Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Skor UTBK Bagi yang Tidak Lulus SBMPTN 2021

cek skor utbk bagi yang tidak lulus sbmptn 2021
 

Berikut ini cara melihat skor UTBK bagi peserta yang tidak lolos SBMPTN 2021 lengkap dengan unduh sertifikat hasil UTBK SBMPTN 2021

Pengumuman SBMPTN 2021 telah dilaksanakan mulai tanggal 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB dimana peserta yang lolos dapat melihat pengumuman SBMPTN 2021 melalui laman resmi LTMPT di https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/

Pada saat pengumuman, peserta dapat melihat hasil berupa dinyatakan lolos atau tidak lolos SBMPTN 2021 dengan hanya memasukkan nomor peserta UTBK SBMPTN dan juga tanggal lahir peserta. Namun, untuk skor atau nilai UTBK belum bisa dibuka tanggal 14 Juni tersebut.

Setelah ditanyakan kepada helpdesk LTMPT, ternyata skor dan sertifikat hasil UTBK SBMPTN dapat diunduh dan dilihat mulai tanggal 15 Juni 2021, yaitu sehari setelah pengumuman dilaksanakan. Bagaimana cara cek skor UTBK bagi yang lolos dan tidak lolos? berikut caranya.

Cara Melihat Skor UTBK Bagi yang Tidak Lulus

Sebenarnya bagi yang lolos maupun tidak lolos, semuanya bisa melihat dan mengunduh skor hasil UTBK 2021, tidak hanya yang lolos saja yang bisa mengunduh ya. Bagaimana caranya?

  1. Login ke portal.ltmpt.ac.id menggunakan kombinasi email dan password
  2. Kemudian klik menu UTBK - SBMPTN pada dashboard portal LTMPT
  3. Setelah itu akan muncul tampilan untuk unduh kartu peserta atau sertifikat hasil UTBK.
  4. Silakan klik unduh sertifikat hasil UTBK SBMPTN 2021
  5. Didalam sertifikat tersebut nanti akan ada rincian nilai atau skor setiap subtes yang diujikan di UTBK.
Unduh Sertifikat Hasil Skor UTBK SBMPTN 2021


Manfaat Skor UTBK 2021

Sebenarnya apa sih manfaat nilai atau skor UTBK 2021 itu? yaps. Yaitu sebagai bahan evaluasi diri tentang seberapa nilai kita jika dibandingkan dengan pesaing bagi yang nggak lolos ya. Setelah itu, nilai tersebut bisa dijadikan bahan diskusi untuk memilih jurusan dan PTN yang akan diikuti seleksi mandiri khsususnya seleksi mandiri yang menggunakan nilai UTBK.

Apabila dengan melihat nilai UTBK ternyata nilai tidak mampu bersaing di seleksi mandiri, silakan bisa pikirkan lagi untuk mengikuti seleksi mandiri jalur rapor atau jalur ujian tulis (tes).

Cara Menghitung Skor UTBK 2021

Secara umum, skor UTBK dinilai dengan cara menggunakan sistem IRT (Item Response theory). Untuk memahami IRT, bisa baca Sistem Penilaian IRT untuk UTBK. Apabila kalian mengetahui bagaimana cara menghitung rata-rata skor UTBK yang kalian dapat, bisa ikuti Cara Menghitung Rata Rata Nilai UTBK

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Cara Melihat Skor UTBK Bagi yang Tidak Lulus SBMPTN 2021"