Kuliah Sampai Semester Berapa? Ternyata Bisa Lebih Cepat

Kuliah sampai semester berapa? Banyak yang masih bingung baik untuk yang kuliah di jenjang D3 atau S1 mengenai lama semester mahasiwa kuliah. Yuk, perhatikan pembahasannya dalam artikel ini siapa tau kamu salah satu yang bisa lulus cepat.

Kuliah Sampai Semester Berapa
Kuliah Sampai Semester Berapa (pexels.com)

Kuliah itu Berapa Semester?

Secara normal, untuk mahasiswa D3 bisa lulus dengan menempuh kuliah 6 semester dan untuk S1 selama 8 semester alias 4 tahun.

Apabila mahasiswa tidak kunjung lulus, biasanya kampus memberikan aturan masing-masing terkait masa studi paling lama bagi mahasiswa. Ada yang maksimal 14 semester (7 tahun) atau ada juga yang 10 semester (5 tahun). Lebih baik ditanyakan pihak akademik masing-masing jurusan atau fakultas ya.

Namun, jika kamu ingin memaksimalkan lebih cepat lagi juga bisa terutama yang S1, yaitu bisa lulus 3.5 tahun. Jadi, jika punya kesempatan lebih, maksimalkan saja ya.

Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu

1. Pahami Aturan Kuliah

Setiap jurusan bahkan dosen memiliki aturan nilai masing-masing. Artinya, setiap dosen memiliki sistem penilaian yang kadang sedikit berbeda. Jadi, untuk bisa memanfaatkan waktu demi lulus kuliah tepat waktu adalah memahami sifat masing-masing dosen dari segi penilaian.

Jika bingung, kamu bisa bertanya pada kakak tingkat menganai dosen-dosen.

2. Target IPK per semester

Punya target IPK per semester sesuai dengan standar minimal untuk bisa mengambil SKS maksimal di setiap semesternya.

Misalnya, untuk bisa mengambil SKS maksimal (24 SKS) maka harus mendapatkan Indeks Prestasi Semester (IPS) sebelumnya 3.51, artinya kamu harus lebih dari 3.51 terus supaya bisa mengambil SKS maksimal.

3. Rencana Studi yang Jelas

Rencana studi yang jelas sejak awal tujuannya supaya kuliah tidak hanya mengejar IPK saja dan lulus tepat waktu, tetapi juga bisa aktif organisasi atau bahkan bisa aktif dalam magang-magang dan kegiatan ekstra kampus (UKM). Sehingga, mahasiswa tidak rugi setelah lulus nantinya.

4. Diskusi dengan Dosen

Selalu diskusi dengan dosen pembimbing akademik (DPA) atau kadang juga disebut dengan dosen wali. Pastikan mendiskusikan setiap mata kuliah yang akan diambil. Tujuannya apa? Supaya bisa tau urutan mata kuliah apa yang sebaiknya diambil dan bisa memaksimalkan nilai.

5. Hindari Nilai Jelek

mengapa harus menghindari nilai jelek? Sebab, jika ada nilai jelek seperti D atau bahak E, kamu diwajibkan untuk memperbaikinya di semester lain. Artinya, kamu mengurangi jatah slot mata kuliah di SKS semester selanjutnya demi untuk mengulang mata kuliah yang dapat nilai jelek.

6. Magang yang Jelas

Kuliah tak hanya untuk memenuhi tugas saja, tetapi juga sebagai wadah untuk bisa mengembangkan skill diri. Salah satuinya dengan magang atau PKL. Pastikan, kamu bisa magang di tempat yang kamu cita-citakan dan relevan dengan topik skripsi. Kenapa? supaya mengirit waktu untuk skripsi nanti.

7. Pikirkan Ingin Skripsi Apa

Terakhir, fokus pada skripsi. Banyak mahasiswa yang telat lulus akibat skripsi yang tidak segera selesai atau bahkan malas mengerjakan skripsi. Jadi, lebih baik lagi kalau antara topik dalam magang bisa dijadikan atau digunakan untuk dikembangkan menjadi skripsi. Bisa menghemat waktu dan memikirkan ide baru lagi.

Nah itulah pembahasan mengenai kuliah sampai semester berapa dan bagaimana supaya bisa lulus tepat waktu  8 semester untuk S1. Semoga bermanfaat dan bagikan jika ini bisa menjadi semangatmu untuk kuliah.

Baca juga artikel terkait kuliah berikut

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Kuliah Sampai Semester Berapa? Ternyata Bisa Lebih Cepat"