Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Jenis Jalur Masuk Mandiri UGM 2020 - Bebas Uang Pangkal


Artikel ini membahas tentang 10 jenis seleksi masuk UGM melalui Jalur Mandiri yang dilakukan selain SNMPTN dan SBMPTN serta jalur mandiri ini Bebas Uang Pangkal. 

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu PTN yang sudah dikenal oleh banyak orang baik di dalam negeri maupun luar negeri. Tidak diragukan lagi masalah peringkat dunia, prestasi, akademik, dan bahkan pengabdian masyarakatnya terutama dikenal dengan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang wajib bagi mahasiswanya.

Nah berikut ini akan dibahas 10 jenis seleksi masuk UGM melalui Jalur Mandiri yang dilakukan selain SNMPTN dan SBMPTN

A. Berikut ini merupakan jalur seleksi mandiri untuk Sarjana (S-1) UGM 

Ujian Tulis (UTUL) UGM


Jalur ini biasanya menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai tes UTUL yang diselenggarakan oleh UGM. Siswa yang dapat mendaftar untuk tahun 2020 nanti yaitu lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2020, 2019, dan 2018. Dalam pemilihan prodi/jurusan setiap siswa dapat memilih semuanya program sarjana atau dapat dikombinasikan dengan program diploma (DIV) dengan 3 pilihan. Lumayan banyak juga kan.

Nah untuk kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu: kelompok ujian Saintek, Soshum, dan Campuran.

Jadwal : setelah pelaksanaan UTBK 2020 nanti.

Laman resmi UTUL UGM (syarat & ketentuan) : https://bit.ly/2U8nkza

Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)

Buat putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan, diusulkan dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah (Pemda)/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan.

Program kemitraan ini mensyaratkan adanya Nota Kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara mitra dengan UGM. Mitra yang dimaksud dalam program ini adalah Pemda/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang sudah melakukan kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan/pengajaran/pengabdian kepada masyarakat).

Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai rapor.

Jadwal : sekitar bulan April 2020 nanti.

Laman resmi PBUK (syarat & ketentuan): https://bit.ly/38JYLwC

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Merupakan jalur untuk siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi sebagai bukti kepedulian UGM dalam pendidikan Indonesia.

Nah untuk kriteria tidak mampu secara ekonomi yang dimaksudkan adalah:

  1. 1. Siswa Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah; atau
  2. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan/atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya; dan
  3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
Dalam seleksinya nanti, penentuan kelulusan menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai rapor siswa.

Mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi ini akan memperoleh beasiswa UKT selama 8 semester dari UGM, apabila memenuhi prestasi yang ditetapkan akan dievaluasi setiap tahun.

Jadwal : sekitar bulan April 2020 nanti.

Laman resmi PBUTM (syarat & ketentuan): https://bit.ly/2t8LYom

Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

Beruntunglah kalian bagi siswa yang mempunyai prestasi dan pernah menjadi pemenang lomba di bidang IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi; sesuai program studi yang dipilih), Olahraga, dan Seni di tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara.

Seleksi jalur ini yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai rapor. Kemudian nanti bakal ada seleksi tentang keahlian menurut prestasinya masing-masing ya.

Misalnya : atletik, balap sepeda, voli, dll. Seni : fotografi, marching, MTQ, dll

Jadwal : bulan April 2020 nanti.

Laman resmi PBUB (syarat & ketentuan): https://bit.ly/2Gwa4fY

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "10 Jenis Jalur Masuk Mandiri UGM 2020 - Bebas Uang Pangkal"