Bersyukurlah Kalian Yang Tidak Lolos Pemeringkatan PDSS 2020



Pemeringkatan PDSS SNMPTN 2020 segera akan selesai total pada tanggal 8 Februari 2020 nanti. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman resmi per tanggal 26 Januari 2020, sekolah yang sudah finalisasi sebanyak 909 sekolah sedangkan yang belum finalisasi masih sebanyak 549 sekolah.

Diharapkan sekolah segera mengisikan data PDSS dan untuk finalisasi karena biasanya jika sudah mepet akan susah dikarenakan server down.

Nah, untuk mengetahui siapa saja siswa yang lolos PDSS dan berhak untuk daftar SNMPTN 2020 bisa dibaca pada : Melihat Pemeringkatan PDSS SNMPTN 2020

Bagi siswa yang dinyatakan lolos PDSS dan dapat mengikuti seleksi SNMPTN sebenarnya yaitu saingannya bukan lagi satu sekolaha tetapi se-Indonesia, pendaftaran dilakukan dengan mengunjungi web.snmptn.ac.id . Kuota untuk SNMPTN ini maksimal 30% dari total penerimaan pada PTN tersebut. Ada yang memberikan porsi hanya 20% saja.

Sedangkan siswa yang tidak lolos PDSS menurut saya, kalian harus “bersyukur”. Mengapa demikian, kalian nanti akan tau dari siswa yang mendaftar SNMPTN bahwa bisa dibilang ini merupakan seleksi “Bejo-bejan” atau keberuntungan karen kita sendiri tidak tau penilaiannya secara detil bagaimana.

Hal yang mempengaruhi lolos tidaknya bukan hanya masalah nilai, akreditasi, alumni, dll. Akan tetapi, juga karena persaingan dan wilayah juga. Kadang ada yang tidak lolos SNMPTN padahal di juara 1 paralel terus pada sekolah A akan tetapi dia memilih jurusan yang peminat banyak dan termasuk jurusan tinggi. Jadi, saingannya juga para juara paralel di SMA lain.

Sedangkan ada yang lolos SNMPTN padahal hanya masuk 50 besar ranking saja, tetapi dia memilih walaupun di jurusan yang banyak peminat tetapi grade nya bisa dibilang sedang. Akan tetapi, tak selamanya seperti itu. Jadi, ya untung rugi aja.

Nah, buat yang yang tidak lolos PDSS, kalian menurutku aman karena dengan tidak lolos potensi untuk belajar persiapan UTBK 2020 semakin besar. Kalian sudah bisa mulai start mulai sekarang genjot langsung sampai UTBK yang sekitar tanggal 20-26 April 2020 (atau bisa belajar selama 3 bulan).

Bagi yang lolos PDSS, kadang dipikiran mereka hanyalah “menunggu pengumuman SNMPTN” dahulu sehingga secara tidak langsung mereka sudah menunda untuk belajar dan masih “berharap” untuk lolos. Padahal, harapan itu kan 50:50 kan ya jika tidak ada perhitungan peluang serta nilai harapan hehe.

Ketika sudah pengumuman tiba, eh lah dalah malah gak lolos SNMPTN dan pengumuman SNMPTN itu sekitar tanggal 4 April 2020. Bisa jadi, bagi yang terlalu berharap dan malas mau belajar awalnya. Mereka hanya bisa perisiapa sekitar 20 hari saja lo. Itu juga belum mikir jurusan yang mau dipilih karena sudah gagal di SNMPTN dan faktor lain.

Kalian yang sudah 3 bulan belajar ditambah lagi sudah menentukan jurusan yang untuk SBMPTN jauh-jauh hari bakal lebih mantab dan lebih percaya diri saat UTBK dan ketika SBMPTN sudah matang pilihan jurusannya.

Akan tetapi, UTBK dan SBMPTN tidak hanya tentang daftar dan diterima. Persaingan lebih ketat sehingga perlu adanya strategi. Baca Strategi Memaksimalkan Nilai UTBK kalian dan Bisa Jebol SBMPTN 2020 nanti.

Bukan berarti kalian yang lolos PDSS SNMPTN tidak baik, tetapi akan baik lagi jika kalian belajar mulai sejak sekarang jangan mengharap lebih. Buat yang tidak lolos PDSS, kalian sudah punya 1 tujuan yaitu UTBK SBMPTN atau seleksi lain (kedinasan) dan doa kalian akan lebih mantab.

Bukankan berdoa yang sering dikabulkan karena adanya usaha yang istiomah? Meminta tidak dadakan tetapi sudah sejak lama. Jangan lupa beribadah yang giat dan bangun malam ya.

Jika kalian lolos PDSS dan berkesempatan untuk mendaftar SNMPTN tetapi masih bingung terkait dengan apasih sebenarnya SNMPTN itu, bagaimana seleksinya, serta nilai minimal supaya lolos berapa? silahkan baca FAQ Pertanyaan Seputar SNMPTN 2020

Selain berdoa juga harus belajar lo ya, nih ada sedikit rangkuman untuk beberapa mata pelajaran yang bisa diunduh : Materi Mata Pelajaran SMA
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

4 comments for "Bersyukurlah Kalian Yang Tidak Lolos Pemeringkatan PDSS 2020"

  1. Semangat buat pejuang utbk adik adik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sepertinya sudah Kakak Tingkat nih. Sukses buat adik-adiknya juga ya

      Delete
  2. Nice. Jangan berharap di SNMPTN. percayalah ikut UTBK dan lolos Sbmptn itu rasanya lebih greget dan seperti ada kepuasan tersendiri. Semangat... Kamu ditakdirkan sebagai pejuang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini pasti lolosnya lewat SBM nih. Kuliah dimana sekarang mas?

      Delete

Post a comment