Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cara Isi dan Daftar UTBK SBMPTN 2021



Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2021 dilakukan secara bersama mulai tanggal 15 Maret 2021 pukul 15.00 WIB . Perhatikan penjelasan cara pengisian dan pendaftaran UTBK dan SBMPTN secara lengkap dan tuntas baik jalur reguler maupun KIP Kuliah 2021 (gratis) berikut.

Informasi Umum UTBK SBMPTN

Informasi umum ini yaitu membahas tentang jadwal, syarat dan ketentuan ujian UTBK 2021 serta SBMPTN 2021 dapat dilihat pada laman ltmpt.ac.id

Materi UTBK 2021

Seleksi SBMPTN 2021 yaitu menggunakan nilai UTBK peserta. Materi UTBK 2021 menggunakan nilai TPS (tes potensial skolastik) dan TKA  (Tes Kemampuan Akademik) Soshum dan Saintek.

Materi TPS

  1. Kemampuan Penalaran Umum (PU)
  2. Kemampuan Kuantitatif (PK)
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)
  4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis 
Pada soal TPS UTBK 2021 nanti, ada soal menggunakan Bahasa Inggris. Salah satunya di Kuantitatif beberapa soal.

Alur Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2021

Melengkapi Biodata



Peserta melakukan login pada akun laman SSO portal.ltmpt.ac.id menggunakan kombinasi Email dan Password, kemudian klik menu "UTBK-SBMPTN" seperti pada gambar diatas.

a. Data Pribadi




Kemudian peserta disuruh untuk mengisi data pribadi. Pada data ini, sesuai dengan akun LTMPT kalian dan dapodik ya sehingga tidak dapat untuk diubah. Menu yang dapat diubah, yaitu pas foto, alamat, dan nomor telepon.

  • Pas Foto (yang penting baju rapi dan wajah terlihat jelas, background bebas boleh biru/merah)
  • Alamat (sesuai dengan alamat yang ditinggiali (domisili) sekarang dan sesuai dokumen resmi misalnya KTP atau SIM supaya mudah untuk dipertanggungjawabkan)
Alamat sebaiknya menggunakan domisili sekarang ya. Mengapa demikian? Supaya tidak bermasalah saat memilih pusat UTBK. Karena pemilihan pusat UTBK harus terdekat dengan lokasi tinggal sekarang.
  • Nomor Telepon - wajib diisi (jika tidak punya silakan diisi disamakan dengan No. HP atau Nomor Hp. orang tua)

b. Data Orang Tua/Wali

Kemudian mengisi data wali.  Pada data wali ini silakan mengisi sesuai dengan panduan yang ada pada setiap kolomnya ya (jadi pastikan menggunakan komputer/laptop supaya muncul tulisan yang warna hijau). Hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
  • Nama Ayah : Harus diisi sesuai dengan nama ayah/wali yang terdapat/ tertera pada Ijazah. Jika tidak mempunyai ayah dan wali silakan pada kolom ini ditulis : TIDAK PUNYA AYAH. Jika punya wali dan ditulis di ijazah, silahkan tulis nama wali sesuai ijazah.
  • Nama Ibu : Tulis nama Ibu Kandung sesuai yang ada pada Akta Kelahiran. Wajib!
  • Pekerjaan dan penghasilan ayah/wali : isi dengan kondisi sekarang. Jika ayah sudah meninggal dan punya wali yang menghidupi keluarga diisikan pekerjaan wali walauapun nama yang diatas adalah ayah yang sudah meninggal.
Nama ayah UTBK ini apabila sudah meninggal langsung saja tulis nama lengkap ayah ya. Tidak perlu ditambah Alm. Nanti untuk penghasilan bisa diisi 0. 

c. Kebutuhan Khusus


Mengisi form kebutuhan khusus. Jika tidak mempunyai silakan langsung klik simpan dan selanjutnya.

d. Pemilihan SMTA


Silakan mengisi jurusan/prodi keahlian SMA dengan klik tanda bawah pada kolom tersebut. Jika sudah klik simpan dan klik selanjutnya.
Bagaimana mengisi SMTA ini? SMTA ini sesuai dengan asal kamu dulu saat sekolah. Jika kamu dulu SMA jurusan IPS ya diisi SMA IPS. 

e. Simpan Permanen


Tahap terkahir pengisian Biodata adalah "simpan permanen". Jangan lupa centang dulu pernyataannya dan klik simpan permanen. Perhatian! baca semuanya sebelum simpan. Jika ada data yang salah silakan dbenarkan dahulu ya. Jika data yang salah tidak bisa diganti karena pada "data dapodik" silakan lanjutkan simpan permanen dan lapor pada pusat UTBK.

Memilih Pusat UTBK

a. Pendaftaran UTBK



Tahapan kedua adalah lanjut pada menu "Memilih Pusat UTBK". Pemilihan pusat UTBK disini dilkukan manual oleh peserta. Peserta memilih sendiri lokasi atau tempat untuk melaksanakan tes UTBK seperti pada gambar diatas. Dan klik simpan.
Untuk hari dan sesi, peserta tidak dapat memilih. Nanti akan ditentukan secara otomatis. Hari dan sesi akan diketahui setelah semua pendaftaran selesai dan dapat dilihat di kartu Ujian Peserta UTBK.
 Catatan penting:

  • Bagi peserta reguler silakan membayar biaya sebesar Rp200.000,00 atau Rp300.000,00 melalui bank mitra.
  • Bagi Pelamar KIP Kuliah tidak akan dikenakan biaya (gratis) dengan syarat : telah memasukkan No. Pendaftaran KIP Kuliah pada akun LTMPT.
Tanda terdapat "flag" KIP Kuliah adalah tulisan pada gambar diatas yang bewarna merah akan seperti diatas menjadi bewarna "Hijau" dan berisi No. PENDAFTARAN KIP KULIAH. Jika tidak ada dan ingin sebagai pelamar KIPK silakan masukkan dahulu No. Pendaftaran KIP K- nya : Panduan Memasukkan No. Pend. KIPK
Pastikan bagi pelamar KIP Kuliah muncul seperti diatas (terdaftar)


Setelah itu, maka kalian akan terdaftar KIP Kuliah - UTBK dan tidak membayar UTBK seperti gambar diatas ini.

b. Riwayat UTBK


Setelah itu, maka peserta diharapkan menunggu beberapa saat (5-10 menit) untuk mendapatkan kartu peserta yang dapat diakses pada menu "Riwayat UTBK". Silakan lakukan pembayaran sesuai dengan preferensi masing masing. Silakan untuk pembayaran mengikuti langkah dibawah ini ya.

Prosedur Pembayaran Biaya UTBK 2021

Pembayaran untuk biaya UTBK - SBMPTN tahun 2021 yaitu Rp 200.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) atau Rp300.000,00 pada salah satu Bank mitra : Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.
Pembayaran harus dilakukan dalam waktu 2 x 24 jam setelah keluar Slip Pembayaran, karena itu jangan menggunakan metode pembayaran yang memerlukan waktu lama, seperti RTGS (Real Time Gross Settlement).
Apabila ingin menggunakan metode pembayaran selain teller yaitu dengan menggunakan ATM. 

! Pastikan hanya membayar dengan bank Mitra saja : BNI, BTN dan Mandiri !

c. Status UTBK


Pada kolom atau menu status UTBK berisi tentang apakah pendaftaran sudah dibayar atau belum. Apabila sudah dilakukan pembayaran maka akan muncul status pembayaran "Terbayar" dan akan muncul No. Pendaftaran UTBK yang aktif. Bagi pelamar KIP Kuliah akan otomatis telah terbayar. Tampilan seperti gambar diatas.

Memilih Program Studi


Tahapan ketiga, adalah Memilih Program Studi. Pilihan 1 merupakan prioritas seleksi. Artinya, peserta akan diseleksi dahulu pada pilihan 1, jika tidak lolos baru diseleksi pada pilihan 2. Hal yang harus diperhartikan adalah :
  1. Pemilihan PTN harus memiliki ketentuan ( PTN - PTN) atau (Politeknik - politeknik). Bahkan bisa memilih PTN - Poltek
  2. Boleh lintas jurusan (asalkan muncul dan dapat dipilih pada pilihan).
  3. Boleh IPC (campuran saintek dan soshum)
Apabila kalian tidak dapat memilih jurusan tersebut, artinya jurusan tersebut tidak menerima lintas jurusan SMA. 
Jika sudah klik simpan dna klik selanjutnya.

Pemilihan prodi atau jurusan boleh lintas jurusan ya, asalkan pihak PTN menerima lintas jurusan. Untuk mengetahui apakah jurusan (prodi) pilihan dapat lintas jurusan atau tidak silakan membaca secara lengkap Tutorial Melihat Keketatan Prodi dan Persyaratan SMTA (Lintas Jurusan) SBMPTN 2021

Mengunggah Portofolio


Klik mengunggah portofolio (jika tidak ada maka tidak perlu mengunggah dan lanjuut pada poin konfirmasi dan simpan permanen).

Bagi yang wajib mengunggah portofolio adalah yang memilih jurusan seni dan olahraga. Silakan membaca petunjuk pengisian seperti pada gambar diatas pada akun masing-masing ya. Kemudian perhatikan gambar dibawah ini.


Silakan download dile template yang telah disediakan. Gunakan sebagai acuan dalam memproduksi portofolio masing-masing. Setelah itu, klik "aksi" untuk mengunggah file. Perhatikan terkait dengan format file, ukuran maksimal file serta "nama file/judul file". 
Bisa jadi, karena gak teliti aturan menjadi penyebab ketidak lolosan kalian akibat ceroboh.

Konfirmasi dan Simpan Permanen


Tahap Terakhir adalah "simpan permanen". Kalian akan mendapati tampilan seperti atas sebelum simpan permanen. Pastikan kalian sudah melakukan cek dengan benar terkait dengan Pemilihan jurusan dan portofolio. Jika sudah benar silakan centang pernyataan dan simpan permanen.
Pedaftaran yang sudah disimpan permanen tidak dapat dibuah lagi. Jangan sampai salah klik jurusan ya. Usahakan pendaftaran dilakukan maksimal H-7 hari sebelum penutupan.

Kartu Peserta UTBK - SBMPTN 2021 


Setelah peserta simpan permanen, maka akan muncul menu untuk mencetak file Kartu Peserta. Hal yang harus diperhatikan :
  1. Cetak file kartu peserta dalam kertas HVS Putih A4 atau F4 (bewarna), kalau bisa 3 lembar ya. 2 lembar kamu bawa dan 1 lembar dikasih ke ibuk supaya disimpan.
  2. Bawa saat Ujian UTBK
  3. Disimpan jangan sampai hilang, karena jika lolos "kartu peserta UTBK SBMPTN 2020" adalah syarat untuk daftar ulang.
Selesai.

Pelaksaan UTBK dan Protokol Kesehatan

Karena ujian UTBK dalam kondisi pandemi seperti ini, silakan menggunakan protokol kesehatan yang telah dipersyaratkan sebagai berikut.


Apabila tidak sesuai dengan SOP maka peserta tidak diperbolehkan untuk mengikuti tes UTBK 2020.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

45 comments for "Panduan Lengkap Cara Isi dan Daftar UTBK SBMPTN 2021"

  1. kak mau tanya, kalo yatim tulis nama ayah kayak biasa sama pekerjaan & penghasilan diisi ga bekerja sama penghasilan tidak ada aja? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diisi 0 atau tidak berpenghasilan.

      Delete
    2. Kak, untuk pengisian soal ayah. Saya kan udh ALM, otomatis di kasih tambahan alm (Nama ayah sekian) gitu? Dan untuk pekerjaan bagaimana? Dan untuk penghasilan itu bagaimana untik pengisian di ayah? Apakah pekerjaan di tidak adakan? Dan untuk penghasilan juga sama di tiadakan

      Delete
  2. Kak, mau tanya kalau walinya sekarang ibu, berarti tetap ditulis nama ayah sesuai ijazah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tetap nama ayah. Karena yg diminta nama Ayah.

      Delete
  3. kak, kalo anak yatim isian utk pekerjaan dan penghasilan bagaimana kak? terimakasih

    ReplyDelete
  4. Halo kak, di SKL saya tulisannya nama Ayah tapi ayah sudah almarhum jadinya saya nulis apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan tambahkan keterangan ALM saat mengisi data ayah.

      Delete
  5. Ka, untuk jumlah kakak/ adik harus sesuai KK apa gmn ya? Kalau di KK ada kakak yang sudah berkeluarga dan tidak berada dalam satu KK yang sama harus gmn?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kak, mau tanya, apabila pekerjaan ayah sekarang buruh padahal di ktp karyawan swasta terus pengisiannya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya saat pengisian snm kemarin saya isi sesuai ktp, tapi di kip kuliah saya isi sesuai keaadaan yg sebenarnya. Trus buat sbm ini gmna ya?

      Delete
  8. Kak mau nanya..
    Kalo pas foto nya beda sama yang di masukin di ltmpt, boleh nggak?

    ReplyDelete
  9. Min kalo nama ayah tidak tercantum di ijazah tapi hanya nama ibu dan ayah masih hidup, apakah tetap diisi nama ayah atau malah tidak punya ayah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan tetap isi nama ayah anda yang masih Hidup.

      Delete
  10. Mau nanya kak, kalau orang tua sudah almarhum apakah boleh dituliskan "Nama (Alm.)" Dan untuk pekerjaan diisikan tidak bekerja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan baca artikelnya dengan baik dan dipahami ya. Sudah dijelaskan disana.

      Delete
  11. Kak, kalo misal salah ngisi alamat dan gaji dan udah simpan permanen, bisa diubah ga ya?

    ReplyDelete
  12. Kak, kan saya sudah mengisi data orang tua dan sudah disimpan permanen, tetapi saat di cek kembali datanya kosong itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
  13. Selamat siang, maaf kak saya ingin bertanya bagaimana caranya membatalkan kepesertaan Kip Kuliah di SBMPTN? Terutama status Kip Kuliah saya telah tersinkron untuk UTBk bagaimana cara membatalkannya?

    ReplyDelete
  14. kak kalo ayah sudah meninggal trus penghasilan ayah di tulis 0 gpp kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, jika ayah meninggal silakan isi 0

      Delete
  15. Bingung mengisi penghasilan ibu karena ibu tidak bekerja dan hanya mendapat pensiunan janda, apakah di isi 0 atau penghasilan janda pensiun. Terimakasih atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tidak dapat uang sama sekali bisa diisi 0. Jika masih dapat uang pensiunan bisa diisi lainnya.

      Delete
  16. Saya sudah ikut paman sekitar 9 tahun dan saya terdaftar di KK beliau, sedangkan ayah saya masih ada tapi tidak mengurus saya lagi bagaimana cara mengurusnya ka? Apakah saya mencantumkan penghasilan paman saya

    ReplyDelete
  17. Saya sudah ikut paman sekitar 9 tahun dan saya terdaftar di KK beliau, sedangkan ayah saya masih ada tapi tidak mengurus saya lagi bagaimana cara mengurusnya ka? Apakah saya mencantumkan penghasilan paman saya

    ReplyDelete
  18. Ka, untuk jumlah kakak / adik harus sesuai KK apa gmn ya? Kalau di KK ada kakak yang sudah berkeluarga dan tidak berada dalam satu KK yang sama harus gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sudah nikah dan berkeluarga tidak perlu dimasukkan ya. Karena yang dihitung disini adalah yang menjadi tanggungan orang tua saja.

      Delete
  19. ka maksudnya itu nama ayah sesuai ijazah SMA saya? kebetulan nama ayah di ijazah saya beda satu huruf dengan yg di ktp/kk nya. itu gimana ya ka? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  20. Ka. Mau tanya, kolom nama ayah diisi nama ayah (alm), kolom pendidikan diisi pendidikan ayah, kolom pekerjaan diisi pekerjaan wali. Untuk kolom penghasilan diisi penghasilan ayah(alm) atau wali?

    ReplyDelete
  21. kak aku udah terlanjur simpan permanen,terus baru baca blog kakak ini. mama ku udah meninggal. dan aku tulisin almh di depannya. ngaruh ga ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak ngaruh ngk sih, klo luoa ngisi biodata orang tua, terus sudah di permanen kan.

      Delete
  22. Kak kenapa pada proses pusat utbk itu punya saya itu lama ya kak? Dari malam sampai subuh masih belum bisa

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. jurusan SMTA yang kosong, sedangkan tidak ada kolom untuk mengisi jurusan SMTA. bagaimana itu kaa?

    ReplyDelete
  25. ka mau tanya, jika ayah kandung masih hidup tapi saya ditanggung sama wali saya. isi data penghasilan ayah, penghasilan wali atau ayah kandung?

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. kak mau tanya,kan aku ngisinya tidak punya ayah karena anak yatim,tapikan benarnya tetap nulis nama ayah itu ngaruh nggak kak?

    ReplyDelete
  28. ka mau tanya, jika ayah kandung masih hidup tapi saya ditanggung sama wali saya. isi data penghasilan ayah, penghasilan wali atau ayah kandung?

    ReplyDelete
  29. ka mau tanya, jika ayah kandung masih hidup tapi saya sekarang punya ayah tiri. Isi data penghasilan ayah, penghasilan ayah tiri atau ayah kandung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Syaftiah bener banget, aku juga bingung masalah itu. Kalau menurutku penghasilannya ayah tiri.

      Delete
  30. Ka mau nanya, kan ayah aku udah meninggal terus di kolom pekerjaan ayah/wali itu diisi tidak bekerja atau tetap sesuai pekerjaan ayah aku waktu masih hidup?

    ReplyDelete