Mengenal Soal HOTS dan LOTS pada UTBK SBMPTN 2020



UTBK sudah semakin dekat saja kan ya dan harus dipahami bahwa UTBK 2020 nanti hanya dilaksanakan 1 (satu) kali ujian atau Tes UTBK. Jadi harus mempersiapkan semuanya dengan baik dan terencana. Salah satunya yaitu soal-soal HOTS! Apa itu?

Yaps, benar sekali sudah sejak 2019 lalu soal-soal dengan tingkatan tinggi (High Learning Order Thinking Skill) yang diterapkan pada Ujian Nasional dan UTBK 2019 lalu serta akan digunakan juga pada UTBK 2020 nanti. Karena tahun ini tidak ada Ujian Nasional, buat kalian lulusan 2020 harus mulai mengenali soal-soal ini ya.

Sebenarnya bagaimana sih soal-soal ini tu?

Jadi, soal HOTS adalah soal yang memiliki tingkatan berfikiri yang lebih tinggi. Tidak hanya berupa hafalan pengertian ataupun memasukkan angka dalam rumus-rumus dasar saja. Akan tetapi, siswa dituntut untuk berfikiri 2-3 langkah kedepan untuk menjawab soal yang ada.

Pada dasarnya, siswa diharapkan tidak hanya bisa menghafal, memahami dan menerapkan atas ilmu dan rumus yang diajarkan di sekolahan selama proses belajar. Akan tetapi, siswa harus dapat berfikir logis, kritis, menganilis, memprediksi dan mensintesis (tirto.id, 2018).

Untuk memahami lebih mudah perbedaan antara LOTS dan HOTS adalah sebagai berikut ini.

a. Tingkatan Lower Order Thinking Skill (LOTS)
  • Soal biasanya berupa hafalan
  • Memahami soal dan jawabannya ada dipilihan ganda secara jelas (tersurat).
  • Penerapan rumus pada masalah dasar. 
b. Tingkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS)
  • Soal bukan hafalan
  • Memahami, menelaah, dan menjawab dengan jawaban "tersirat". Terkadang jawaban sangat jauh dari bacaan tetapi memiliki isi yang sama.
  • Soal analisis dan mengambil keputusan (memprediksi).
  • Berfikir 2-3 langkah kedepan.
Penerapan HOTS ini diharapkan pendidikan Indonesia semakin baik dan naik peringkat di dunia. Karena pada survei terakhir oleh  Program Penilaian Pelajar Internasional (PISA) Indonesia berada di urutan 10 terkahir dengan pendidikan terendah berada di peringkat 61 dari 70 negara yang disurevi.

Dengan begini, maka soal-soal yang katanya menurut banyak siswa "Kok UTBK 2020 hanya TPS saja" pasti akan lebih berbobot apabila jumlah soal dengan HOTS lebih banyak.

Selain HOTS, UTBK 2020 juga menerapkan Penilaian Item Response Teory (IRT)



Sumber referensi :
Hasan, A. M. 2018. HOTS Idealnya Dipelajari Rutin, Bukan Cuma Bikin Pusing di UNBK.
Febrian, R. 2018. Soal-Soal HOTS yang Bikin Siswa Pusing Itu Penting
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

No comments for "Mengenal Soal HOTS dan LOTS pada UTBK SBMPTN 2020"