Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Registrasi Akun KIP Kuliah 2021 Bagi Gapyear

 

Cara Registrasi Akun KIP Kuliah 2021 Bagi Gapyear

Artikel yang membahas bagaimana cara daftar atau registrasi akun KIP Kuliah bagi gapyear (lulusan 2019 dan 2020).

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 sudah dibuka sejak 8 Februari 2021 dan berakhir atau ditutup pada tanggal 31 Oktober 2021. Untuk pendaftaran khusus UTBK - SBMPTN sendiri, per tanggal 24/02/2021 ini belum muncul kapan akan dibuka.

Akan tetapi, bagi lulusan 2019 dan 2020 yang akan mengikuti seleksi UTBK  SBMPTN 2021 sudah bisa memulai untuk daftar akun KIP Kuliah 2021 atau perbarui akun KIP kuliah 2020 yang lalu kemudian mengisi data-data yang diperlukan sampai menu seleksi muncul.

Apa itu KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah bantuan dari pemerintah yang bertujuan memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk dapat melanjutkan sekolahnya hingga pendidikan perguruan tinggi khusunya bagi siswa dari keluarga yang kurang mampu dan memiliki potensi prestasi.

Registrasi KIP Kuliah Bagi yang Belum Punya Akun

Bagi kalian kalian yang pada tahun 2020 belum memiliki akun KIP Kuliah, maka nanti jika ingin mendaftar KIP Kuliah diwajibkan untuk mendaftar atau registrasi akun KIP Kuliah 2021 dari awal

registrasi akun KIP Kuliah baru bagi lulusan 2020 dan 2019

Silakan langsung kunjungi laman : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru, dan tampilannya akan seperti pada gambar diatas. Silakan isi NIK, NISN, NPSN, dan email yang aktif kemudian ikuti prosedurnya.

Pastikan email harus aktif karena kode akses dan nomor pendaftaran akan dikirim ke email yang didaftarkan.

Apabila sudah melakukan registrasi akun baru, langsung isi menu-menu yang ada mulai dari biodata, keluarga sampai dengan menu rencana KIP Kuliah.

Panduan pengisian dapat dicermati disini sekaligus sudah ada contoh cara pengisiannya juga dengan gambar dan video : Cara Mengisi KIP Kuliah 2021

Registrasi Bagi yang Sudah Punya Akun KIP Kuliah 2020

Bagi kalian yang tahun 2020 sudah memiliki akun KIP kuliah dan belum diterima sebagai penerima KIP kuliah di salah satu kampus, maka akun KIP Kuliah masih bisa digunakan untuk tahun 2021 ini ya. Tidak perlu membuat akun baru lagi. Bagaimana prosedurnya?

A. Login

Pertama, silakan masuk pada laman login KIP Kuliah 2021 disini : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login

Login Akun KIP Kuliah 2021

Untuk bisa login akun KIP Kuliah, diperlukan No. Pendaftaran dan Kode Akses KIP kuliah tahun 2020 lalu. Bisa cek email yang kalian gunakan dulu pada tahun 2020 ya.

Kemudian klik "MASUK".

B. Perbarui Akun

Setelah bisa masuk, akan muncul tampilan seperti dibawah ini yang terdapat informasi perbarui akun KIP kuliah 2020.

Perbarui Akun KIP Kuliah 2020

Disana akan ada informasi bawah proses ini ditujukan apabila tahun lalu Anda belum diterima di Perguruan tinggi manapun dan ingin mencoba mengikuti proses seleksi penerimaan KIP Kuliah kembali pada tahun 2021.

Ada informasi mulai dari nama, asal sekolah, tanggal lahir, nomor pendaftaran 2020 dan lainnya.

Pastikan data-datanya benar ya dan lanjut ke proses selanjutnya.

C. Masukkan Email

Email KIP Kuliah 2021

Scroll sampai bawah dan akan muncul tampilan seperti diatas. Intinya adalah kalian diminta untuk memasukkan email yang kalian gunakan tahun 2020 lalu untuk melajutkan perbarui akun KIP kuliah.

Jika sudah diisi, silakan klik Perbarui Akun.

D. Pengisian Data KIP Kuliah

Apabila sudah perbarui akun, silakan login lagi dan akan masuk ke dashboard KIP Kuliah. Nah, disini kalian akan mengisi lagi data-data yang ada dari awal ya. Ya kayak pendaftar baru begitu. Mengisi biodata, keluarga sampai pada menu rencana KIP Kuliah.

Untuk pengisian data-data ini, ikuti panduan berikut karena sudah dijelaskan dengan video dan ada contoh riilnya juga. Cara Daftar KIP Kuliah 2021 dan Mengisinya.

Lupa Email KIP Kuliah

Ada yang lupa email KIP Kuliah 2020 lalu? jika iya silakan langsung tanyakan kepada helpdesk KIP Kuliah 2021 untuk memintakan email yang digunakan. Pastikan menuliskan nama lengkap, NISN, NPSN, dan NIK yang digunakan untuk mendaftar KIP Kuliah 2020 lalu ya.

Prosedur bagaimana cara menghubungi Helpdesk KIP Kuliah 2021, bisa baca Cara Menghubungi Helpdesk KIP Kuliah disana juga ada video tutorialnya kok.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

5 comments for "Cara Registrasi Akun KIP Kuliah 2021 Bagi Gapyear"

  1. kak mau tanya, untuk yg gap year dan sudah punya akun

    ini coba masuk ke akun kip-k tapi tidak bisa karena terjadi kesalahan saat mengambil data dtks....

    ada solusi tidak ya ka?

    trims

    ReplyDelete
  2. Kak saya sudah mendaftar kip kuliah tapi saat ingin mendapatkan kode akses dan no pendaftaran selalu gagal karena tidak ada ruang. Padahal memori hp saya masih banyak yg kosong. Solusinya bagaimana kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya bagaimana ya? boleh dijelaskan lebih?

      Delete
  3. mau nanya kak kok no kip kuliahnya tahun lalu sama tahun ini yaa

    ReplyDelete
  4. Ka, mau nanya. Saya kan lulusan 2020, tahun lalu udah buat kipk trus mau ikut utbk pke kipk juga tahun ini, trus pas masukkin no pendaftaran sama kode akses yang sama tahun lalu kok ga bisa ya . Itu gimana?

    ReplyDelete