Penjelasan Lengkap Cara Isi dan Daftar UTBK SBMPTN 2020

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan secara bersama pada tanggal 2 Juni 2020 nanti. Perhatikan penjelasan cara pengisian dan pendaftaran UTBK dan SBMPTN secara lengkap dan tuntas baik jalur reguler maupun KIP Kuliah 2020 (gratis) berikut.



Informasi Umum UTBK SBMPTN

Informasi umum ini yaitu membahas tentang jadwal, syarat dan ketentuan ujian UTBK 2020 serta SBMPTN 2020. Lebih jelasnya silakan membaca artikel Syarat, Jadwal, dan Ketentuan terbaru UTBK SBMPTN 2020 secara tuntas

Materi UTBK 2020

Seleksi SBMPTN 2020 yaitu menggunakan nilai UTBK peserta. Materi UTBK 2020 hanya TPS (Tes Potensial Skolastik) yang diujikan terdiri dari 4 sub-tes antara lain sebagai berikut:
  1. Kemampuan Penalaran Umum (PU)
  2. Kemampuan Kuantitatif (PK)
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)
  4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis 
Pada soal TPS UTBK 2020 nanti, ada soal menggunakan Bahasa Inggris. Tidak dijelaskan secara spesifik terkait ini. Tahun lalu itu, maksudnya Bahasa Inggris adaah masuk pada PPU. 

Alur Pendaftaran UTBK 

Cara dan prosedur mendaftar UTBK 2020, dijelaskan sebagai berikut.
  1. Peserta melakukan login pada akun laman SSO portal.ltmpt.ac.id menggunakan kombinasi Email dan Password, kemudian klik menu "UTBK"
  2. Peserta memilih pusat UTBK di kota masing-masing, terdapat 74 titik. Untuk mengetahui pusat UTBK silakan kunjungi : https://www.ltmpt.ac.id/?mid=15 dan pilihlah yang terdekat dari kota anda ya, karena untuk mendukung program pemerintah dalam menangangi Covid-19.
  3. Peserta melakukan Pembayaran UTBK sebesar Rp150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) melalui Bank Mitra dan untuk Pelamar KIP Kuliah yang bertanda (flag) akan gratis. Untuk penjelasan Prosedur Pembayaran UTBK akan dibahas pada poin selanjutnya.
  4. Peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran UTBK yang aktif setelah melakukan pembayaran. Jika belum melakukan pembayaran, maka nomor pendaftaran tidak aktif.
Khusus untuk peserta KIP Kuliah, jika dinyatakan gratis maka akan otomatis mendapatkan Nomor Pendaftaran (silakan memilih opsi pendaftaran Tipe - B).

Pendaftaran UTBK 2020 ini terdapat 2 Tipe, yaitu Tipe A (Reguler dan KIP Kuliah Berbayar) dan Tipe B (KIP Kuliah Gratis). Nah, oleh karena itu silakan pahami dulu perbedaan keduanya apalagi untuk yang KIP Kuliah ya di Memahami Prosedur dan Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Tipe A dan Tipe B

Prosedur Pembayaran Biaya UTBK 2020 

Pembayaran untuk biaya UTBK - SBMPTN tahun 2020 yaitu Rp 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) pada salah satu Bank mitra : Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN (silakan gunakan bank yang terdaftar itu saja ya, dan bawa saja uang Rp150.000 kepada teller)

Pembayaran harus dilakukan dalam waktu 2 x 24 jam setelah keluar Slip Pembayaran, karena itu jangan menggunakan metode pembayaran yang memerlukan waktu lama, seperti RTGS (Real Time Gross Settlement).
Apabila ingin menggunakan metode pembayaran selain teller yaitu dengan menggunakan ATM. Untuk panduan pembayaran UTBK SBMPTN 2020 melalui (via) ATM, SMS Banking, Mobile Banking atau Internet Banking silakan baca prosedur berikut ini : ltmpt.ac.id/?mid=14

Alur Pendaftaran SBMPTN

Setelah melakukan pendaftaran UTBK dan menyelesaikan pembayaran UTBK, maka nomor pendafataran akan dianggap aktif dan baru bisa melanjutkan pada pendaftaran SBMPTN. Prosedur pendaftaran SBMPTN sebagai beriku.

  1. Login kembali pada akun SSO LTMPT kalian di portal.ltmpt.ac.id
  2. Memilih Program Studi dan PTN (dibahas lebih lanjut dibawah).
  3. Mengunggah syarat portofolio (jika ada).
  4. Konfirmasi dan simpan permanen.
  5. Unduh kartu Peserta UTBK - SBMPTN 2020 (silakan dicetak dalam ukuran HVS A4 atau F4 dan nanti dibawa saat ujian UTBK serta daftar ulang jika lolos SBMPTN, amiin).

Syarat Pemilihan Jurusan (Prodi) dan PTN

Pemilihan prodi TIDAK BOLEH lintas Anggota PTN SN-SB dan Politeknik. Contoh pemilihan prodi yang benar adalah sebagai berikut.
  • Pilihan Prodi 1 prodi anggota PTN SN-SB dan Pilihan Prodi 2 anggota PTN SN-SB, atau
  • Pilihan prodi 1 Politeknik dan pilihan prodi 2 politeknik.
Perhatikan beberapa hal berikut.
  1. Maksimal prodi yang dipilih adalah 2 prodi pada 1 PTN saja, atau 2 PTN masing-masing 1 prodi.
  2. Urutan pemilihan prodi menjadi prioritas seleksi. Misalnya Prodi 1 PTN X, dan Prodi 2 PTN Y. Maka seleksi akan dilakukan pada Prodi 1 PTN X dahulu, jika tidak lolos maka baru dilempar pada pilihan 2. 
Tips! pilihlah jurusan yang sangat sesuai dengan kalian dan mampu kalian raih. 

Persyaratan SMTA (Lintas Jurusan SBMPTN 2020) 

Pemilihan prodi atau jurusan boleh lintas jurusan ya, asalkan pihak PTN menerima lintas jurusan. Untuk mengetahui apakah jurusan (prodi) pilihan dapat lintas jurusan atau tidak silakan membaca secara lengkap Tutorial Melihat Keketatan Prodi dan Persyaratan SMTA (Lintas Jurusan) SBMPTN 2020


Pelaksaan UTBK dan Protokol Kesehatan

Karena ujian UTBK dalam kondisi pandemi seperti ini, silakan menggunakan protokol kesehatan yang telah dipersyaratkan sebagai berikut.


Apabila tidak sesuai dengan SOP maka peserta tidak diperbolehkan untuk mengikuti tes UTBK 2020.

Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

No comments for "Penjelasan Lengkap Cara Isi dan Daftar UTBK SBMPTN 2020"