Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Siswa Penerima PIP SD SMP SMA secara Online 2020

Cara Cek Siswa Penerima PIP SD SMP SMA secara Online 2020

 Artikel ini akan membahas secara detail dan lengkap bagaimana cara melihat atau cek siswa penerima PIP SD SMP dan SMA/SMK sederajat secara online dengan NISN 2020

Dilansir dari https://indonesiapintar.kemdikbud.go.id/ Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6 - 21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah. PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) 

Bagaimana cara mengetahui atau cek siapa saja daftar siswa yang menerima bantuan PIP baik pada tingkat SD SMP maupun SMA/SMK tahun 2020 ini?

1. Akses https://pip.kemdikbud.go.id/index/ceknisn

Cara cek siapa saja yang memperoleh bantaun PIP sangatlah mudah dan bisa diakses oleh siapa saja. Pertama, silakan siswa atau orang tua untuk mengakses laman berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/index/ceknisn kemudian akan muncul tampilan seperti poin 2 (selanjutnya).

2. Isi Data

Silakan isi data sesuai yang diperlukan dan diminta oleh sistem yang dapat dilihat pada tampilan dibawah ini.

Cek siswa penerima pip 2020



Silakan masukkan data sebagai berikut :

  • NISN : Isi NISN siswa secara lengkap sesuai yang didaftarkan di dapodik oleh sekolah.
  • Tanggal Lahir : Isi dengan format Tahun Lahir/Bulan Lahir/Tanggal Lahir (misalkan lahir 1 januari 2000 maka diisi 2000/01/01)
  • Nama Ibu Kandung : Tulis nama lengkap Ibu Kandung

Setelah itu klik "Cek Data"

3. Cek Status Penerimaan

Setelah klik cek data, maka akan muncul informasi yang menandakan peserta sebagai penerima PIP atau tidak ya. Untuk lebih mudah memahami bisa cek dibawah ini.

Cek siswa penerima pip 2020

Gambar apabila siswa bukan penerima bantuan PIP


Cek siswa penerima kip 2020

Gambar siswa sebagai penerima bantuan PIP

Tahun penyaluran 2018, berarti pernah mendapatkan bantuan PIP tahun 2018. Bisa jadi pada tahun 2020 ini tidak mendapatkan lagi atau tetap bisa berlanjut ya. Untuk informasi masih mendapatkan atau tidak bisa tanyakan pihak sekolah lebih tau. Seharusnya sih tetap dapat.

Semoga bermanfaat. Bagi yang belum tau bagaimana mengajukan bantuan PIP SD SMP SMA 2020 bisa baca : Cara Mendaftar PIP SD SMP SMA tahun 2020 (Lengkap) 

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Cara Cek Siswa Penerima PIP SD SMP SMA secara Online 2020"