Berkas dan Dokumen yang Harus Dibawa Saat Tes UTBK SBMPTN 2020


Artikel ini membahas beberapa hal berikut, berkas yang harus dibawa peserta UTBK ketika melaksanakan tes UTBK SBMPTN 2020 bagi lulusan 2018, 2019 dan 2020 dan tata tertib UTBK 2020



Masker

Masker wajib dibawa sendiri oleh peserta sebagai protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus covid-19 selama pelaksanaan UTBK 2020 serta selalu melakukan jaga jarak ketika dilokasi UTBK.

SKL Asli dan/atau FC Ijazah yang dilegalisir

a. SKL Asli atau FC Ijazah legalisir untuk lulusan 2020

Bagi lulusan 2020, pasti kebanyakan ijazah yang sah dari sekolah belum keluar, oleh karena itu silakan membawa Surat Keterangan Lulus yang asli, dengan syarat SKL sebagai berikut.
  • Pada SKL tersebut terdapat : Nama siswa, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto siswa terbaru (3 bulan terakhir).
  • Tanda tangan kepala sekolah
  • Cap atau stempel asli dan basah dari sekolah
Cap asli dan basah artinya adalah langsung distempel basah di sekolahan. Tidak boleh apabila SKL yang sudah ditandatangani dan dicap kemduian file scan diberikan kepada siswa untuk diprint sendiri. TIDAK BOLEH
Waktu masih lama sekitar 15 hari untuk menyiapkan berkas terutama SKL yang harus CAP ASLI dan BASAH. Silakan dikoordinasikan kesekolah bagaimana dan apakah bisa dikirim melalui pos, dll.
  • SKL harus ASLI, bukan SKL legalisir
SKL harus ASLI dan bukan legalisir itu karena SKL hanya berupa surat keterangan dari sekolah sehingga bisa dibuat berkali-kali oleh sekolah selama ijazah asli yang sah belum keluar.
  • Bagi SKL yang tidak ada foto, silakan ditempel sendiri dengan foto resmi hitam putih atau bewarna dengan background bebas dan wajib membawa kartu identitas diri.
  • Jika SKL tidak ada NPSN tidak masalah.
  • Yang wajib ada asalah Nama, NISN, Tanda tangan kepala sekolah dan Cap Basah.
  • Jika ijazah lulusan 2020 sudah keluar, silakan bisa memakai FC Ijazah yang dilegalisir, karena SKL sudah tidak berguna apabila Ijazah asli sudah keluar.
Jika masih bingung dengan masalah SKL lebih detail lagi silakan baca pada QnA Masalah SKL UTBK 2020

b. FC Ijazah untuk lulusan 2018 dan 2019

Bagi lulusan 2018 dan 2019, karena ijazah sudah keluar 1 tahun atau bahkan 2 tahun yang lalu maka wajib membawa FC Ijazah yang dilegalisir oleh sekolah. Tidak boleh membawa SKL (surat keterangan lulus).

Apabila memang tidak mempunyai FC Ijazah yang dilegalisir, boleh kok membawa Ijazah Asli. Dengan syarat adalah menjaga baik-baik ijazah dan jangan sampai hilang dan risiko ditanggung peserta.
Mengapa lulusan 2018 dan 2019 sangat disarankan membawa FC Ijazah legalisir? karena ijazah asli yang sah hanya bisa dicetak satu kali sehingga apabila hilang tidak akan bisa lagi mencetak Ijazah lagi, sehingga disarankan membawa FC Ijazah yang dilegalisir (disahkan sekolah).

Kartu Identitas Diri

Untuk menghindari kecurangan yang akan muncul, maka peserta diharapkan membawa kartu identitas diri yang resmi. Silakan memilih salah satu dari ini dan dibawa yang asli.
  • KTP
  • SIM
  • Paspor
  • Kartu siswa atau Kartu pelajar 
Apabila dari keempatnya tidak punya, silakan membawa Kartu Keluarga.

Kartu peserta UTBK SBMPTN 2020

Berkas terakhir yang dibawa adalah kartu peserta UTBK 2020 yang harus dicetak (hardfile) bukan berupa file di smartphone (softfile), dengan syarat sebagai berikut.
  • Kartu peserta UTBK 2020 dicetak pada kertas HVS putih ukuran A5/A4/F4 (pilih salah satu).
  • Kartu peserta UTBK 2020 dicetak berwarna (bukan hitam putih).
  • Pastikan foto, nama, nomor pendaftaran, dan QR Code UTBK SBMPTN 2020 terlihat dengan jelas karena akan dilakukan pengecekan keaslian peserta dan juga scan QR Code untuk memastikan kebenaran peserta (bukan Joki).
QR Code pada Kartu Peserta UTBK hanya bisa discan oleh aplikasi scan khusus yang dimiliki oleh panitia. Jadi pastikan saja hasil print di kertas terlihat baik jelas, tajam, dan tidak shadow ya.
Saran kami, silakan print 3 kali. 2 Dibawa saat Tes UTBK untuk jaga-jaga apabila dijalan rusak atau hilang, dan 1 lagi disimpan dirumah. Silakan untuk disimpankan ibu ya biar tidak hilang.

Pentingnya kartu peserta UTBK 2020 ini.

  1. Sebagai syarat masuk ruang ujian nanti.
  2. Biasanya nomor peserta UTBK ini akan digunakan untuk melihat pengumuman kelulusan SBMPTN 2020.
  3. Apabila dinyatakan lolos, kartu peserta UTBK 2020 ini akan digunakan sebagai syarat wajib registrasi (daftar) ulang di kampus masing-masing. Jika hilang dan tidak punya, ya bisa jadi diragukan kelulusanmu oleh kampus dan bahkan bisa digagalkan lulusnya.

Perlengkapan

Perlengkapan yang dibawa selain keempat berkas diatas adalah silakan membawa hal-hal kecil berikut untuk jaga-jaga dan keselamatan diri.
  • Alat tulis (pensil, bolpoin, penghapus, dan rautan).
  • Bawa minum, supaya tidak dehidrasi sebelum melaksakan UTBK (tetapi saat pelaksanaan UTBK dilarang minum dan makan).

Cek Link Denah Lokasi UTBK 2020 (74 Pusat UTBK)

Silakan aksess daftar Link Denah UTBK disini

UNDUH Tata Tertib Tes UTBK 2020

Bagi yang ingin unduh atau download file PDF Ketentuan dan Tata Tertib Pelaksanaan UTBK 2020 dapat diunduh disini [unduh]

Mungkin itu dulu, jika ada yang dibingungkan silakan langsung bertanya di komentar ya.
Kenal Penulis :
Admin Jika ada pertanyaan penting silakan follow dan komentar di instagram : @tanyautbk

7 comments for "Berkas dan Dokumen yang Harus Dibawa Saat Tes UTBK SBMPTN 2020"

  1. kalau fc ijazah legalisiran setahun lalu apa harus legalisir ulang krna legalisiran tahun lalu ad tanggalnya

    ReplyDelete
  2. Min mau nanya, saya lulusan 2019. Ijazah saya pas saya mau ambil di SMA ngga ada min, sampai sekarang masih dicari dari pihak SMAnya dan belum ketemu sampai sekarang, pertanyaanya apakah ijazah boleh diganti dengan SHUN?

    ReplyDelete
  3. Min mau tanya kalau SKL itu sama gak seperti SKHU soalnya pihak sekolah hanya mengeluarkan SKHU saja tetapi identitas siswa lengkap ada fotonya cap basah dan tanda tangan kepsek

    ReplyDelete
  4. Min SKL saya kan berbentuk PDF jadi pas saya print otomatis tanda tangan nya gak basa dong

    ReplyDelete
  5. min kalo utk peserta kip kuliah persyaratannya sama atau neda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat tes, berkas yang dibawa sama saja.

      Delete
  6. Mau nanya klo gak ada identitas diri boleh gak pake surat keterangan kependudukan

    ReplyDelete

Post a comment