Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Terjadi masalah dengan API Pusdatin Kemdikbud LTMPT 2022

Terjadi masalah dengan API Pusdatin Kemdikbud

Saat mendaftar akun LTMPT terjadi masalah dengan muncul tulisan galat "Terjadi masalah dengan API Pusdatin Kemdikbud". Apa yang dimaksud dengan API Pusdatin Kemdikbud dan bagaimana solusinya? Berikut solusinya.

Penjelasan Masalah

Saat awal-awal pembukaan pendaftaran SNMPTN, banyak siswa yang baru mendaftar akun LTMPT begitupun nanti saat mendaftar UTBK SBMPTN, banyak siswa yang mengalami masalah dengan muncul tulisan "Masalah dengan API Pusdatin Kemdikbud" saat melakukan registrasi akun LTMPT. 

Lantas, apa sebenarnya maksud API Pusdatin Kemdikbud?

Jadi,  Application Programming Interface (API) Kemendikbud merupakan sebuah software yang digunakan untuk mengintegrasikan terhadap dua aplikasi untuk dapat terhubung dan saling bertukar data.

Jadi, website LTMPT akan mengambil data-data yang ada didalam kemendikbud yang berisi data siswa secara lengkap dengan ID menggunakan NISN dan NPSN. 

Jadi, pastikan NISN kalian datanya benar ya.

Sementara itu,  galat yang terjadi saat mendaftar akun LTMPT yakni muncul tulisan "Masalah dengan API Pusdatin Kemdikbud" disebabkan server sedang sibuk karena terlalu banyak yang mengakses dalam waktu yang bersamaan sedangkan untuk pengaksesan sendiri server tidak sebesar yang digunakan aplikasi-aplikasi besar di Indonesia.

Solusi Permasalahan Api Pusdatin Kemdikbud

Bagi siswa yang mengalami masalah Api Pusdatin Kemdikbud, silakan untuk mencoba mendaftar terus menerus kalau bisa pada jam-jam yang kira-kira sepi saat mendaftar ya. Biasanya si jam 5 pagi sampai jam 7 pagi, soalnya siswa lain sedang siap-siap ingin sekolah. Jadi, bisa dimanfaatkan jam ini ya.

Dengan mengakses di jam tidak sibuk tersebut, siswa bisa dengan mudah mengakses laman LTMPT tanpa gangguan berarti hingga terhindar dari error API Pusdatin Kemdikbud, sehingga roses pendaftaran akun LTMPT untuk mendaftar SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2022 bisa berjalan lancar.

Pendaftaran akun LTMPT khusus untuk pendaftar SNMPTN masih bisa dilakukan sampai hingga 15 Februari 2022 mendatang. Jadi, jangan terlalu dipikirkan yang penting adalah dicoba ya.

Baca juga

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Solusi Terjadi masalah dengan API Pusdatin Kemdikbud LTMPT 2022"