Cara Cek Ranking Sekolah UTBK 2020

1000 Ranking Sekolah UTBK 2020 - Yusuf Studi

 Artikel ini membahas bagaimana cara cek ranking sekolah UTBK 2020 yaitu sekolah yang masuk dalam ranking 1000 Besar Peringkat Sekolah LTMPT 2020

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT merilis Ranking 1000 sekolah berdasarkan nilai TPS UTBK tahun 2020. Pada tahun 2020 lalu, UTBK dilaksanakan secara istimewa dan berbeda karena ada dua hal, yaitu pada kondisi pandemi yang baru saja masuk di Indonesia dan sedang naik-naiknya serta materi yang diujikan hanya TPS.

Hal inilah yang membuat semua tidak terprediksi sebelumnya. Dari segi panitia harus memikirkan dan memutuskan bagaimana melaksanakan seleksi yang kredible, baik dan minim kecurangan serta harus selalu dapat mencegah penularan Covid-19.

Akhirnya, pada Sabtu, 28 November lalu dilaksanakanlah Seminar online berjudul “Kiat Sukses Masuk Perguruan Tinggi Pilihan dan Pengumuman Peringkat Sekolah berdasarkan Nilai UTBK 2020” yang akan disiarkan juga melalui Youtube dan Instagram LTMPT OFFICIAL ini, banyak sekali hal yang dibahas didalamnya. 

Rumur yang keluar dari hasil seminar ini antara lain seperti pengumuman teknis dan launching LTMPT akan dilaksakan sekitar bulan Januari 2020 (katanya sih 4 Januari 2020) yang pasti akan membahas secara umum tentang SNMPTN, UTBK dan SBMPTN serta akan adanya TKA Soshum dan Saintek pada UTBK 2020 nanti.

Selain itu, panitia juga merilis Rangking Sekolah UTBK 2020, yaitu ada 1000 sekolah terbaik berdasarkan nilai TPS UTBK yang dilaksakan tahun 2020 lalu. Kemudian, bagaimana cara kita cek ranking sekolah UTBK 2020 tersebut, berikut tahapannya.

Akses Website LTMPT

Tahapan pertama adalah kalian bisa mengunjungi laman resmi LTMPT Official di https://www.ltmpt.ac.id, kemudian klik menu "Top 1000 Sekolah" dibagian samping kiri seperti gambar dibawah ini.

ltmpt Ranking Sekolah UTBK 2020 Yusuf Studi

Akses Website Top 1000 Sekolah UTBK 2020

Selain dengan melalui laman atama bisa langusung dengan mengunjungi laman https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/ dan nanti akan masuk pada laman seperti berikut ini.

Laman Utama Cek Ranking Sekolah UTBK 2020 Yusuf Studi

Cek Nama Sekolah

Langkah selanjutnya yaitu silakan kalian langsung mencari cari saja nama dari sekolah kalian ada atau tidak. Selain itu, kalian juga bisa melihat daftar sekolah tertinggi UTBK 2020 berdasarkan tingkatannya (Nasional dan Provinsi), jenis sekolahan (SMA/SMK), dan juga peringkat setiap sub materi tes TPS UTBK 2020 lalu.

1. Pilihan Rerata dan Detail Nilai TPS

rerata nilai TPS UTBK 2020 Yusuf Studi

Dengan menggunakan filter diatas, kalian bisa memilih salah satu apakah ingin menampilkan berdasarkan rerat nilai TPS atau melihat detail Nilai TPS.

2. Mencari Nama Sekolah

Daftar Nama Sekolah Top 1000 Sekolah Nilai UTBK 2020 Yusuf Studi

Misalkan seperti atas, maka akan muncul informasi bawah No. Urut SMAN 1 Geger yang berlokasi di Kab. Madiun, Jawa Timur dengan Jenis sekolah SMA berada pada urutan 732 Nasional dan 110 di Jawa Timur.

3. Detail Nilai Sekolah

detail nilai UTBK sekolah 2020

Kalian bisa klik "more" untuk mendapatkan informasi nilai pada masing-masing sub tes UTBK 2020 lalu. Data yang akan dimunculkan adalah rerata satu sekolaha, nilai tertinggi dan nilai terendah di SMA tersebut. Bahkan, kalian juga bisa melihat urutan sekolah kita secara nasional dan provinsi pada setiap subtesnya.

Misalkan contoh diatas, maka SMA tersebut untuk nilai Kemampuan Kuantitatifnya masuk pada urutan 682 secara nasional dan urutan 101 pada tingkat provinsi.

Metode Penilaian

A. Metode pengukuran untuk 1.000 sekolah tertinggi.

Berikut ini cara atau metode pengukuran untuk 1.000 sekolah tertinggi, sebagai berikut.

  1. SLTA yang diikutkan dalam pengukuran ini adalah, SLTA yang jumlah siswanya mengikuti UTBK tahun 2020 minimal 20 orang. 
  2. Jumlah SLTA yang memenuhi kriteria sebanyak 6.319 sekolah. 
  3. Rerata nilai TPS peserta dihitung berdasarkan rerata dari nilai 4 sub tes, yaitu kemampuan kuantitatif, kemampuan memahami bacaan dan menulis, kemampuan penalaran umum, dan pengetahuan pemahaman umum. 
  4. Rerata nilai TPS Sekolah dihitung berdasarkan rerata nilai TPS dari peserta di sekolah tersebut. SLTA diurutkan berdasarkan rerata nilai TPS dari tertinggi hingga terendah. 
  5. Diambil 1.000 SLTA dengan rerata nilai TPS tertinggi.

B. Metode pengukuran untuk masing-masing sub tes.

  1. Data sekolah yang digunakan adalah sekolah yang memenuhi kriteria. 
  2. Rerata nilai masing-masing subtes dihitung berdasarkan nilai masing-masing sub tes tiap siswa pada sekolah tersebut. 
  3. Sekolah diurutkan berdasarkan rerata nilai masing-masing sub tes dari tertinggi hingga terendah.
Informasi ini dilansir dari website LTMPT Metode Pengukuran Top 1000 Sekolah UTBK 2020

Manfaat masuk 1000 Top Sekolah

Sebenarnya untuk apa sih LTMPT mengeluarkan hasil ranking sekolah UTBK 2020 ini. Ya karena kita tidak diberi tau secara langsung apa kegunaanya tetapi kita dapat menduga bahwa mungkin ada hal penting yang menyangkut adanya perangkingan sekolah berdasarkan nilai UTBK 2020 untuk kebijakan tahun 2021 nanti.

  • Bisa jadi sebagai salah satu penilaian untuk seleksi SNMPTN 2021 nanti. Dengan bisa masuk 1000 maka ada kemungkinan nilai tambah bagi sekolahan tersebut khususnya untuk nilai sekolah pada seleksi SNMPTN.
  • Dapat menjadi alternatif siswa-siswa untuk bertanya pada kakak kelasnya dan juga bisa mengatur startegi dalam pemilihan jurusan yang benar dan peluangnya besar.
  • Sebagai apresiasi kepada sekolah yang sudah baik dalam mempersiapkan anak didiknya untuk masuk perguruan tinggi serta mengajak yang belum masuk perangkingan untuk berbenah dan memperbaiki lebih baik. 
  • Dan pastinya UTBK 2021 tetap murni nilai masing-masing peserta, tidak ada sangkut pautnya dengan rangking sekolah UTBK 2020 ini.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan, terkait dengan manfaat adalah hanya asumsi saya dan menurut saya saja. 

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Cara Cek Ranking Sekolah UTBK 2020"