Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tuntas Syarat, Ketentuan, Jadwal UTBK-SBMPTN 2020, Baru!


Akhirnya, UTBK-SBMPTN 2020 sudah ada kejelasan mengikuti dikeluarkannya Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT No :11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020. Surat edaran dapat dibaca dibawah ini.


Pengumuman UTBK-SBMPTN 2020

Langsung saja bahas satu persatu ya secara tuntas tentang UTBK - SBMTPN 2020 ini.

Daftar Isi Artikel


Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 
2 s.d 20 Juni 2020 (daftarnya bersamaan)

Pelaksanaan Tes UTBK 2020
5 - 12 Juli 2020 (cuma sekali saja ya)

Pengumuman SBMPTN 2020
25 Juli 2020

Syarat UTBK dan SBMPTN 2020

Syarat Peserta UTBK
  1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020. 
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019. 
  3. Peserta hanya dapat mengikuti maksimal satu kali Tes, dan UTBK dilaksanakan 4 kali sehari.
  4. Membayar biaya UTBK (150.000,00)
Jika anda pelamar KIP Kuliah akan gratis biaya pendaftaran apabila telah memasukkan No. Pendaftaran KIP Kuliah di Akun LTMPT (apabila seleksi sudah dibuka di KIP Kuliah bagi lulusan 2018 dan 2019, untuk lulusan 2020 bisa memasukkan sekarang) 
Tutorial baca di Panduan Memasukkan No. Pendaftaran KIP Kuliah di Akun LTMPT 2020 untuk SNMPTN, UTBK-SBMPTN
Siswa yang lolos SNMPTN tidak boleh mengikuti UTBK dan SBMPTN. Otomatis tertolak oleh sistem.
Materi Ujian UTBK
Materi ujian UTBK tahun 2020 hanya TPS atau Tes Potensial Skolastik SAJA. Subtes materi yang diujikan TPS UTBK ada 4, antara lain :
  1. Subtes Materi Pemahaman umum 
  2. Subtes Materi Pengetahan Kuantitatif
  3. Subtes Materi Penalaran Umum
  4. Subtes Materi Verbal (Memahami Bacaan dan Menulis)
TPS atau Tes Potensi Skolastik adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi yang ada pada diri yang bersangkutan. Dalam tes ini, calon mahasiswa akan diukur pada kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum.

SBMPTN
  1. Telah mengikuti tes UTBK 2020
  2. Siswa yang Lolos SNMPTN tidak boleh daftar SBMPTN
  3. Mendaftar SBMPTN pada menu SBMPTN di akun LTMPT masing-masing.
Pemilihan Jurusan SBMPTN 2020
  1. Siswa memilih jurusan sesuai dengan pilihan dan urutan menjadi prioritas seleksi. Misalnya, pilihan 1 akan diseleksi dahulu, jika tidak lolos di  pilihan 1 maka akan diseleksi pilihan 2. Jika tidak lolos, silakan daftar Jalur Mandiri.
  2. Pilihan harus sesuai dengan syarat jurusan di PTN pilihan. Jika anda anak IPA pilihlah jurusan Saintek dan IPS memilih jurusan Soshum.
  3. Boleh Lintas Minat. Boleh lintas minat asalkan jurusan yang anda pilih menerima dari lintas jurusan. Misalnya anda anak IPA tetapi pengen daftar di Ilmu Ekonomi UGM, maka jika Ilmu Ekonomi UGM menyediakan slot untuk anak IPA maka anda bisa daftar. Jika tidak maka anda tidak bisa mendaftar.
Berarti anak IPS boleh daftar Kedokteran dong min?
Perhatikan poin 3 diatas ya. Jadi, gak sembarangan bisa mengambil lintas. Kedokteran pasti mensyaratkan anak IPA yang boleh daftar, jadi anak IPS ya gak bisa daftar. 
Bagaimana panitia tau kalau saya anak IPA/IPS/dll?
Akun LTMPT kalian sudah terkoneksi dengan data NISN dari Dapodik/Emis jadi tidak bisa kalian tipu ya.

Bagaimana Kita Tau Bisa lintas Jurusan atau Tidak? Baca Cara Mengetahui Suatu Prodi (Jurusan kuliah) bisa lintas jurusan atau tidak beserat mengetahui daya Tampung SBMPTN 2020 dan daya saing jurusan tersebut.

Ketentuan Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2020

  • Siswa hanya bisa mengikuti tes UTBK sebanyak maksimal 1 (satu) kali.
  • Siswa mendaftar UTBK melalui akun LTMPT masing-masing. Jika tidak punya akun baik karena telat atau alasan apapun ya tidak bisa daftar.
  • Peserta membayar Pendaftaran Rp150.000 untuk tes UTBK. Bagi KIP Kuliah gratis.
  • Peserta melakukan pendaftaran SBMPTN 2020 bersamaan dengan mendaftar UTBK 2020.
Jadi, siswa melakukan pendaftaran UTBK dan SBMPTN bersamaan (2 s.d 20 Juni 2020) . Artinya, siswa memilih jurusan dan PTN diawal sebelum tes UTBK dan belum tau nilai UTBKnya berapa. Tidak seperti tahun 2019 lalu dimana siswa daftar SBMPTN setelah tes UTBK, dan siswa sudah tau nilai UTBK-nya.
Ini kembali kayak tahun 2015-2017 dimana, kita harus bisa mengira-ngira kapasitas kita bisa masuk jurusan apa ya dan di PTN mana tanpa tau nilai kita berapa. Hehe, semangat memahami diri anda sendiri.
  • Siswa melaksanakan tes UTBK (pada tanggal 5 - 12 Juli 2020 boleh memilih waktu yang tersedia dan tempat yang ada ya. Bebas!) 
  • Nilai UTBK otomatis langsung dipakai untuk seleksi SBMPTN. Siswa menunggu pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020
Jika lolos lanjut daftar ulang, jika tidak lolos maka silakan mendaftar jalur mandiri. Perhatikan ada PTN yang menggunakan nilai UTBK lo ntuk seleksi mandiri.

Download Soal & Pembahasan Latihan TPS UTBK

Oleh karena itu, supaya peluang untuk lolos besar silakan untuk berlatih banyak soal TPS UTBK ya. Jika tidak punya silakan download berikut : 100+ Soal dan Pembahasan TPS UTBK untuk 2020

Jika ada pertanyaan langsung komentar saja ya, akan kami dibalas secepatnya
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

14 comments for "Penjelasan Tuntas Syarat, Ketentuan, Jadwal UTBK-SBMPTN 2020, Baru!"

  1. Kalo yg smk gimana ya? Saya smk teknik tapi pengen linjur ke fisip,apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan cek jurusan Fisip univ mana di ltmpt.ac.id > SBMPTN > Data PTN. Disana lengkap.

      Delete
    2. Tapi disana cuma ada data peminat sama daya tampungnya aja

      Delete
    3. Silakan baca tutorial berikut untuk mengetahui jurusan/Prodi tujuanmu menerima dari lintas jurusan atau tidak ya Mengetahui Jurusan/Prodi Menerima SMA/SMK/MA Lintas Jurusan Beserta Daya Tampung 2020

      Delete
    4. sebenarnya ga cuma peminat dan daya tampung saja disana, coba tekan prodinya, nanti muncul yang diterima di prodi tersebut sekaligus asalnya (sma/smk/ma) dari tahun ke tahun

      Delete
  2. Kak saya dari SMK farmasi mau linjur ke seni kak, bisa ngak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ikuti langkat diatas ya apakah jursan seni yg km tuju menerima dari SMK atau tidak.

      Delete
  3. Maaf kak, saya mau tanya untuk angkatan 2018/2019 yang KIP untuk Sbmptn kan belum dibuka, sedangkan kemarin sudah harus finalisasi. Lalu bagaimana kak? Apa akan ada info lebih lanjut nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah dibuka silakan nanti input nomor KIP ke akun LTMPT anda. Baca link berikut ya s.id/inputkip

      Delete
  4. Pak, tps yang diujikan bagaimana yaa? Apa sama seperti tahun lalu atau ada yang berubah?

    ReplyDelete
  5. Kak, saya anak ipa pgn linjur misal manajemen UGM, ini kan tes hanya tps, apakah ada prioritas lebih buat anak ips meski dri segi nilai unggul anak ipa di utbk nya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti setiap jurusan ada porsinya masing2. Apalagi manajemen biasanya anak IPA juga banyak yg daftar. Coba kamu cek keketatan persaingan jurusan IPA dan IPS di jurusan manajemen UgM trus kamu prosentasi sendiri kira2 berapa persen sih jurusanku ini menerima dari lintas jurusan? Dr tahun sebelumnya.

      Delete
  6. Kak saya liat di salah satu jurusan saintek di ugm itu ada peminat ips, itu yg ditampilkan dari semua jalur atau hanya sbmptn saja ya? Berarti dari smk atau sma ips lintas minat dari ips ke ipa ambil (saintek) di sbmptn baru daftar di situ?

    ReplyDelete