Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan 5+ Contoh Kegiatan Konsumsi Ekonomi

contoh kegiatan konsumsi ekonomi

Contoh Konsumsi Ekonomi - Dalam kehidupan sehari-hari, tidak mungkin seseorang tidak melakukan kegiatan konsumsi baik untuk dirinya hidup maupun untuk mempertahankan kesehatannya dan kebutuhannya.

Pengertian Kegiatan Konsumsi dalam Ekonomi

1. Rahayu (2019)

Menurut Rahayu (2019), dalam bukunya Pelaku Kegiatan Ekonomi, disana Ia menjelaskan bahwa kegiatan konsumsi merupakan kegiatan menggunakan atau memakai sesuatu baik berupa barang maupun jasa yang dihasulkan oleh produsen yang memproduksi produk tersebut.

2. S. Purwadinata dan R. W. Batilmurik

Menurut mereka, seseorang atau pelaku yang melakukan kegiatan konsumsi adalah pelaku kegiatan konsumsi. Pelaku inilah yang memakai dan menggunakan produk yang diproduksi.

5+ Contoh Kegiatan Konsumsi

1. Makan dan Minum

Salah satu contoh kegiatan konsumsi yang pasti dilakukan oleh semua orang adalah makan dan minum. Mengapa kok dikatakan kegiatan konsumsi? karena kegiatan ini memakai suatu produk yang manfaatnya untuk dapat melangsungkan kehidupan serta akan habis setelah digunakan.

2. Mengenakan Pakaian

Contoh kegiatan konsumsi yang kedua adalah menggunakan sandang, yaitu pakaian. Pakaian bisa dipakai harus diproduksi dahulu baik oleh sebuah pabrik atau bisa menjahit sendiri. Nah, dalam waktu yang lama, nilai pakaian ini akan turun karena sudah usang dan mulai rusak.

Oleh karena itu, pakaian akan habis juga setelah dikonsumsi oleh manusia.

3. Kebersihan

Kebersihan ini terdiri dari dua hal, yaitu kebersihan diri (mandi) dan kebersihan umum (cuci baju, mencuci motor, dan lainnya). Contoh kegiatan konsumsi ini yang paling banyak menghasilkan dampak bagi lingkungan karena hasil dari bekas cucian akan masuk kedalam tanah.

Nah, misalkan sabun. Sabun akan habis secara perlahan-lahan setelah digunakan untuk mencuci ya. Jadi, kebersihan adalah contoh kegiatan konsumsi ekonomi.

4. Listrik, PDAM, Pulsa

Contoh kegiatan konsumsi selanjutnya adalah menggunakan fasilitas digital seperti Listrik, pulsa, paket data internet maupun pulsa. Kegiatan konsumsi ini tidak bisa lepas untuk zaman sekarang karena memang sudah menjadi kebutuhan yang mutlak dan wajib ada.

Terlihat, dahulu apabila ingin sekolah harus datang ke kelas. Sekarang, hanya perlu menggunakan zoom online sudah bisa kelas. Selain itu, belanja tidak harus datang ke toko offline lagi, tapi bisa melalui ecommerce.

5. Bahan Bakar

Kemana-mana main atau perjalan jauh naik kendaraan transportasi? gak mungkin kan sebuah kereta jalan tanpa bahan bakar? nah konsumsi yang satu ini juga salah satu contoh kegiatan konsumsi ekonomi masyarkat.

6. Siswa mencetak kertas menggunakan printer

7. Pasien menggunakan jasa dokter untuk berobat dan menyembuhkan penyakitnya.

8. Orang membeli lampu untuk menerangi rumah di malam hari.

9. Karmila membeli handphone untuk berhubungan secara online.

10. Pak Adi membeli pakan untuk menghidupi hewan peliharaan.

Nah, jadi paham kan contoh kegiatan konsumsi ekonomi yang pasti dilakukan oleh semua orang untuk melangsungkan kehidupannya dan mempertahankan hidup. Kebutuhan manusia itu terbatas tetapi keinginan manusia tak ada batas, jadi pastikan konsumsi yang lamu lakukan untuk kebutuhan dulu diatas keinginan.

Baca materi lainnya di: Materi Pelajaran

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Pengertian dan 5+ Contoh Kegiatan Konsumsi Ekonomi"