Protokol Kesehatan UTBK 2020 yang Wajib Dibawa dan Ditaati


Setelah adanya perubahan terkait dengan pelaksanaan UTBK 2020, berikut ini alat atau protokol yang wajib dibawa dan diperhatikan oleh peserta saat pelaksanaan Tes UTBK nanti.



Berdasarkan konferensi pers Panitia LTMPT 2020 terkait dengan Pelaksanaan UTBK saat Pandemi Covid-19 dan New Normal, ada beberapa hal terkait protokol kesehatan yang perlu diperhatikan. Hal ini tujuan utamanya adalah untuk menjaga kesehatan para peserta supaya tetap aman dan terhindar dari sebaran covid serta pelaksanaan UTBK tetap fair dan dilakukan secara tes bukan rapor.


Ketentuan Peserta UTBK

Perhatikan beberapa hal berikut ini ya merujuk pada gambar diatas yang merupakan PPT saat live tanggal 24 Juni 2020 kemarin.

  1. Hanya peserta yang SEHAT dan bebas dari covid-19 yang diperkanan masuk ruangan dan mengikuti UTBK.
  2. Peserta DIANJURKAN untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan UTBK (sedangkan untuk yang ujian tanggal 5 Juli, silakan sementara ini sampai nanti pelaksanaan untuk menghindari bepergian jauh ya).
  3. Sebelum berangkat, peserta diharuskan dalam kondisi bersih dengan cara sudah mandi dan cucui rambut dan menjaga kebersihan.
  4. Menyiapkan berbagai dokumen atau berkas dokumen yang diperlukan agar sampai pada tujuan dan melaksanaan ujian (baca : Berkas yang dibawa saat UTBK 2020)
  5. Peserta tidak diperkenankan MAMPIR (liburan) ke tempat lain selain tempat ujian UTBK.
  6. Pengantar harus menurunkan peserta di Drop Zone dan tidak diperkenankan menunggu peserta di dalam kampus.
  7. Tidak berinteraksi dengan peserta lain.
  8. Mengikuti protokol kesehatan mulai dari pengukuran suhu, cuci tangan, pakai masker dan faceshield, serta sarung tangan.

QnA Protokol Kesehatan

Dari hal yang sudah dijelaskan di live panitia LTMPT, banyak juga pertanyaan yang muncul seperti beberapa hal berikut. Silakan perhatikan ya.


1. Apakah Surat Sehat atau Surat Keterangan Bebas Covid wajib dibawa?
Hal ini sangat tergantung pada masing-masing lokasi UTBK, bisa jadi untuk Pusat UTBK yang berada pada zona hijau tidak perlu membawa surat sehat/bebas covid ini, akan tetapi bisa jadi untuk wilayah yang zona merah dan kalian dari luar kota butuh surat sehat ini. Oleh karena itu silakan ditanyakan langsung kepada Pusat UTBK kalian masing-masing ya.
2. Apakah saat pelaksanaan UTBK wajib memakai masker, sarung tangan dan faceshield?
Hal yang diwajibkan bagi peserta yang utama adalah Memakai MASKER. Sedangkan sarung tangan dan faceshield sifatnya adalah optional. Akan tetapi, hal ini tergantung lagi pada ketentuan masing-masing Pusat UTBK. Silakan ditanyakan langsung ya apakah wajib/tidak untuk membawa faceshield. Pastinya, kalau di wilayah zona hitam wajib memakai ketiga hal tersebut.

Jadi wajib tidaknya ditentukan oleh Pusat UTBK masing-masing ya. Tidak sama satu wilayah dengan wilayah lain karena tingkat zona dan kebijakan masing-masing wilayah.
3. Mengapa sih kebijakan tentang protokol kesehatan beda-beda tiap Pusat UTBK?
Karena kondisi masing-masing wilayah yang tau ya pihak wilayah tersebut sehingga panitia umum pusat LTMPT tidak bisa menyamaratakan protokol kesehatan. Oleh karena itu, silakan dipantau atau langsung ditanyakan kepada Pusat UTBK kalian karena Pusat UTBK wilayah yang bersangkutan akan berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 masing-masing wilayah yang digunakan sebagai lokasi tempat ujian.
4. Mengapa kok ribet amat, peserta harus bawa ini itu?
Hal ini demi kebaikan bersama, demi kesehatan dan keadilan dalam tes. Mencegah lebih baik daripada mengobati.
Jika ada pertanyaan lagi silakan komentar ya, hanya terkait tentang masalah protokol kesehatan. Untuk masalah QnA UTBK silakan dibaca pada QnA Masalah UTBK 2020

Cara Menghubungi Pusat UTBK

Jika bingung bagaimana cara menghubungi Pusat UTBK, berikut ini bisa diikuti caranya ya.

  • Silakan akses laman Daftar Kontak (email dan No. telepon) Pusat UTBK 2020
  • Kemudian silakan cari pusat UTBK kalian dan langsung hubungi mereka melalui email atau No. teleponnya.
  • Jika susah dihubungi dicoba juga menghubungi sosial media PTN yang ditunjuk sebagai pusat UTBK bisa melalaui instagram, telegram, twitter, dan whatsapp. Karena masing-masing PTN punya caranya msing-masing ya.
  • Jika ingin cepat dibalas selalu budayakan berkomentar dahulu sebelum DM. Jika saat mengirim pesan silakan perkenalkan diri, asal SMA, pusat UTBK dimana, dan pesan yang ingin disampaikan (dibuka dan ditutup dengan salam).
  • Jika ingin menemukan nomor telepon dan whatsapp selain yang tertera pada laman LTMPT bisa langsung kunjungi laman penerimaan masing-masing kampus. Misalnya seperti um.ugm.ac.id, smup.unpad.ac.id, ppmb.unair.ac.id, spmb.untirta.ac.id/ dll. Ingat "website penerimaan" bukan website utama seperti ugm.ac.id, unpad.ac.id, unair.ac.id, dll.
  • Setelah itu, scroll dan paling bawah biasanya ada kontak email, no. telepon, dan no. whatsapp, atau bahkan ada telegram untuk beberapa universitas. So, kalian harus kreatif ya mencari kontak resmi masing-masing Pusat UTBK.
  • Hubungi hanya saat jam kerja dan usahakan perkenalkan diri ya dan diawali salam juga.
  • selesai.
Kenal Penulis :
Admin Jika ada pertanyaan penting silakan follow dan komentar di instagram : @tanyautbk

1 comment for "Protokol Kesehatan UTBK 2020 yang Wajib Dibawa dan Ditaati"

Post a comment