6 Jenis Jalur Masuk Mandiri UGM 2020 - Lanjutan


Artikel ini membahas tentang 10 jenis seleksi masuk UGM Program Sarjana dan Diploma IV (Vokasi) 2020 melalui Jalur Mandiri yang dilakukan selain SNMPTN dan SBMPTN serta jalur mandiri ini Bebas Uang Pangkal.

Baca Artikel Sebelumnya : A. Jalur seleksi mandiri untuk Program Sarjana (S-1) UGM 2020

Ujian Tulis 1 (UTUL) UGM

Masih sama yaitu masuk vokasi UGM dengan UTUL 1. Yaitu, menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai tes UTUL 1 yang diselenggarakan oleh UGM. Siswa yang dapat mendaftar untuk tahun 2020 nanti yaitu lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2020, 2019, dan 2018.

Dalam pemilihan prodi/jurusan setiap siswa dapat memilih semuanya program sarjana atau dapat dikombinasikan dengan program diploma (DIV) dengan 3 pilihan atau bahkan vokasi semua. Lumayan banyak juga kan.

Nah untuk kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu: kelompok ujian Saintek, Soshum, dan Campuran.

Jadwal : setelah pelaksanaan UTBK 2020 (Sama seperti yang program Sarjana)
Laman resmi UTUL UGM (syarat & ketentuan) : https://bit.ly/314cZpq

UTUL II UGM (Khusus Pilihan D-IV)


Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk Program Diploma IV/Sarjana Terapan UGM dengan menggunakan pola pengolahan hasil Ujian Tulis (UTUL) UGM. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA, atau sederajat, atau paket C tahun 2020, 2019, dan 2018 untuk mengikuti seleksi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan.

“Jadi tidak ada tes di UTUL II ini hanya menggunakan nilai hasil ujian UTUL 1. Otomatis kalian harus ikut UTUL 1 ya”
Kelompok seleksi pilihan terdiri atas 3 (tiga) jenis, yaitu: kelompok ujian Saintek atau Soshum atau Campuran (pilih salah satu).

Jadwal : setelah pelaksanaan UTUL 1
Laman resmi UTUL UGM (syarat & ketentuan) : https://bit.ly/2Obirlh

PBUK SV


Jalur seleksi ini ditujukan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemerintah Daerah (Pemda), institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan daerah. Program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan dengan UGM mensyaratkan perjanjian kerja sama antara mitra dengan UGM.

Pendaftar yang berasal dari luar instansi yang disebutkan di bawah ini tidak akan diverifikasi. Berikut ini adalah daftar instansi yang melakukan perjanjian kerja sama kemitraan dengan UGM di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dibuktikan dengan Nota kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama yang masih berlaku.

Biaya Rp350.000,- (tahun 2019)
Jadwal : Sekitar Mei 2020 nanti
Laman resmi PBUK SV(syarat & ketentuan) : https://bit.ly/37EWxP8

PBUTM SV


Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

  1. Siswa Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah; atau
  2. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan/atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya; dan
  3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;

Mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi ini akan memperoleh beasiswa UKT selama 8 semester dari UGM, apabila memenuhi prestasi yang ditetapkan akan dievaluasi setiap tahun.

Biaya Pendaftaran Rp10.000,-
Jadwal : Sekitar Mei 2020 nanti
Laman resmi PBUTM SV(syarat & ketentuan) : https://bit.ly/3b3wl2O


PBUB SV 


Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai prestasi di bidang olahraga, seni, dan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) sesuai program studi yang dipilih dengan menyertakan sertifikat kejuaraan.

Biaya Rp250.000,- (tahun 2019)
Jadwal :Sekitar Mei 2020 nanti.
Laman resmi PBUB SV(syarat & ketentuan) : https://bit.ly/2uNlU2o

PBSMAK SV


Jalur seleksi ini merupakan seleksi bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA melalui seleksi prestasi akademik sebagai upaya untuk menjaring calon mahasiswa UGM yang memiliki kemampuan akademik, ketrampilan dan kematangan pribadi, yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di Sekolah. 

Siswa yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 50% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat), dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Biaya : Rp250.000,-
Jadwal : Sekitar Mei 2020
Laman resmi PBUB SV(syarat & ketentuan) : https://bit.ly/2RH38TH
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

No comments for "6 Jenis Jalur Masuk Mandiri UGM 2020 - Lanjutan"