Saturday, 7 April 2018

[Tutorial] Mendaftar SBMPTN 2018 bagi Pelamar Bidikmisi dengan Benar

Yusufstudi.com - Pendaftaran SBMPTN 2018 sudah dibuka mulai tanggal 5 April 2018 kemarin. Antusias pendaftar tahun ini sangatlah tinggi, pasalnya
baru saja dibuka, 2 hari kedepannya sudah banyak yang daftar dan bahkan sampai-sampai, banyak mahasiswa yang sudah kuliah saja mendaftar lagi dengan banyak alasan.

Tutorial mendaftar SBMPTN 2018 Bidikmisi

SBMPTN 2018 ini, tesnya dilakukan dengan menggunakan Komputer (UTBK) dan berbasis cetak (UTBC) sedangkan untuk pendaftaran UTBK, dibuka mulai tanggal 15 April 2018.
Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi pendaftar SNMPTN supaya bisa mengikuti UTBK juga dan tidak habis duluan.

Khusus Pendaftar SBMPTN 2018 dengan BIDIKMISI, Pendaftaran hanya bisa dilakukan setelah pengumuman SNMPTN 2018 ya, yaitu setelah tanggal 17 April 2018.

Untuk cara Pendaftaran SBMPTN bidikmisi, tidak seperti pada pendaftar reguler karena ketika kalian mendaftar dengan atas nama Bidikmisi maka kalian tidak disuruh untuk membayar pendaftaran Rp 200.000,-.

Begini cara Mendaftar SBMPTN 2018 bagi Pelamar Bidikmisi dengan Benar

Pertama, masuk halaman http://bidikmisi.dikti.go.id/ dan klik/pilih menu "SISWA"

Selanjutnya, login menggunakan "Nomor Pendaftaran dan Kode Akses", yang didapatkan dari Rekomendasi Sekolah. Bagi yang kemarin sudah dapat dan bisa daftar SNMPTN Bidikmisi silahkan langsung login saja. Jika lupa, tanyakan kepada guru BK sekolah.

Kemudian pilih menu "seleksi" dan pilih kolom "SBMPTN". Nanti setelah kalian klik, maka akan mendapatkan KAP dan PIN. Nah, KAP dan PIN inilah yang nanti berguna untuk mendaftar ya. Jangan sampai lupa dan dicatat saja.

Setelah selesai dengan akun di bidikmisi, sekarang masuk ke halaman pendaftaran SBMPTN 2018.

Pertama, silahkan masuk ke http://pendaftaran.sbmptn.ac.id/ tunggu sampai muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian, klik menu A, karena sebagai pelemar Bidikmisi.


Kemudian, Akan muncul tampilan dibawah ini dan pada kalimat "Apakah anda peserta Bidikmisi ?" silahkan klik "Ya" dan tunggu sampai loading selesai.



Setelah itu masukkan KAP dan PIN yang kalian dapatkan tadi dari langkah diatas yang di akun bidikmisi untuk mendapatkan KAP dan PIN.

Isi CAPTCHA dan klik Daftar.

Selesaikan pengisian data ya dan ingat JANGAN SAMPAI SALAH karena kalian pendaftar Bidikmisi.

Gampangnya gini:
Buat kalian semua pendaftar, ada peringatan dibawah yang berbunyi " Kesalahan pengisian dalam borang ini dapat berakibat anda harus membayar biaya lagi". Jadi Apabila terjadi kesalahan tidak dapat dibenarkan lagi.
SATU akun PIN dan KAP hanya bisa untuk SATU KALI PENDAFTARAN. Jika ingin daftar lagi karena daftar salah, maka harus bayar lagi.

Nah, bagimana dengan Bidikmisi? ya itu, PIN dan KAP bidikmisi untuk SBMPTN hanya ada SATU, jadi kalian harus hati-hati. Jika tidak ya tanggu sendiri ya.

Sekian, semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan pendaftaran untuk Bidikmisi ini jangan tanyakan pada kami, karena kami bukan panitia dan sudah dijelaskan diatas bahwa harus berhati-hati.
Jika kalian gegabah dan ternyata salah, ya gimana lagi udah gede kok gak mau baca aturan, syarat, dan ketentuan yang berlaku

penulis (yaa/ys)



Yusuf Abdhul Azis adalah seorang blogger pemula yang bercita-cita bisa memilki buku sendiri. Saya lahir dari keluarga biasa maka saya ingin mengubah nasib dengan memberikan informasi pendidikan bermanfaat bagi para pembaca di blog saya. Instagram : @yusufabdhul



EmoticonEmoticon