Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berkas yang Harus Dibawa Saat Tes UTBK SBMPTN 2021

Berkas Yang Dibawa Saat UTBK 2021

Artikel ini membahas beberapa hal berikut, berkas atau persyaratan yang harus dibawa saat UTBK 2021 bagi lulusan 2019, 2020 dan 2021 dan tata tertib UTBK 2021


Berikut berkas dan perlengkapan yang harus dibawa peserta pada saat tes UTBK-SBMPTN 2021, antara lain:

Masker

Masker wajib dibawa sendiri oleh peserta sebagai protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus covid-19 selama pelaksanaan UTBK 2021 serta selalu melakukan jaga jarak ketika dilokasi UTBK. Masker ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dibawa saat utbk 2021 paling penting apalagi saat Covid-19 sebagai Protokol Kesehatan.

SKL Asli atau Surat Keterangan Aktif

a. SKL Asli

Bagi lulusan 2021, pasti kebanyakan ijazah yang sah dari sekolah belum keluar, oleh karena itu silakan membawa Surat Keterangan Lulus yang asli, dengan syarat SKL sebagai berikut.
  • Pada SKL tersebut terdapat : Nama siswa, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto siswa terbaru bewarna (3 bulan terakhir).
  • Tanda tangan kepala sekolah
  • Cap atau stempel asli dan basah dari sekolah
Cap asli dan basah artinya adalah langsung distempel basah di sekolahan. Tidak boleh apabila SKL yang sudah ditandatangani dan dicap kemduian file scan diberikan kepada siswa untuk diprint sendiri. TIDAK BOLEH

b.  Surat Keterangan Kelas 12

Bagi siswa lulusan 2021 yang belum ujian sekolah dan belum lulus pastinya tidak akan dapat SKL. Oleh karena itu, bisa dengan menggunakan Surat Keterangan Aktif (SKA). Surat keterangan ini disebut juga Surat Keterangan Kelas 12 ya.

Surat Keterangan Aktif Siswa

Data apa saja yang harus ada dalam Surat Keterangan Aktif atau Surat Keterangan Kelas 121 untuk UTBK 2021 ini?

  • Surat dalam bentuk hardfile bukan softfile
  • Memuat informasi jati diri (Nama lengkap, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN).
  • Foto berwarna terbaru yang bersangkutan (ukuran dan background bebas).
  • Ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah (cap basah).

FC Ijazah Legalisir

FC Ijazah untuk lulusan 2019 dan 2020

Bagi lulusan 2019 dan 2020, karena ijazah sudah keluar 1 tahun atau bahkan 2 tahun yang lalu maka wajib membawa FC Ijazah yang dilegalisir oleh sekolah. Tidak boleh membawa SKL (surat keterangan lulus) ataupun Surat Keterangan Aktif.

Apabila memang tidak mempunyai FC Ijazah yang dilegalisir, boleh kok membawa Ijazah Asli. Dengan syarat adalah menjaga baik-baik ijazah dan jangan sampai hilang dan risiko ditanggung peserta.

Mengapa lulusan 2019 dan 2020 sangat disarankan membawa FC Ijazah legalisir? karena ijazah asli yang sah hanya bisa dicetak satu kali sehingga apabila hilang tidak akan bisa lagi mencetak Ijazah lagi, sehingga disarankan membawa FC Ijazah yang dilegalisir (disahkan sekolah).

Kartu Identitas Diri

Untuk menghindari kecurangan yang akan muncul, maka peserta diharapkan membawa kartu identitas diri yang resmi. Silakan memilih salah satu dari ini dan dibawa yang asli.
  • KTP
  • SIM
  • Paspor
  • Kartu siswa atau Kartu pelajar 
Apabila dari keempatnya tidak punya, silakan membawa Kartu Keluarga.

Kartu peserta UTBK SBMPTN 2021

Persyaratan yang harus dibawa saat UTBK atau berkas terakhir yang dibawa adalah kartu peserta UTBK 2021 yang harus dicetak (hardfile) bukan berupa file di smartphone (softfile), dengan syarat sebagai berikut.
  • Kartu peserta UTBK 2021 dicetak pada kertas HVS putih ukuran A5/A4/F4 (pilih salah satu).
  • Kartu peserta UTBK 2021 dicetak berwarna (bukan hitam putih).
  • Pastikan foto, nama, nomor pendaftaran, dan QR Code UTBK SBMPTN 2021 terlihat dengan jelas karena akan dilakukan pengecekan keaslian peserta dan juga scan QR Code untuk memastikan kebenaran peserta (bukan Joki).
QR Code pada Kartu Peserta UTBK hanya bisa discan oleh aplikasi scan khusus yang dimiliki oleh panitia. Jadi pastikan saja hasil print di kertas terlihat baik jelas, tajam, dan tidak shadow ya.
Saran kami, silakan print 3 kali. 2 Dibawa saat Tes UTBK untuk jaga-jaga apabila dijalan rusak atau hilang, dan 1 lagi disimpan dirumah. Silakan untuk disimpankan ibu ya biar tidak hilang.

Pentingnya kartu peserta UTBK 2021 ini.

  1. Sebagai syarat masuk ruang ujian nanti.
  2. Biasanya nomor peserta UTBK ini akan digunakan untuk melihat pengumuman kelulusan SBMPTN 2021.
  3. Apabila dinyatakan lolos, kartu peserta UTBK 2021 ini akan digunakan sebagai syarat wajib registrasi (daftar) ulang di kampus masing-masing. Jika hilang dan tidak punya, ya bisa jadi diragukan kelulusanmu oleh kampus dan bahkan bisa digagalkan lulusnya.
  4. Sebagai syarat untuk daftar Seleksi Mandiri.

Perlengkapan UTBK SBMPTN 2021

Perlengkapan yang dibawa selain keempat berkas diatas adalah silakan membawa hal-hal kecil berikut untuk jaga-jaga dan keselamatan diri.
  • Alat tulis (pensil, bolpoin, penghapus, dan rautan).
  • Bawa minum, supaya tidak dehidrasi sebelum melaksakan UTBK (tetapi saat pelaksanaan UTBK dilarang minum dan makan).

Syarat Pakaian UTBK 2021

Bagaimana syarat dan ketentuan pakaian yang dipakai saat ujian UTBK 2021 nanti baik bagi laki-laki dan perempuan? silakan baca disini karena sudah dibahas tuntas serta pakaian apa yang tidak boleh dipakai di Ketentuan Pakaian Saat Ujian UTBK 2021

Mungkin itu dulu, jika ada yang dibingungkan silakan langsung bertanya di komentar ya.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

25 comments for "Berkas yang Harus Dibawa Saat Tes UTBK SBMPTN 2021"

  1. kalau fc ijazah legalisiran setahun lalu apa harus legalisir ulang krna legalisiran tahun lalu ad tanggalnya

    ReplyDelete
  2. Min mau nanya, saya lulusan 2019. Ijazah saya pas saya mau ambil di SMA ngga ada min, sampai sekarang masih dicari dari pihak SMAnya dan belum ketemu sampai sekarang, pertanyaanya apakah ijazah boleh diganti dengan SHUN?

    ReplyDelete
  3. Min mau tanya kalau SKL itu sama gak seperti SKHU soalnya pihak sekolah hanya mengeluarkan SKHU saja tetapi identitas siswa lengkap ada fotonya cap basah dan tanda tangan kepsek

    ReplyDelete
  4. Min SKL saya kan berbentuk PDF jadi pas saya print otomatis tanda tangan nya gak basa dong

    ReplyDelete
  5. min kalo utk peserta kip kuliah persyaratannya sama atau neda?

    ReplyDelete
  6. Mau nanya klo gak ada identitas diri boleh gak pake surat keterangan kependudukan

    ReplyDelete
  7. Ka, kalau tempat lahir di KTP dengan di akun ltmpt berbeda itu kira2 ngaruh ga ya?

    ReplyDelete
  8. Kak kalo pas masuk ruang utbk boleh bawa alat tulis sama kertas coret-coret? Atau udah disiapin?

    ReplyDelete
  9. Ka maaf izin bertanya, kalo map untuk dokumen itu map yang kayak gimana ya? Soalnya berita nya simpang siur, ada yang bilang map bening, map coklat sama map biola. Jadi yang benar map yang gimna ya kak? Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Apakah berkas tersebut ditaro di map? Jika ditaro dimap, warna apakah yang harus dipakai?

    ReplyDelete
  11. Min saya mau nanya memang harus ya stempel di SKA harus kena foto sama TDD masalahnya punya saya cuman di TTD aja

    ReplyDelete
  12. Kak kalo untuk pakaian nya bagaimana kak?

    ReplyDelete
  13. Min kan SKA saya fotonya gak kena stampel. Pas saya mau minta dicetakin lagi ternyata gak bisa. Apakag boleh yaa min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah kok gak mau kenapa?

      Delete
    2. Tentang legalisir ijazah apa bener bisa membawa ijazah asli jika tidak mempunyai fc dan itu sumbernya dsrinmana ka terimah kasih

      Delete
    3. Setiap thn memang begitu. Tujuannya gk disarankan bawa asli itu cm menghindari kehilangan. Krn ijazah gk bisa dicetak 2x.

      Delete
  14. Min identitas diri itu kalau bawa Kartu Keluarga aja 2021 masih bisakah?
    Soalnya belum buat KTP dll

    ReplyDelete
  15. Permisi, saya lulusan 2020, kalau skl asli-nya hilang, boleh pake fc ijazah yang sudah dilegalisir saja kan? saya cuma punya fc skl nya saja soalnya.

    ReplyDelete
  16. Jika KTP blm jadi, bisa menggunakan KK ga ? Untuk kartu identitas ?

    ReplyDelete