Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penetapan Siswa Eligible Pada SNMPTN 2021

 

Pemeringkatan dan Siswa Eligible SNMPTN 2021

Artikel ini membahas tentang pemeringkatan SNMPTN dan siapa itu siswa eligible SNMPTN 2021 dan cara menentukan siswa eligible untuk SNMPTN oleh sekolah.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah seleksi masuk PTN yang menggunakan penilaian nilai rapor semester 1-5 serta portofolio siswa sebagai penentu nanti diterima atau tidak. Salah satu rangkaian SNMPTN yaitu pemeringkatan siswa.

Pemeringakatan SNMPTN

Pemeringkatan SNMPTN merupakan salah satu tahap untuk menentukan siapa saja peserta atau siswa yang bisa mendaftarkan diri di SNMPTN dan siapa saja yang tidak bisa. Pemeringkatan ini dipengaruhi oleh banyak hal yaitu faktor sekolah dan faktor dari siswanya sendiri.

Siswa Eligible

Siswa eligible adalah siswa yang memenuhi syarat baik syarat administrasi (telah mengisi PDSS SNMPTN), ingin mengikuti SNMPTN, serta dari segi prestasi dan nilai rapor termasuk terbaik di sekolahannya sehingga dapat mendaftar SNMPTN

Jadi, eligible snmptn adalah siswa yang bisa mendaftar SNMPTN sedangkan yang tidak eligible tidak bisa mengikuti SNMPTN tetapi bisa mengikuti jalur lain seperti UTBK-SBMPTN atau seleksi mandiri.

Syarat Menentukan Siswa Eligible

Berikut ini syarat dan ketentuan sekolah untuk menentukan dan memilih mana siswa yang eligible untuk SNMPTN dan mana yang tidak eligible. Silakan dibaca dan dipahami secara baik ya.

1. Syarat Sekolah

Siswa eligible ini adalah siswa yang MAU mendaftar SNMPTN dan memiliki rekam jejak prestasi yang baik dilihat dari nilai rapor semester 1-5. Nah, ada syarat untuk kuota siswa eligible setiap sekolahnya. Pada SNMPTN 2021 nanti, aturan kuota sebagai berikut.

Kuota Siswa Eligible SNMPTN
  • Sekolah akreditasi A siswa yang diperbolehkan mengikuti seleksi SNMPTN adalah 40 % terbaik di sekolahnya
  • Sekolah akreditasi B adalah 25 % terbaik di sekolahnya
  • Sekolah aakreditasi C dan lainnya adalah 5% terbaik di sekolahnya.

2. Syarat Siswa

a. Siswa Kelas 12

Siswa Kelas 12 - Siswa Eligible Adalah

Syarat pertama menjadi siswa eligible adalah siswa kelas 12 lulusan baru dan memiliki prestasi yang baik (dilihat dari nilai rapor semester 1-5 serta prestasi lainnya). Berdasarkan keputusan pada Sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 nanti, untuk menentukan siswa yang eligible ada kriteria sendiri. 

Berikut ini kriteria dan syarat siswa eligible menurut sosialisasi kemarin.

  1. Seleksi pertama adalah dilakukan perankingan menurut nilai dari mata pelajaran yang digunakan sesuai aturan LTMPT 2021. Mata pelajaran yang digunakan ini dapat dilihat pada gambar dibawah ya.
  2. Kemudian, apabila ada siswa yang nilainya atau rata-rata nilainya sama, maka akan digunakan prestasi untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan nilai lebih.
  3. dan terakhir, akan ditentukan nama-nama siswa yang akan bisa daftar SNMPTN lebih lanjut sesuai kuota yang telah ditetapkan oleh Panita LTMPT 2021 nanti.
syarat siswa eligible snmptn 2021

Nah, jadi penilaian utamanya adalah tetap nilai rapor semester 1 - 5 dan hanya mata pelajaran tertentu saja ya. Biasanya sih nanti sekolah akan membuat penilaian sendiri terkait ini. Bisa jadi sekolah menerapkan penilaian 90% Nilai rapor semester 1-5 dan 10% nilai prestasi (misal lomba, olimpiade, dsb). Penilaian ini nantinya akan sama seluruh Indonesia dan kebijaknnya masih menunggu ya, jadi sabar.

b. Mendaftar PDSS

Telah mendaftar di PDSS SNMPTN dan melakukan verifikasi nilai yang telah diinput oleh pihak sekolah.

c. Mendaftar Akun LTMPT

Walaupun kalian sudah dinyatakan sebagai sebagai siswa eligible, apabila kalian tidak memiliki atau belum mendaftar akun LTMPT ya sama aja kalian gagal dan tidak bisa ikut SNMPTN 2021 nanti. Jadi Perhatikan dan buat pengingat ya kapan jadwalnya.

Jadwal SNMPTN 2021


d. Ingin daftar SNMPTN

Telah memutuskan sejak awal untuk "ingin daftar SNMPTN". Jika sudah tidak ingin, maka pihak sekolah bisa langsung membuang anda sejak awal.

e. Masuk Kuota Sekolah

Kalian termasuk pada siswa terbaik versi sekolah sesuai kuota SNMPTN. Jadi, misalkan ada 100 siswa untuk program IPA di SMA Anda, maka anda harus termasuk 40 orang terbaik versi sekolahan supaya bisa lolos.

Pada tahun 2021 nanti rencananya adalah siapa saja siswa yang eligible, sudah ditentukan oleh Pihak Sekolah. Jadi, silakan tanyakan apa sajak faktor dan syarat supaya siswa bisa dikatakan eligible oleh sekolah. Apakah yang selalu baik nilainya atau yang memiliki piagam olimpiade atau prestasi lainnya.

Proses Cara Penentuan Siswa Eligible SNMPTN 2021

Jika ingin memahami beserta contoh yang jelas terkait bagaimana sih sekolah menentukan siswa eligible SNMPTN sehingga siswa tersebut dapat mendaftar SNMPTN, apa saja indikatornya, serta bagaimana tahapan secara jelas. Silakan baca tentang Memahami Penentuan Siswa Eligible SNMPTN 2021

Oh iya, jangan lupa sebelum mendaftar untuk cek NISN dan Nomor NPSN sekolah kalian ya, kalau masih bingung dan belum tau caranya bisa baca Cara Melihat Nomor NPSN Sekolah Secara Online untuk Daftar akun LTMPT 2021

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Penetapan Siswa Eligible Pada SNMPTN 2021"