Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan TPS, TKA, UTBK dan SBMPTN 2021

Perbedaan UTBK dan SBMPTN - yusufstudi.com

 Artikel ini membahas tentang pengertian UTBK, Pengertian SBMPTN, Apa itu TPS dan TKA serta apa perbedaan keduanya dalam seleksi masuk perguruan tinggi tahun 2021

Jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) banyak ragamnya dan berbeda satu dengan yang lainnya seperti SNMPTN dan SBMPTN yang dilakukan oleh LTMPT serta jalur mandiri yang dilaksanakan secara individu oleh masing-masing kampus.


Nah, sebelum kita membahas lebih jauh khususnya terkait dengan jalur seleksi SBMPTN, kita harus mengenali istilah-istilah atau singkatan yang sering dipakai dalam pelaksanaan nanti. Langsung saja sebagai berikut ini.

Apa Itu SBMPTN

Pengertian SBMPTN

SBMPTN kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yaitu salah satu seleksi masuk perguruan tinggi yang seleksinya menggunakan nilai hasil tes UTBK. Dalam pelaksanaannya, seleksi SBMPTN ini ada 3 pilihan untuk peserta yaitu kelompok Saintek, Kelompok Soshum dan IPC.

Saintek

Peserta digolongkan sebagai kelompok saintek apabila mereka memilih semua pilihan jurusannya adalah kelompok Saintek (rumpun IPA). Misalkan pilihannya sebagai berikut.

  1. S1 Teknik Industri - ITS
  2. S1 Teknologi Industri Pertanian - UGM

Soshum

Peserta digolongkan sebagai kelompok saintek apabila mereka memilih semua pilihan jurusannya adalah kelompok SOSHUM (rumpun IPS). Misalkan contohnya sebagai berikut.

  1. S1 Hukum - UGM
  2. S1 Psikologi - Unair

IPC (Campuran)

Peserta digolongkan sebagai kelompok saintek apabila mereka memilih semua pilihan jurusannya adalah kelompok Saintek dan SOSHUM. Misalkan seperti ini.

  1. S1 Teknik Industri - UGM
  2. S1 Manajemen - UGM
Nah biasanya apabila tesnya ada TKA maka untuk yang campuran harus mengerjakan baik soal saintek maupun soshum. Tetapi tahun 2020 tidak ada TKA sehingga mereka hanya mengerjakan TPS saja.

Apa Itu UTBK

Pengertian UTBK

Berdasarkan informasi yang saya lansir dari website resmi, UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Nah, jadi secara mudahnya adalah UTBK merupakan tes atau ujian yang dilaksanakan oleh panitia LTMPT untuk para siswa yang akan mengikuti seleksi SBMPTN.

Nilai hasil tes UTBK ini nanti yang akan digunakan sebagai seleksi SBMPTN dan yang menentukan kalian lolos tidaknya SBMPTN. 

Perbedaan UTBK dan SBMPTN

Apa bedanya UTBK dan SBMPTN

Kak, apa sih bedanya UTBK dan SBMPTN kalau begitu?

Oke, jangan sampai salah paham ya. Jadi UTBK itu adalah tesnya atau Ujiannya supaya kalian dapat nilai yang dinamakan dengan nilai UTBK. Nah, sedangkan SBMPTN itu nama seleksinya. Jadi nilai yang kalian dapatkan dari tes UTBK itulah yang digunakan untuk menyeleksi kalian di SBMPTN. Nah di SBMPTN inilah kalian ditentukan lolos atau tidak di jurusan yang kamu pilih, dan disini juga kalian memilih jurusan, universitas dan lainnya.

Apa itu TPS

Pengertian TPS UTBK

Pengertian dari TPS (Tes Potensi Skolastik) atau dahulu dinamakan dengan TPA (Tes Potensi Akademik) merupakan tes yang menguji kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum calon mahasiswa.

Tujuan Ujian TPS adalah untuk mengetahui minat dan bakat dari siswa lebih detail dan juga tidak hanya fokus pada penilaian TKA saja. Terkadang mereka yang memang benar-benar bisa dibidang tertentu tetapi tidak bisa bidang lainnya, misalkan ada yang pandai matematika dan fisika tetapi dia tidak pandai Biologi, maka jika hanya melihat nilai TKA saja hal ini tidak fair.

Nah silakan jika ingin untuk Download Soal TPS UTBK 2020 PDF Lengkap Pembahasan

Apa Itu TKA

Pengertian TKA UTBK

Sedangkan Pengertian TKA (Tes Kompetensi Akademik) merupakan ujian untuk mengukur dan menilai dari sisi pengetahuan dalam bidang keilmuan sesuai dengan yang diajarkan selama sekolah dan sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Misalkan saja mereka memilih jurusan yang semuanya dari kelompok Saintek, maka mereka harus bisa mengerjakan dengan nilai yang baik untuk mata pelajaran berikut.

  • Matematika IPA
  • Fisika
  • Biologi
  • dan Kimia
Sedangkan mereka yang dalam memilih jurusan semuanya soshum maka mereka harus fasih dan bisa mengerjakan dengan baik untuk ujian yang materinya terdiri dari mata pelajaran :
  • Sosiologi
  • Sejarah
  • Ekonomi
  • Geografi
  • dan Matematika IPS
Tambahan, buat yang memilih IPC, maka mereka harus mengerjakan TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.

Nah mungkin hanya sekian dulu ya pembahasan dan awalan untuk mengenal tentang SBMPTN dan UTBK supaya kalian tidak kebingungan dan kagok ketika ketemu istilah istila seperti definisi SBMPTN, UTBK, TPS dan TKA. 

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Perbedaan TPS, TKA, UTBK dan SBMPTN 2021"