Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat dan Ketentuan Pakaian Saat Ujian UTBK 2021

Pakaian saat Ujian UTBK 2021

Artikel ini membahas tentang syarat, aturan, dan ketentuan pakaian saat ujian UTBK 2021 ya. Sudah siap dengan ootd UTBK kamu?

Sebentar lagi UTBK 2021 dilaksanakan, yaitu mulai tanggal 12 April 2021. Nah, apa saja sih yang harus dipersiapkan oleh peserta untuk tes UTBK 2021 nanti. Pastinya, kalian juga harus aktif ya dalam mencari informasi.

Untungnya, kalian pas banget baca artikel ini dan semoga bisa memberikan gambaran dan pengetahuan apa saja yang harus dibawa saat UTBK serta syarat pakaian yang dipakai saat ujian UTBK 2021 nanti.

Berkas yang Dibawa Saat UTBK 2021

Apabila membahas berkas apa aja yang wajib dibawa saat tes UTBK, bisa banget baca disini ya. Karena sudah dibahas lengkap dan pastinya secara rinci syarat-syarat data yang harus dipenuhi apa saja. Baca : Berkas yang dibawa saat UTBK 2021

Syarat Pakaian Saat Ujian UTBK 2021

Kemudian, kali ini akan membahas tentang pakaian apa saja yang dianjurkan untuk dipakai dan pastinya ada larangan-larangan untuk pakaian tertentu ya. Perhatikan baik-baik.

Secara umum, aturannya sebagai berikut ini.

Pakaian Laki-Laki

Pakaian untuk laki-laki, bisa memakai:

  • Baju berkerah (kemeja atau kaos polo), bisa baju batik, baju hem, atau sejenisnya.
  • Dilarang memakai kaos oblong.
  • Celana dari kain
  • Celana jeans sebaiknya jangan dipakai (karena terlalu ketat dan kalian harus ujian duduk berjam-jam, kesehatan nomor satu).
  • Jangan pakai celana yang robek-robek.
  • Memakai sepatu tertutup.
  • Tidak Wajib memakai baju atasan putih dan bawahan hitam.
  • Memakai masker

Pakaian Perempuan

Pakaian untuk perempuan, bisa memakai:
  • Sebaiknya rambut diikat supaya tidak menggangu saat mengerjakan ujian.
  • Bagi yang berhijab, gunakan hijab.
  • Kenakan kemeja atau pakaian bekerah (disesuaikan bagi wanita berhijab).
  • Gamis diperbolehkan.
  • Gunakan rok kain (bukan jeans) serta jangan ketat (sesuai dengan norma sopan).
  • Boleh pakai celana asal tidak ketat.
  • Gunakan sepatu yang tertutup (seperti waktu sekolah).
  • Tidak Wajib memakai baju atasan putih dan bawahan hitam.
  • Memakai masker.
Bagi yang berhijab, bisa dicontoh pada gambar paling atas ya di artikel ini.

Pengecekan Sebelum Ujian

Sebelum masuk ke ruangan, pengawas akan mengecek kelengkapan berkas peserta serta melakukan pencocokan data diri dan keaslian peserta. Jadi, pastikan foto yang ada di KTP, di Kartu Peserta dan wajah aslimu tidak jauh2 berbeda dan membuat panitia bingung.

Jangan sampai tidak bisa masuk karena masalah sepele seperti ini ya. Kalian mau ujian UTBK bukan mau fashion show kok. Kalau sehabis ujian mau ke mall atau yang lain, bisa ganti baju sesuai keinginan ya.

Jangan di buat repot, pasti dirumah ada kan baju-baju dengan syarat di atas. Misal, nggak punya celana kain, kan celana sekolah SMA kalian juga kain. Bisa banget tuh dipakai kan.

Sumber foto : untidar.ac.id

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

8 comments for "Syarat dan Ketentuan Pakaian Saat Ujian UTBK 2021"

  1. Pakai seragam sekolah boleh nggak sih?

    ReplyDelete
  2. Pakai kos tangan?
    Kos tangan apa?

    ReplyDelete
  3. Kemejanya dimasukkan atau boleh keluar ya kak

    ReplyDelete
  4. Kalo make sarung tangan,sarung tangan yg sejenis apa ya?Kain atau Sarung tangan medis yang karet itu??

    ReplyDelete
  5. Untuk pakaiannya itu harus di baju masuk atau boleh dikeluarkan ya kak? Semoga dibalas, Terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Rambut laki laki
    Boleh seleher?

    ReplyDelete