Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat, Ketentuan dan Ukuran Pas Foto Akun LTMPT 2021

 Artikel ini membahas lengkap tentang aturan dan syarat pas foto untuk akun LTMPT 2021 uang benar nanti mulai dari ukuran, background, dan lainnya untuk SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021.

Pendaftaran Akun LTMPT 2021 segera dibuka mulai tanggal 4 Januari 2021 nanti. Hal yang sering ditanyakan dan masih saja banyak salah adalah tentang apa persyaratan foto untuk LTMPT yang benar? mulai dari ukuran foto, background foto sampai ukuran foto juga masih banyak yang salah. Jadi, foto ltmpt yang benar menjadi hal penting.

Oleh karena itu, aku akan bahas sedikit saja tentang bagaimana aturan foto untuk akun LTMPT 2021 yang benar ya.


Syarat Pas Foto Akun LTMPT 2021

Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya semuanya dipersiapkan dengan benar dan baik supaya nantinya tidak tergesa-gesa dan malah jadi banyak kesalahan ya. Berikut ini aturan foto untuk akun LTMPT yang benar.

  • Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm (resolusi minimal 200x300px).
  • Rasio aspek 4:6..  
  • Ukuran file minimal 80 KB.
  • File Pas Foto berukuran maksimal 300KB (tidak boleh lebih). 
  • Potrait (vertikal).
  • Badan tegak serta badan dan wajah menghadap lurus ke kamera.
  • Wajah harus terlihat jelas dan tidak ada bagian terpotong.
  • Baju : Pakai pakaian yang digunakan resmi dan rapi (pakai pakaian yang berkerah atau paling aman adalah seragam sekolah, bisa juga batik).
  • Background atau latar belakang foto direkomendasikan sekali berwarna biru atau merah (jika adanya polos putih juga tidak masalah).
  • Untuk yang pakai kerudung, warna bebas dan sebaiknya putih ya biar terlihat bagus (lebih baik lagi apabila kerudung dimasukkan dalam baju sehingga terlihat kerahnya).
  • Intinya adalah wajah terlihat jelas dan yakin itu adalah foto kalian (bukan orang lain ataupun artis korea ya).
Jika pakai kacamata minus, saat foto silakan dilepas dahulu. Jika telanjur tidak masalah yang penting warnanya transaparan dan tidak banyak menutupi bagian wajah/kepala.

Apakah foto ltmpt harus pakai seragam? Tidak. Tidak ada ketentuan yang menjelaskan harus berseragam. Akan tetapi, untuk yang masih SMA silakan pakai seragam sekolah supaya tidak susah dan lebih enak.

Memperkecil Foto LTMPT

Terkadang foto kita ukurannya terlalu besar yang sampai lebih 1 MB dan resolusi sampai ribuan pixel. Bagaimana cara memperkecil ukuran Foto LTMPT ? Tutorial lengkapnya pada Cara Memperkecil Ukuran Foto LTMPT 2021


Contoh Foto LTMPT Benar

Berikut ini contoh untuk contoh foto LTMPT 2021 yang benar dan bisa dicontoh ya.

Contoh Syarat Aturan Foto Akun LTMPT 2021 yang Benar
Contoh foto LTMPT yang benar

Contoh Foto LTMPT Salah

Contoh Syarat Aturan Foto Akun LTMPT 2021 yang Salah

Mengapa foto diatas salah?

Gambar 1.

  1. Foto horizonal (harusnya vertikal/potrait)
  2. Rasio tidak 4x6
  3. Bagian wajah/kepala terpotong
  4. Selfi
  5. Tidak resmi
  6. Memakai kaos
  7. dll 
Gambar 2.

  • Bukan foto sendiri
  • Ukuran bukan 4x6cm
  • Ingat! harus foto sendiri
Gambar 3.
  • Gak perlu dijelaskan lagi kalau ini mah.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

7 comments for "Syarat, Ketentuan dan Ukuran Pas Foto Akun LTMPT 2021"

  1. Kalo foto pake efek kira"gimana ya kak

    ReplyDelete
  2. kak kalo jilbabnya nggak dimasukkan dan namanya tertutup jilbab kira" masih boleh kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh silakan. Sebelum bertanya budayakan melihat contoh gambar diatas ya. Sudah jelas.

      Delete
  3. Kak, kalo misalnya fotonya tidak 4:6 gmna kak? Kan disana udah ata pengezooman, dan kalo fotonya senyum, apa gapapa?😳 ah iya, kalo misalnya fotonya salah, tapi udah terlnjur kesimpan permanen gmna kak?

    ReplyDelete
  4. Kak, aku kan sdh masukin foto terang berlatar merah dan emg sdh sesuai dengan ketentuan tpi pas diunduh buktinya malah foto aku jdi gelep, aku uda tanya sama operator sklh katanya gpp asal wajah aku jelas, tpi ya itu foto aku gelap kak. Gimana?

    ReplyDelete