Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi KIP Kuliah 2021

Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi KIP Kuliah 2021


Dalam mendaftar KIP Kuliah 2021 dan 2022 nanti, pastinya saat mengisi data ekonomi disuruh untuk mengisi contoh deskripsi keadaan ekonomi untuk KIP Kuliah kan? nah emang bagaimana sih cara mengisinya dan mengapa harus mengisi?

Sebelum jauh kesana, buat kalian yang sebelumnya belum memahami tentang KIP Kuliah bisa baca artikel-artikel penting berikut sebelum lanjut ya.

Nah, dua artikel diatas wajib kalian baca karena semua panduan dan masalah yang sering muncul ada disana. Untuk cara mengisi deskripsi keadaan ekonomi yuk lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Data Ekonomi KIP Kuliah

Nah, sebelum mengisi deskripsi keadaan ekonomi alangkah baiknya kita mengenal dan tau cara mengisi data-data yang ada pada menu Ekonomi saat mendaftar. Apa saja yang diisi?

  • Dokumen pendukung keadaan ekonomi (seperti kartu PIP, KPS, dan PKH atau SKTM)
  • Deskripsi keadaan ekonomi (yang akan kita bahas dibawah)
  • Penghasilan Ayah (sesuai dengan kenyataan rata-rata per bulan)
  • Penghasilan Ibu (sesuai dengan kenyataan rata-rata per bulan)
  • Hutang
  • Piutang
  • Cicilan piutang
  • Tabungan keluarga
Nah, jika ada yang bingung nanti bisa langsung komentar saja ya.

Deskripsi Keadaan Ekonomi

Selanjutnya kita bahas tentang fokus saat ini ya. Kenapa kita harus mengisi data ini? sebenarnya tujuannya adalah supaya kita bisa mendeskripsikan kenyataan yang ada di keluarga kalian. Karena hanya data diatas seperti penghasilan dan sebagainya tidak cukup untuk menilai.

Nah, narasi yang dibuat ini yang nantinya akan dijadikan acuan dan juga sebagai pembanding dengan apa yang peserta isi di data-data lainnya.

Jadi, kalau kalian menarasikannya tidak sesuai ya bisa jadi dianggap penipuan dong. Kemudian bagaimana contohnya? ini hanya contoh ya dan bisa dijadika referensi tetapi bukan patokan wajib.

Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi KIP Kuliah

Saya berasal dari keluarga yang kurang mampu, ayah saya bekerja sebagai petani dengan bekerja di lahan orang dengan penghasilan tidak pasti per bulan sedangkan ibu saya tidak bekerja sehingga untuk memenuhi kebutuhan biaya sekolah saya dan adik-adik saya sangat pas-pasan, meskipun dari keluarga kurang mampu keluarga kami belum mendapatkan PKH/KIS/KKS sehingga saya menggunakan SKTM sebagai Dokumen pendukung keadaan ekonomi untuk melengkapi data dalam KIP kuliah

Nah, untuk yang lainnya bisa seperti diatas formatnya yang terkait dengan kondisi saat ini ya. Apabila ada yang sakit ya ceritakan dan kalaupun misalkan menghidupi dan bagaimana kondisi yang ada ya. Jujur saja dan pastikan efektif biar tidak memenuhi terlalu banyak.

Untuk lebih jelasnya, tonton video penjelasan berikut ini.




Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi KIP Kuliah 2021"