleh Alloh.  Tapi ya jangan hanya minta doa saja. Intinya "Ikhlas" diatas itu hanya ilustasi saja ya. Jika hanya ingin didoakan saja ya doa malah tidak terkabulkan.

Ketiga adalah masalah belajar malam. Banyak penelitian bahwa siswa/orang yang belajar ditengah malam terindikasi dengan orang yang kreatif dan cerdas. Cerdas beda dengan pintar ya.  Nah, kalo dari kami manfaat belajar malam selain belajar, suasana sunyi itulah yang dibutuhkan.

Kenapa? belajar jadi tenang serta dekatkanlah diri kalian kepada-Nya ketika sunyi. Karena hati kalian akan merasa lebih dekat. Kalo untuk yang muslim silahkan Ngaji, Sholat Malam, Sholawatan. Untuk keyakinan lain silahkan sesuai dengan yang diajarkan.

Sekian dulu ya. Itulah ciri-ciri jika kalian ingin sukses. Itu bukan hanya untuk SBMPTN ya. Jika kalian amalkan setiap saat sampai tua pasti akan dapat yang namanya Hidup Barokah dan Ilmu Yang Bermanfaat. 

Pesan terahir

JANGAN MENUNGGU BELAJAR SBMPTN SETELAH UN DAN PENGUMUMAN SNMPTN 2018.

- SAKIT -

Jika ada pertanyaan silahkan komentar, jika bermafaat mohon sekali SHARE ya. 1 Share kalian sama dengan 10x kebahagiaan saya. 


Salam penulis

No comments