Cara Daftar PIP SD SMP dan SMA Online 2021

Lengkap Cara Daftar KIP SD SMP dan SMA Online 2020

Artikel ini membahas tentang cara mengurus kip online atau cara lengkap daftar KIP PIP SD SMP SMA/SMK sederajat secara online 2021

Pengertian dan Tujuan

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar).

Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.


Syarat & Berkas

  1. Mempunyai Kartu Keluarga (KK)
  2. Mempunyai Akta Kelahiran
  3. Terdaftar aktif di sekolah
  4. Rapor siswa
  5. Keluarga Penerima Kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) atau BSM dari sekolah
Jika siswa tidak mempunyai KKS, bisa menggunakan SKTM dari desa setempat yang menyatakan bahwa atas nama siswa yang bersangkutan berasal dari keluarga yang kurang mampu (miskin).

Prosedur Pendaftaran KIP 2021

  1. Siswa mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) milik orangtua ke lembaga pendidikan terdekat (dinas pendidikan atau departemen agama setempat untuk MTs/MA) atau lebih mudahnya bisa juga melapor ke sekolah tempat siswa tersebut sekolah.
  2. Jika tidak memiliki Kartu KKS, orangtuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran (sebaiknya dari kelurahan/desa langsung saja).
  3. Sekolah akan mendata dan mengusulkan pendaftar KIP ke Dinas Pendidikan/Kementerian Agama kabupaten/kota setempat.
  4. Dinas pendidikan atau Kementerian Agama kabupaten/kota mengirim data/rekapitulasi pengajuan calon penerima KIP ke Kemendikbud/Kemenag.
  5. Nantinya, sekolah akan mendaftarkan calon peserta KIP ke aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sekolah yang berada dalam naungan Kemendikbud wajib memasukan data calon penerima KIP dalam dapodik.
  6. Kemendikbud/Kemenag akan mengirimkan KIP kepada calon penerima KIP yang lolos seleksi. 

Dana Penerima KIP

  • Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun; 
  • Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun; 
  • Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.
Detil jumlah untuk kelas akhir di setiap jenjang dapat dibaca di Petunjuk pelaksanaan PIP Kemendikbud Tahun 2016.

Catatan : Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Kewajiban Penerima 

  • Menyimpan dan menjaga KIP dengan baik;
  • PIP merupakan bantuan pendidikan. Dana Manfaatnya harus digunakan untuk keperluan yang relevan;
  • Terus belajar dan bersekolah (tidak putus sekolah) dengan rajin, disiplin dan tekun.

Setalah semua berkas diberikan kepada sekolah, maka sekolah akan melakukan pengajuan kepada sistem Dapodik Sekolah. Bagi yang bingung bagaimana caranya mengajukan penerima PIP atau KIP untuk SD, SMP, dan SMA melalui dapodik dapat mengikuti tutorial berikut.

Cara Cek Daftar Penerima PIP 2021

Apabila sudah mengajukan ke sekolah dan juga sudah diajukan sekolah melalui dapodik (seperti langkah selanjutnya) untuk mengecek apakah siswa terdaftar sebagai penerima PIP atau tidak bisa mengikuti tutorial lengkap di Cara Cek Daftar Siswa Penerima Bantuan PIP SD SMP SMA 2021

Cara Mengajukan Bantuan PIP di Dapodik 2021

1.  Masuk ke Dapodik

Pertama, silakan pihak operator sekolah (BK/TU yang ditugasi sekolah) untuk login ke aplikasi dapodik terbaru versi 2020 (versi 2021a)

2. Cari Nama Siswa

Cara daftar pip kip SD SMP Online 2020


Langkahnya adalah, silakan anda klik peserta, kemudian cari nama siswa yang akan diajukan menerima PIP dan klik namanya. Kemudian, klik "ubah" untuk ubah data pengajuan atau perubahan.

3. Pengajuan PIP atau KIP

Setalah itu, maka akan diarahkan pada tampilan seperti dibawah ini.

Cara daftar pip kip sd online

Setalah itu, silakan gulirkan (scroll) sampai bawah sampai ketemu tampilan seperti diatas. Nantinya, anda disuruh untuk mengisi beberapa pilihan antara lain sebagai beriku.

  1. Penerima PKH/KKS (apakah siswa/keluarga penerima PHK/KKS ? jika iya maka pilih iya dan jika tidak pilih tidak sesuaikan dengan kondisi yang ada).
  2. Apakah punya KIP (apakah siswa yang bersangkutan punya KIP, jika punya klik iya dan tidak punya klik tidak).
  3. Apakah peserta diajukan layak diajukan PIP? (nah diisini lah untuk mengajukan siswa. Jika memang layak diajukan maka diajukan saja walaupun tidak memiliki KIP atau PKH/KKS tidak masalah).

Ada pertanyaan bagaimana cara mendapatkan kip tanpa KPS ? 

Apabila tidak memiliki KIP/PKH/KKS, nanti akan muncul alasan layak PIP, silakan diisi dengan dari keluarga tidak mampu secara ekonomi, atau alasan lain sesuai kondisi.

Langkah terkahir adalah simpan

4. Update Data Kesejahteraan

Cara daftar pip online 2020

Langkah terkahir lagi, bagi yang tadi saat mengisi langkah ketiga mempunyai KIP, PKH, atau Kartu KKS. Maka silakan di update di dengan memilih menu "Kesejateraan".

Nanti silakan diisi nomor KIP, PKH atau KKS nya disana ya. Apabila ingin lebih detail bisa baca di Cara update data KIP dan KKS di dapodik 2021

Tutorial ini semua sama untuk jenjang SD, SMP dan SMA/SMK sederajat yang dibawah Kemendikbud (Dapodik). Untuk yang dibawah Kemenag, pengajuan dilakukan melalui sistem EMIS.

Semoga bermanfaat, terima kasih dan bagikan juga ke grup operator sekolah di kabupaten/kota anda ya. 

Apabila memang dari sekolah sangat lambat mengurusi, silakan langsung datang ke Dinas Pendidikan Terdekat Anda dengan membawa Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) Orang Tua dan apabila tidak punya silakan membawa SKTM dari desa diserahkan ke Dinas Pendidikan Terdekat dengan bilang "Mendaftar PIP untuk Jenjang  (SD/SMP/SMA).

Penting masalah NISN

Pastikan NISN siswa memiliki data yang benar, jika salah silakan dibenarkan ya. Minta bantuan Pihak sekolah. Jika ingin melihat, baca Tutorial dan Cara Melihat NISN secara Online SD SMP SMA/SMK 2021

Sumber Informasi

Sumber informasi resmi terkait Kartu Indonesia Pintar silakan baca https://indonesiapintar.kemdikbud.go.id/
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

80 comments for "Cara Daftar PIP SD SMP dan SMA Online 2021"

  1. Comment Author Avatar
    anak saya punya kartu KIP mulai TK tapi tidak pernah cair
    1. Comment Author Avatar
      Silakan ditanyakan sekolahnya dan bawa buktinya ke sekolah ya, siapa tau dapat tetapi dipakai anaknya. Kalau memang dapat tetapi tidak diberikan silakan laporkan ke dinas pendidikan setempat. Terima kasih.
    2. Comment Author Avatar
      Ini saya mau tanya kenapa pip anak saya kemarin gk kluar ya padahal teman2 nya pada kluar ,makasih ,tolong saya perlu membelikan anak sesuatu ,
  2. Comment Author Avatar
    Anak saya dapat kartu kip tp g pernah dapat bantuan
    1. Comment Author Avatar
      Silakan ditanyakan sekolahnya dan bawa buktinya ke sekolah ya, siapa tau dapat tetapi dipakai anaknya. Kalau memang dapat tetapi tidak diberikan silakan laporkan ke dinas pendidikan setempat. Terima kasih.
    2. Comment Author Avatar
      pak saya mau daftarkan kip anak saya , gmn caranya
  3. Comment Author Avatar
    ada anak kk saya dia tidak punya KIP tolong donk pak..kasihan cuma ibunya aja yg cari uang cuma kerja borongn suaminya gk ada
  4. Comment Author Avatar
    Bang gimana saya dapat kartu pip,mama saya tidak anggota PKH,saya sudah 7 thn sekolah belum pernah dapat kartu pip,keluarga saya orang susah.bang tolong saya dong bang.
  5. Comment Author Avatar
    Rizky Gabriel Orlando sekolah di smp negeri 39 di jalan Seroja kulim
  6. Comment Author Avatar
    bagaimana cara ny saya mengajukan pip /kip untuk ank saya biar ank saya bisa lanjut sekolh ke kelas2 SMA tolong kami untuk mendapatkan kip/pip biar ank saya gk putus sekolah
    1. Comment Author Avatar
      Itu sudah jelas sekali ya, untuk mengajukan silakan diajukan ke sekolah masing-masing. Supaya sekolah juga perhatian, silakan bapak/ibu orang tua sendiri datang ke sekolah untuk minta diajukan pip pelajarnya (sesuai kondisi ekonomi). Karena akses pengajuan dari sekolah ya.
    2. Comment Author Avatar
      Maaf cara buat nya bagai Mana ? Masih bingung
  7. Comment Author Avatar
    Sudah pernah saya coba semuanya tidak keluar, pada hal kehidupan saya susa.gimana cara daftarkan supaya anak saya dapat bantuan dari pemerintah pusat.
    1. Comment Author Avatar
      Saya malah nanya ke sekolah drinphak sekolah cuma bilang ga bisa ngajuin hrus dri pemerintah.
  8. Comment Author Avatar
    nama : Zakaria Daffa
    saya sekolah smp negeri di kota surabaya. Dan gimana cara supaya bisa dapat KIP agar bisa sampai kuliah, karna orang tua saya kurang mampu. Makanya saya minta petunjuk agar bisa dapat KIP biar bisa membantu orang tua saya dalam biaya sekolah untuk menunjang pendidikan dan cita2 saya dalam pendidikan.
  9. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum maaf pak,bu anak saya atas nama adi Setiawan dari sekolah sd sampai smp tp gk pernah dapat bantuan sekolah knpa yah?
  10. Comment Author Avatar
    Bagaimana cara daftar online mendapatkan KIP
  11. Comment Author Avatar
    Anak sy ada 4 org, satu terpaksa putus kuliah, yg kedua kls 3 sma, ketiga smp kls 3, keempat kls 3 sd, sy bingung bayar uang sklhnya, sedangkan km memiliki kks.mohon petunjuknya, agar pendidikan anak2 sy bs berjalan lancar.terima ksh
  12. Comment Author Avatar
    Sy ud pernah ngajuin kip dr kls.4 tp blm jg keluar ank sy ud kls.2smp gmn caranya ya pa/bu
  13. Comment Author Avatar
    Sy pnya kks,trus sy mngajukn utk mmbuat kip.tp pihak sklh hnya mmberikn surat keterangan tidak mampu,ktanya hrs ke klurahan,kewalikota ngurusnya.
    Buknnya klo kita mngajukn kesklh,nnti pihak sklh yg akn mndaftrkn kedapodik ya?
    Mohon penjelasannya
  14. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum nama saya yulisnaini saya sudah mengajukan ke sekolah untuk anak saya Fitriani Dzulhijjah yang sekolah di SMK pelita tapi sampai sekarang belum ada juga kartu KIP kasihan kalau anak saya putus sekolah karna bapak ya sudah tidak bekerja lagi apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan kartu KIP untuk anak saya kedinasan mana saya harus Ngajukan ya minta jawaban ya terima kasih sekarang saya tinggal di cinangneng kecamatan Tenjolaya
    1. Comment Author Avatar
      Coba silakan tanyakan ke pihak sekolah ya Bu, bagaimana progres pengajuannya. Karena yang mengajukan dan mengetahui statusnya adalah pihak sekolah.
  15. Comment Author Avatar
    Maaf buk anak saya ma saya gk pernah dapet bantuan apapun dari pip,pkh maupun bansos sedang kan saya tidak bisa kerja karna baru sembuh dari pexakit saraf kejepit
    1. Comment Author Avatar
      Kalau masalah PKH dan Bansos silakan tanyakan ke pihak desa ya. Bukan wewenang sekolah. Apabila ingin mengajukan PIP silakan ke sekolah langsung.

      Ingat setelah mengajukan belum tentu langsung seketika diterima dan butuh waktu ya..
  16. Comment Author Avatar
    cara daftar pip pintar kasih link nya
  17. Comment Author Avatar
    anak saya pernah sekali mendapat PIP.ambilnya di di bank.tapi sekarang di cek log namanya sudah tidak terdaftar lagi.gamana iti
    1. Comment Author Avatar
      Bisa jadi memang siswa tersebut hanya mendapatkan satu kali penyaluran dana KIP dan ditahun selanjutnya tidak dapat. Silakan baca saja cara cek siswa penerima PIP ya.
  18. Comment Author Avatar
    Ank saya pernah dapet pop dari sekolah SMP kls,9 dapet surat dari sekolah,harus ambil di bank BRI ,kelanjutannya sekrang bagaimna ya pak sekrang kls 10 apa masih bisa dapet klo saya lang sung bang BRI nya

    1. Comment Author Avatar
      Silakan dicek dahulu di website pip apakah sekarang menerima/tida ya. Link sudah ada di artikel ini.
  19. Comment Author Avatar
    Anak sya skrng kelas 9 dlu sewaktu SD dapat kartu KIP tp blum sya aktivasi krna saya bawa kesekolah SD nya harus pilih kjp/KIP sya pilih kjp...ap skrng kartu itu masih bisa di aktivasi pak.mohon infonya.trimaksih
  20. Comment Author Avatar
    anak saya gak pernh dpt bantuan apa pun di sklh padahal saya orang susah, pip gak pkh gak gimana biar ank saya dpt bantuan setidaknya cukup untuk beli perlengkapan sekolah....
  21. Comment Author Avatar
    Bisakah anak sy mendaftar KIP tanpa melalui operator sekolah bagaimana caranya ...terimakasih
  22. Comment Author Avatar
  23. Comment Author Avatar
    Sya punya anak sekolah dri kelas 1 SD sampai sekarang kelas 4 SD,belum pernah dpt bantuan apa pun.gmn caranya
    1. Comment Author Avatar
      Silakan dibaca baik-baik prosedur diatas ya untuk bisa mengusulkan bantuan PIP. Perlu waktu dan belum tentu pasti dapat bantuan beasiswa tsb.
  24. Comment Author Avatar
    Bagaimana cara daftar PIP atau KIP, saya orang tidak mampu,dan anak saya sudah tidak ada ayah nya lg,namun kami tidak pernah mendapat kan bantuan apa pun.dari pemerintah,mohon bantuannya,
    1. Comment Author Avatar
      Silakan melapor ke sekolah untuk meminta pengajuan bantuan PIP ya. Silakan bertanya lebih jelasnya pada sekolah karena yang mengajukan adalah pihak sekolah yang bersangkutan dg siswanya.
  25. Comment Author Avatar
  26. Comment Author Avatar
    Adik saya SD punya kip tapi nggak pernah dapet dari pihak sekolah, udah ngurus juga ke sekolah tapi nggak dapet2 malahan adik saya udah kelas 6 sekarang.. Dan yang dpet beasiswa kip malah orang2 yang berada semua dan masih memiliki ortu yg lengkap, sedangkan adik saya hanya memiliki 1 ortu yg harus menafkahi kqmu
  27. Comment Author Avatar
    Ank sy d SD udh prnh dpt pip tp knp bs Angus ya,ap Krn ank d SMP ,Krn d SD telat kah tau k Sy..buku rekening udh ad tp ga bs d cairkn Krn udh d trik k pusat jd Sy hrus lapor kmn ya pa..ap sy harus daftar pop k SMP are gmn..soaly sy ga krj pa .syg ah kalo ga cair..spy bs cair kmbli gmn ya pa...mohon info'y
  28. Comment Author Avatar
    Kalau saya ada kis dari pemerintah tapi cuman kis aja apa ngak di data lagi sama aparat desanya malahan yg udah punya rumah sendiri dapat bantuan semua sedangkan rumah aja numpang tapi ngak pernah terima bantuan
  29. Comment Author Avatar
    Saya sudah berkali-kali Tanya ke sekolah,jg sudah daftar Dr sekolah pengajuan kip/pip..mlah pihak sekolah hilang lo itu data lgsung Dr pusat,sekolah gk bisa mendaftarkanx.pihak sekolah Hy isa menerima kip yg Dr pusat itu...trs bagaimana...
  30. Comment Author Avatar
    Gimana cara ya mendaftar pip sya blm pernah dapat. Mohon info y
  31. Comment Author Avatar
    Sy g punya kartu apa2 apalgi bantuan dll blm prnah ,kip kata sekolah udh sering diajukan tp smpi skrng blm ada apa2,gmn yatx
  32. Comment Author Avatar
    sukar memsukan data calon peserta baru secara Online
  33. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum Mas Yusuf..
    maaf sy mau tnya...sebenarnya dana PIP keluarnya tiap brp bulan?? dan bagaimana cara ceknya lewat HP...
    Anak sy dpt PIP tp baru sekali aja.. aja....dan tdk dpt kartu ATM...
    Mohon penjelasan dan Panduannya...trimakasih,🙏🏻🙏🏻
  34. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak mau tanya kalau daftarnya langsung ke dinas pendidikan berarti nggk perlu lagi daftar ke sekolah ya kak?
  35. Comment Author Avatar
    Dan cara daftar ke dinas pendidikan nya itu cuma nyerahin syarat dan berkas nya aja ya kak?
  36. Comment Author Avatar
  37. Comment Author Avatar
    Anak saya sudah mendaftar ke pihak sekolah dan sekolah sudah mengajukan ke dinas kabupaten . Tapi yg dapet KIP malah orangtua nya yg bener2 mampu. Anak yg bapak nya TNI dapet.. yg ayah nya PNS dapet.. sedangkan anak saya yg tidak punya ayah ga dapet. Protes ke pihak sekolah jawaban dan alasannya tidak jelas. Siapa tau ada info harus ngajuin kemana.. apa pengajuan ke dinas pendidikan langsung secara pribadi bisa? Apa tetap harus ada rekomendasi dari pihak sekolah lagi?
  38. Comment Author Avatar
    Assalamu alaikum saya dulu sempat mengurus surat keringanan biaya k sekolah swasta dekat rumah utk msk SMP tp d tolak krn alasannya swasta milik yayasan ank kami sekrang mau msk SMA seumpama mau ngurus lewat onlain apa bs mohon petunjuknya trmksh.
  39. Comment Author Avatar
    Cara daftr KIP gimna untuk sekrng?
  40. Comment Author Avatar
    Ke2anak kami SD dan SMP tidak pernah dapat bantuan,padahal ayahnya punya kekurangan (disabilitas)
  41. Comment Author Avatar
    Anak saya sudah didaftar pihak sekolah untuk calon KIP. Tp sampai sekarang belom dpt. Entah apa kendalanya kami tdk tau. Mau tak mau anak saya yg msh duduk di kelas 3 sd dan kelas 6 jadi bekerja membantu mamanya yg sendiri saya memperjuangkan. Apakah memang anak kami tak layak dpt KIP ya?
  42. Comment Author Avatar
    Mau tanya anak saya dela Puspita Sari udh pernah dapatk skrng ga dpt lagi tolong infonya...

    1. Comment Author Avatar
      Gmna caranya supaya anak saya mendapatkan kartu kop nanyuan sekolah mksh.
  43. Comment Author Avatar
    Gmna caranya supaya anak saya mndptkan KIP lgi trima kasih.
  44. Comment Author Avatar
    Klrga saya tdk pernah dpt bantuan apapun dri pemerintah,anak saya 3 ,paling kecil baru mau 7 thn, jika dibandingkan sama mereka yg dpt bantuan PKH dsb,,,saya jauh perekonomianny,,, kami cm buruh tani di desa,,,
  45. Comment Author Avatar
    anak saya sudah pernah dapat sewaktu di kelas VI dan dapat panggilan dr pihak sekolah dari SD untuk pencairan di kelas VII dan saya dan anak saya sudah mendapatkan buku rekening BRI utk dana KIP tahun 2019...setelah itu saya ajukan ke pihak sekolah melalui wali kelasnya utk dilanjutkan tapi hingga saat ini setiap saat saya tanyakan selalu di jawab sedang diajukan....apakah saya bisa mengurusnya atau menanyakan ke bank BRI langsung
  46. Comment Author Avatar
    Adek sayak adalah keluarga miskin trus yatim kenapa tidak ada KIP atau bantuan apapun ya..
    1. Comment Author Avatar
      Bisa ditanyakan kepada pihak sekolah, karena sekolah yang mengajukan. Selain itu, pihak desa juga berhak mengajukan KKS supaya keluarga mendapat bantuan tersebut.
  47. Comment Author Avatar
    Anak sy sekolah SDN 5 kalimulya depok belum dapat kartu kip.tolong dibantu.mksh
  48. Comment Author Avatar
    Anak saya dari kelas 1 sd sampai skarang kelas 5 sd di SD Bencongan 6 ,perum 2 karawaci Tangerang, tidak mendapatkan kartu kip,padahah uda 2 x ngumpulin kk ,jadi orang tua siswa harus bagai mana.
  49. Comment Author Avatar
    Mohon maaf bantuannya saya punya anak 2,yang kecil masih duduk di bangku kelas 2 SD belum pernah dapat bantuan..yang kedua kakaknya duduk dibangku kelas 1 SMP.dari kelas sekolahan dasar dapat bantuan..sekarang duduk dibangku SMP belum dapat bantuan..dari pihak sekolahan punya rekening pelajar aja jadi gk dapat kip nya.. gimana ya masih bisa dapat apa ngga ya
  50. Comment Author Avatar
    Saya siswi SMPN 2 KEDOKAN BUNDER,Sudah mengajukan SKTM ke pihak sekolahan,untuk mendapatkan KIP/PIP tapi prosesnya lama bgt,padahal kan saya butuh bangettt buat lanjut ke SMA😭😭ya Allah..😭
  51. Comment Author Avatar
    Saya dan teman saya sudah mengajukan SKTM ke pihak sekolah kami sampai 2 kali, karna kita berdua butuh KIP banget buat lanjut sekolahan ke jenjang SMA nanti bulan juli:), karna orang tua kita ngga mampu buat bayar biaya sekolah nya😭Semoga pihak pengurus KIP melihat komenan saya dan kali aja dipilih atas Nabila Monica dan Nur Aisyah siswa SMPN 2 KEDOKAN BUNDER, Indramayu,Jawa Barat. Aamiin🥺🤲Bantu Doakan kami berdua supaya bisa terpilih dalam seleksi nya ya teman🙂dan semoga yg ikut mendoakan kami berdua pun bisa terpilih juga....Aamiin😊🤲🤲
  52. Comment Author Avatar
    Selamat malam, buat kita semua. Soal prosedur PIP sendiri memang sudah bagus. Dimana pengajuannya lewat sekolah. Namun yang kurang disini.. bagaimana orang tua siswa/walinya tau, kalau pihak sekolahnya benar-benar sudah mengajukan PIP....??. Hal ini yang kita lihat justru mereka yang memiliki kartu PKH dan sejenisnya. Yang secara fisik orang tua atau penerima PKH masih bisa bekerja dan menafkahi kebutuhan keluarganya. Sementara bagi orang tua siswanya yang secara fisik karena cacat, pendapatannya kurang dari Rp. 1.000.000, hanya karena kerja sebagai guru/pegawai honorer, honorer swasta, atau sebagai petani, dll. Justru ini tidak diperhatikan oleh petugas baik di sekolah, atau di lembaga perekrutan penerima PKH dan sejenisnya. Untuk itu saran saya, mohon perlu ada perbaikan data ke tingkat desa, RT/RW karena mereka tau betul apakah KK ini layak atau tidak bila dibandingkan dengan KK yang lain, sehingga hal ini dapat mencegah adanya manipulasi data, dan kesenjangan dan kecembuan sosial di masyarakat, Pa. Maaf ini bila hal ini kurang berkenan. Tapi tolong Pa. Instrumennya dapat ditinjau kembali atau setidaknya disetujui oleh RT/RW setempat. Baru dicairkan. Trimakasi
    1. Comment Author Avatar
      Betul banget seolah2 yang diperhatikan cuma penerima program pkh saja..... Dan bisa mudah dapat pip.. Sedangkan yang kurag mampu banyak.. Gak diperhatikan..yang pkh bantuan tumpok undong
  53. Comment Author Avatar
    Bermanfaat sekali.. terima kasih banyak 🙏🏻 sangat membantu 👍
  54. Comment Author Avatar
    Pak mau tanya anak saya pernah dapat KIP di SD tapi kartu KIP nya tidak di kasih sampai sekarang
    Kasih sarannya pak🙏🙏🙏🙏
  55. Comment Author Avatar
    Pak BLH mintak tolong nih punya ank saya udh 4 kali GK dapat" mohon bantuan nya pak
  56. Comment Author Avatar
    Tempo haro anak saya oleh pihak sekolahnya sdn gadel II/577 surabaya diminta suruh mengurus surat keterangan miskin dari dinsos.setelah kami dapatkan surat keterangan miskin daro dinsos dan kami serahkan ke sekolah.tetapi sampai sekarang belum ada kabar hasil tindak lanjut sama sekali dari pihak sekolahan sdn gadel II/577 surabaya.mengenai hal ini juga sudah kami tanyakan ke pihak dinpendik kota surabaya,jawabannya disuruh ke pihak tu sekolahan untuk memasukan aplikasi data dapodik.kami sudah ke sekolahan.tetapi sampai saat ini tetap belum ada hasil tindaklanjutnya.mohon bantuannya
  57. Comment Author Avatar
  58. Comment Author Avatar
    Pak gimn cara agar anak saya dapat kartu kip,ditanya disekolah, sekolah tak tahu caranya,terus gmn pak,masak anak saya yg orang tuanya satu yg mencari nafkah tak dapat bantuan sama sekali,bisa2nanti kedua anak saya putus sekolah,tolonglah pak diperhatikan anak2 yg sangat membutuhkan bantuan agar mereka dapat pendidikan yg layak gitu.makasih klu bapak mau menjawabnya.
  59. Comment Author Avatar
    Maaf mau tanya saya mau mengajukan anak saya agar dapat KIP lewat sekolah ko gk bisa ya.,, ktannya harus punya KKS dulu sedangkan dari pihak desa pengajuan kks selalu diabaikan gimana solusinya..
    1. Comment Author Avatar
      Bukannya bisa minta SKTM yahh... soalnya jika tidak punya KKS/PKH bisa minta SKTM
  60. Comment Author Avatar
    Wktu itu Adik saya juga putus sekola thn 2016 karna tdk dapat bantuan sama sekali padahal yatim piatu sejak masih sd , dan akhirnya diusia 14thn harus mncari nafkah sendiri untuk kehidupannya..
    ..sekarang yg saya khawatirkan pendidikan anak saya yg baru masuk sd ini , tidak punya kartu2 dari pemerintah sedangkan orang tua cuma kerja serabutan jika ada,
    Buat makan sehari2 saja alhamdulilah
  61. Comment Author Avatar
    Permisi kak, ini saya sudah pernah mengajukan disekolahan tapi kok bilangnya engga bisaa😭pdhl persyaratan sudah komplit
  62. Comment Author Avatar
    Permisi kak. Anak saya Ghina Shodro kelas 2 MIS Pekalongan Pindahan dari SD Islam Albadar Jakarta Pusat. Apakah bisa mengajukan KIP ditempat sekolah yg baru. Karena kami orangtuanya masih berKTP Jakarta. Dulu dia penerima KJP dan ibunya juga penerima KKS.
  63. Comment Author Avatar
    Saya mau daftar KIP td SM berdomisi dikarawang dan anak sy bersekolah dikarawang apakah bs daftar lewat hp contoh seperti kartu rakerja begitu dan klu bs kasih linknya

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.