Strategi Teknik Skimming dan Scanning untuk TPS UTBK


Ujian masuk perguruan tingg melalui UTBK adalah bukan hanya untuk mengetahui siapa saja yang paling pintar tetapi siapa saja yang mempunyai strategi paling efektif untuk mendapatkan nilai yang tinggi disetiap sub-tes nya. Salah satunya adalah dengan teknik skimming dan scanning.

Pengertian Skimming dan Scanning

Skimming merupakan teknik membaca secara sekilas (jadi membaca tidak secara detail kata perkata) sedangkan scanning adalah teknik memnaca spintas (membaca hanya untuk mencari hal-hal spesifik).

Kunci sebelum skimming dan scanning adalah baca soalnya dahulu minta apa, oke?

Cara Melakukan Teknik Skimming

Skimming biasanya digunakan untuk memahami sebuah tulisan yang berisi beberapa paragraf secara cepat dan dapat mengetahui ide pokok atau inti cerita secara akurat dan tepat.


Perhatikan ilustrasi diatas untuk memahami cara melakukan skimming. Langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Baca judul dan sub judul dari sebuah buku untuk mengetahui ide utama yang dibahas
  2. Bila diperlukan, baca bagian awal dan akhir kalimat dari setiap paragraf (biasanya disinilah penulis memberikan ide pokok paragraf)
  3. Baca dengan teliti paragraf akhir yang biasanya berisi kesimpulan
  4. Perhatikan juga ilustrasi seperti gambar atau foto kalau ada (tujuannya untuk memudahkan memahami isi bacaan lebih detail).
  5. Terkahir, diam sejenak dan rangkailah ide pokok setiap paragraf sehingga menjadi cerita.
Biasanya diperlukan untuk menjawab soal-soal pesan moral cerita, hal yang bisa diambil, dan lainnya.

Cara Melakukan Teknik Scanning

Scanning  biasanya untuk mengetahui hal-hal yang spesifik dari soal. Misalnya adalah kapan waktu perang dunia I pada cerita diatas? dimana kejadiannya? dll.

Hal yang penting dalam scanning adalah perhatikan soalnya dahulu. Setelah itu baru mencari jawaban dan pasti jawaban tersurat dalam bacaan. Misalnya kalau bahasa inggris, "kata he, in ....  refers to .. ?.  Silakan baca saja kalimat sebelum he tersebut. 

Semoga teknik diatas bisa digunakan dalam mempersingkat waktu pengerjaan apalagi Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang kadang ceritanya panjang bahkan kalau dibaca saja lebih dari 2 menit. Padahal per soal saja kita harus mengerjakan sebisanya paling lama 1.75 menit. Mengapa demikian? baca saja penjelasan tentang Strategi Nilai UTBK Tinggi tanpa Bimbel
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

No comments for "Strategi Teknik Skimming dan Scanning untuk TPS UTBK "