Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hindari Ini Saat Tryout (TO) Mandiri, Supaya Nilai UTBK Tinggi


Gambar oleh riauonline.co.id

Selamat datang semuanya! Oke, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana sih cara untuk mendapatkan nilai UTBK yang tinggi dan bisa lolos SBMPTN 2020 nanti. Jika belum baca silakan baca saja ya Strategi Lolos SBMPTN tanpa Bimbel . 

Selain itu, di lain artikel juga sudah dibahas tentang tips dan trik mengerjakan soal-soal tps seperti kuantitatif, kemudian trik membaca skimming dan scanning, dll. Bisa dibaca di blog ini ya.

Nah, hal yang utama dalam mendapatkan nilai UTBK tinggi adalah TRYOUT UTBK. Mengapa sih harus TO dan apa pentingny TO bagi kita? aku disini gak akan bahas detil ya, nanti akan dibahas di twitter lebih lengkapnya silakan follow saja di @meluiyah, disana aku juga banyak membahas tentang tips-tips lebih lengkap karena mudah untuk dibagikan.

  1. Mengetahui kelemahan dirimu
  2. Mengetahui jenis-jenis soal yang akan keluar dan materinya apa saja
  3. Mempersiapkan diri lebih kuat mental
  4. Mengatur waktu, karena soal ada 80 dan rata-rata kecepatan per soal 90 detikan.
  5. Semakin banyak latihan dan menjupai soal yang mirip, maka akan semakin mudah dan kadang menemukan cara cepatnya sendiri.
  6. Sadar diri, dengan hasil nilai TO bisa plotting jurusan yang pas bukan angan-angan yang terlalu tinggi jika hasil TO tidak naik-naik dan kurang bersaing.
Nah, itulah mungkin pentingnya TO bagi pejuang PTN jalur SBMPTN. Mungkin ada yang setuju atau tidak atau bahkan mungkin ada tambahan bisa langsung komentar.

Hal yang jangan dilakukan Saat TO secara mandiri supaya nilai UTBK tinggi

1. Siapkan Soal Tryout Mandiri

Siapkan jenis soal dan jumlah soal yang sangat mirip dengan kondisi aslinya. Soal yang diujikan terdapat total 80 soal, dengan pembagian sebagai berikut dilasir dari zenius.net.
  • Penalaran Umum (14 dalam 2 bacaan dan 6 Penalaran Kuantitatif)
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis (20 soal dalam 3 bacaan)
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum (12 Bahasa Indonesia berdasarkan 3 bacaan dan 8 Bahasa Inggris berdasarkan 2 bacaan)
  • Pengetahuan Kuantitatif (20 soal)
Pastikan soal yang kalian susun adalah belum pernah kalian kerjakan dan random. Biar mudah, coba cari satu teman dekat kalian yang juga pejuang SBMPTN. Nah, nanti suruh temanmu menyusunkan 80 soal tersebut untuk kamu kerjakan. Timbal balik kamu juga harus nyusunin buat temenmu.

2. Waktu Pengerjaan

Waktu pengerjaan harus sesuai dengan kenyataan dilapangan, yaitu bisa melihat proporsi tahun lalu dimana 80 soal dikerjakan dalam waktu 120 menit saja, rata-rata per soal harus selesai kurang dari 90 detik. Nah, untuk lebih detil pembagian waktu masing-masing subest baca saja disini ya : Pembagian Waktu Pengerjaan UTBK agak bawah dalam tabel. Disana juga diberikan perhitungan waktunya.

3. Kondisikan Suasana Pengerjaan


Namanya Tryout artinya adalah uji coba atau simulasi. Menurut KBBI, Simulasi adalah metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya.

Artinya apa? yaps, kondisikan mulai dari ruangan, kemudian waktu, dan sampai perlengkapan yang diperlukan apa saja. Jangan sampai berlebihan karena kita terbatas disana nanti saat tes. Aku kasih contoh:
  • Gunakan alarm dan pasang 120 menit (hanya untuk mengerjakan soal saja).
  • Gunakan laptop atau komputer (jika online) jika offline bisa di print soalnya.
  • Gunakan 2-4 lembar HVS kosong saja untuk coret-coret, apalagi kalau kuatitatif ya kan. Tapi jangan pakai buku tulis, karena dilokasi gak dikasih itu. Hanya boleh kertas kosong yang disediakan panitia.
  • Mengerjakan jangan sambil tiduran dan rebahan apalagi dengerin lagu biar gak stress. Ingat, penjaga UTBK kalian gak nyanyi dikelas, dan suasana biasanya spaneng, haha.
Oh iya, jangan sekali-kali buka catatan/buku selama tryout. Itu namanya belajar bukan simulasi ya. Sebisanya dikerjakan dan jangan mengerjakan apapun setelah waktu selesai.

4.  Penilaian Tryout UTBK 


Karena kalau TO mandiri, tidak bisa menggunakan sistem IRT ya. Kalau mau memahami lebih lanjut dan lengkap supaya gak kaget nantinya bisa baca Sistem IRT UTBK 2020. Nah, kalian disini tidak usah menggunakan itu. Cukup hanya menilai mana yang benar dan mana yang salah saja. Bisa menggunakan persentase ya:
Kemampuan  = (Jumlah soal benar/jumlah total) * 100%
Bisa dijadikan acua. Kemudian, breakdown per sub tes. Misalnya, oh ternyata yang paling banyak salahnya ada di Penalaran Umum bagian aritmatika, atau yang lain.

Nah disinilah sebagai evaluasi untuk memperbaiki diri dimana kekurangan kita ya. 

3. TO UTBK 2020 Online


Karena keterbatasan akan penilaian di Tryout mandiri, maka solusinya adalah mengikuti Tryout online. Banyak sekali yang menyediakan secara gratis maupun berbayar. Bagiku tak masalah itu gratis atau bagaimana, karena biasanya yang gratis cuma gak dikasih tau pembahasan saja, tetapi kalau yang berbayar dikasih tau pembahasan dan trik cepatnya.



Oke, kita asumsikan pakai gratis saja. Karena kita tadi namanya "simulasi" kan ya, jadi disini tujuan TO online adalah untuk mengetahui tingkatan kita sudah sampai mana dan kira-kira dapat nilai berapa.

Setelah beberapa kali maka nanti kalian bisa intropeksi diri kekurangannya dimana, dan apakah bisa lolos ya dijurusan impian ini?
Mungkin itu dulu sih ya, semoga bermanfaat. Oh iya, saat TO UTBK Online pastika mengikuti poin 3 ya tentang "Kondisi Suasana Pengerjaan".  
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Hindari Ini Saat Tryout (TO) Mandiri, Supaya Nilai UTBK Tinggi"