Tutorial Cara Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah untuk SNMPTN 2020


Artikel ini akan membahas tentang pers rilis terbaru Panitia LTMPT tentang KIP Kuliah bagi SNMPTN 2020 memasukkan Nomot Pendaftaran KIP Kuliah untuk SNMPTN 2020

Berdasarkan jadwal yang tertera pada laman KIP Kuliah RI, Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah yaitu 26 Februari 2020 - 31 Oktober 2020. Sedangkan untuk SNMPTN yaitu 02 Maret 2020 - 31 Maret 2020. Tanggal ini digunakan untuk menginput Nomor Pendaftaran KIP Kuliah pada akun SNMPTN 2020 di portal LTMPT bagi yang melamar KIP Kuliah.


Tentang Input No. KIP Kuliah di akun LTMPT


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut :

Pengisian "nomor pendaftaran KIP Kuliah" di portal LTMPT melalui laman resmi LTMPT dengan login menggunakan akun LTMPT kalian di https://portal.ltmpt.ac.id diwajibkan bagi:
  1. Siswa yang sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara mandiri oleh masing-masing siswa pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  2. Siswa yang sudah memiliki akun LTMPT 2020.
  3. Siswa yang sudah mendaftar atau yang akan mendaftar SNMPTN 2020 (karena menunggu Kepemilikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tahun 2020).
Nomor pendaftaran KIP Kuliah ini bisa kalian lihat pada email yang kalian terima sewaktu mendaftar akun KIP Kuliah.

Cara Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT:
  1. Login ke laman https://portal. ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT 2020 kalian ya.
  2. Kemudian pilih menu "Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah"
  3. Terakhir, silakan kalian mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah yang sudah dimiliki.
Pendaftaran SNMPTN 2020 bagi siswa yang telah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan sudah melakukan Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah seperti dijelaskan dalam nomor 1 dan 2 di atas, diatur sebagai berikut. 
  1. Siswa yang telah melakukan finalisasi (cetak kartu) tidak perlu melakukan pendaftaran SNMPTN lagi, karena proses sinkronisasi Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan Data Pendaftar SNMPTN di LTMPT akan dilakukan secara otomatis. 
  2. Siswa yang sudah melakukan pendaftaran sampai dengan memilih program studi dan belum finalisasi, diharuskan melakukan Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2020, pada tanggal 2-31 Maret 2020. 
  3. Siswa yang belum melakukan pendaftaran, disilahkan melakukan Pendaftaran sampai proses Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2020, pada tanggal 2-31 Maret 2020.
Bagi siswa yang yang mendaftarkan diri untuk UTBK-SBMPTN tidak dipungut biaya apabila sebagai pelamar KIP Kuliah. 

Tutorial Cara Memasukkan Nomor Pendaftaran KIP pada akun LTMPT 2020 untuk SNMPTN dan UTBK-SBMPTN



Pertama, silakan login kedalam akun KIP Kuliah di halaman kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan silakan kalian mengisi semua data yang dibutuhkan. Jika sudah mengisi maka akan baru muncul menu "seleksi". 



Kemudina, dikolom seleksi silakan kalian memilih seleksi yang dipilih yang berhubungan dengan akun LTMPT yaitu SNMPTN dan UTBK/SBMPTN. Klik simpan dan akan muncul KAP dan PIN. Silakan untuk "unduh kartu dan formulir KIP"
Jika kalian tidak memilih salah satu seleksi (SNMPTN atau UTBK) dan mendapatkan PIN dan KAP kalian tidak bisa mengisikan No. KIP di LTMPT


Setelah itu, login ke akun portal.ltmpt.ac.id dan akan ditampilkan halaman seperti dibawah ini.


Akan muncul beberapa pilihan yaitu :verval, SNMPTN, dan KIP-K. Nah, jika kalian yang UTBK-SBMPTN akan muncul jika sudah pada waktunya. Kemudian, klik KIP K untuk pengisian Nomor Pendaftaran KIP Kuliah di LTMPT SNMPTN.


Akan ditampilkan seperti diatas. Maka, tugas kalian adalah melakukan input atau mengisi kolom yang ditunjuk untuk diisi dengan nomor pendaftaran KIP kuliah Kalian. Jika sudah klik CARI.
No. Pendaftaran KIP Kuliah ini silakan dicek pada e-mail kalian yang dikirim oleh KIP Kuliah saat pendaftaran KIP Kuliah pas dulu.


Jika sudah maka akan ditampilkan seperti diatas dan kalian tinggal klik bagian yang bewarna hijau yaitu "simpan nomor pendaftaran KIP Kuliah". Jika berhasil maka akan tampil seperti berikut.




Selesai.



Mengapa muncul peringatan Nomor pendaftaran KIP kuliah Tidak ditemukan?

Jika muncul peringatan seperti diatas "Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tidak ditemukan" ada beberapa penyebab, yaitu

  1. Kalian belum menyelesaikan proses pendaftaran dan pengisian data-data yang ada di KIP Kuliah dengan benar.
  2. Kalian belum memilih salah satu seleksi yang berhubungan dengan akun LTMPT (SNMPTN atau UTBK-SBMPTN) sampai mendapatkan KAP dan PIN.
Untuk yang gapyear (lulusan 2018 dan 2019) kalau belum bisa  karena belum ada jadwal KIP Kuliah untuk UTBK-SBMPTN "BELUM DIBUKA". (update terakhir 28/03/2019)


Ingat ya, KIP Kuliah ini adalah pengganti dari Bidikmisi dimana program ini HANYA untuk kalian para siswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu dan berprestasi. Kalau punya mobil ya jangan daftar, hehe.
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

8 comments for "Tutorial Cara Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah untuk SNMPTN 2020"

  1. Belum dibuka ya kak? Aku buka akun ltmpt belum ada menu pengisian no pendftaran kip kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba diatas pukul 12.00 ya semoga sudah bisa

      Delete
  2. Ka saya sudah finalisasi SNMPN dan sudah cetak kartu SNMPTN dengan mencantumkan ni KIP pada saat SMA, tapi saya belum mendaftar KIPK pada saat itu. Kelanjutanya gimana ya apakah saya harus daftar KIPK juga walaupun sudah finalisasi?

    ReplyDelete
  3. Kak kalo daftar bdt itu lama nggk si kak? Kara temen aku pembaruan data bdt itu 6 buln sekali aoa bener kak?

    ReplyDelete
  4. Kak aku kan udh finalisasi snmptn sblum dftar kip-k. Terus pas dftar kip-k di formulir nya tidak ada pilihan prodinya krena gak bisa diisi, itu gmana kak?

    ReplyDelete
  5. nmor KKS dan KIP kuliah itu kan sinkron dapodik. trus klo udah input di dapodik trus sinkron di form pendaftaran kip tapi nmor KKS dan KIP tidak muncul itu kira2 masalahnya di mana mas??

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum kak. Ijin tanya, sebelum kunci data kip k, isian prodi snmptn tidak ada ? Gimana kak solusinya? Padahal sudah terdaftar sebagai peserta snmptn.

    ReplyDelete

Post a Comment