Cara Mengetahui Sesi UTBK SBMPTN 2020


Artikel ini berisi tentang bagaimana cara peserta untuk melihat dan mengetahui sesi Tes UTBK SBMPTN 2020 dengan tepat dan benar.

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan bersamaan yaitu mulai tanggal 2 Juni lalu sampai dengan 20 Juni 2020 pukul 22.00 WIB. Pesan dari saya adalah segera untuk menyelesaikan proses pendaftaran dan jangan mepet-mepet, karena jika mendekati akhir biasanya web sering down.
Hati-hati dalam mendaftar karena jika data sudah "disimpan permanen" maka tidak dapat diperbaiki lagi apalagi masalah pemilihan Pusat UTBK (lokasi tes) atau pilihan PTN - Prodi.
Akan tetapi, pada UTBK 2020 ini, peserta hanya bisa menentukan dan memilih lokasi tes saja (PU) dan untuk hari dan sesi UTBK 2020 dilakukan secara random oleh sistem. Kemudian bagaimana jika ingin mengetahui sebenarnya kita dapat hari dan sesi berapa sih untuk Tes UTBK? yuk langsung saja ya.

1. Lakukan pendaftaran

Silakan lakukan pendaftaran UTBK - SBMPTN 2020 di laman portal.ltmpt.ac.id ya. Kemudian pilihlah lokasi tes (pusat UTBK) dimana kalian nanti akan melakukan ujian UTBK. Pastikan memilih lokasi PU yang terdekat dengan domisi atau kalian berada saat ini.
Panduan pendaftaran secara rinci dan lengkap pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 [unduh]

2. Lakukan pembayaran 

Kemudian, kalian setelah memilih pusat UTBK akan mendapatkan slip pembayaran. Nah hal yang HARUS dilakukan adalah kalian harus membayara biaya UTBK dahul sampai statusnya "terbayar" seperti pada gambar dibawah ini.


Jika belum terbayar maka tidak bisa melihat dan mengetahui dari dan sesinya ya.

3. Cek Nomor Peserta UTBK 2020 

Setelah kalian membayar dan melunasi tagihan biaya UTBK 2020, nanti akan mendapatkan nomor peserta UTBK SBMPTN 2020 (nomor ini juga akan tercantum pada kartu peserta UTBK nanti kok). Kemudian perhatikan panduan dari panitia LTMPT terkait penomoran peserta seperti dibawah ini.


Nah panduan diatas menjadi acuan untuk menentukan hari dan sesi UTBK 2020 ya. Perhatikan pada kode diatas ya yang "SS". Nah SS ini adalah Kode Sesi yang terdiri dari nomor 01 sampai 38. Berarti akan ada 38 sesi selama tes pelaksanaan tes UTBK (tanggal 5 - 12 Juli dan sebagian pusat UTBK membuka sampai 14 Juli 2020).

Setelah itu perhatikan Nomor Peserta UTBK 2020 kalian ya seperti dibawah ini.


Nah status diatas dapat dilihat di menu "pemilihan pusat UTBK" ya. Perhatikan nomor yang diberi kotak warna merah diatas (kode SS). Nah disana tertera angak 02. Ingat ya 02. Kemudian lanjut kelangkah  selanjutnya.

4. Melihat Hari dan Sesi UTBK 2020

Nah angka 02 tadi silakan cocokan dengan data dibawah ini. Cari angka 02 dan didapatkan bahwa Hari Tes UTBK adalah Tanggal 5 dan pada Sesi 2.



Contoh lain : Misalnya pada kode SS tadi berisi angka 15, maka hari tes UTBK pada tanggal 8 dan sesi 3. Begitu seterusnya.

Kemudian, melihat sesi 1, 2 3 dan 4 itu pelaksanaanya jam berapa aja sih. Yuk perhatikan daftar berikut resmi dari LTMPT 2020 ya. Jadi misal dapat sesi I berarti pelaksanaan pukul 07.00 - 9.15 WIB/WIT/WITA.


Untuk gambar yang jelas untuk melihat jam mulai dan selesai setiap sesinya bisa klik link berikut : Jam Sesi

5. Cek Kartu Peserta UTBK 2020

Nah, ada cara jitu dan pasti untuk mengetahui Hari, Tanggal, dan sesi kalian tes UTBK 2020. Yaitu, dengan melihat di Kartu Peserta UTBK 2020 kalian ya setelah simpan permananen. hehe.


Jangan lupa perhatikan beberapa hal berikut terkait berkas yang wajib dibawa saat pelaksanaan Tes UTBK 2020 nanti supaya dapat masuk ruangan dan tidak ditolak oleh penjaga ruangan : Berkas Dibawa Saat UTBK 2020

Apakah wajib membawa masker, sarung tangan dan faceshield saat tes UTBK 2020? silakan baca Prokotol kesehatan UTBK 2020

Update artikel terakhir pada tanggal 10 Juni 2020.
Kenal Penulis :
Admin Jika ada pertanyaan penting silakan follow dan komentar di instagram : @tanyautbk

No comments for "Cara Mengetahui Sesi UTBK SBMPTN 2020"