6 Fungsi Pameran di Sekolah bagi Siswa

6 Fungsi Pameran di Sekolah bagi Siswa

Menggelar pameran karya seni di sekolah banyak sekali manfaatnya. Berikut 6 fungsi pameran di sekolah bagi siswa yang wajib kamu ketahui.

Pameran karya seni sebelum Covid-19 sering dilakukan untuk tujuan banyak hal mulai ide, kreativitas, menilai dan sampai bersosialisasi. Namun, selama covid-19, kegiatan ini sangat jarang diadakan. Emang, apa aja sih fungsinya? 

1. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Karya Seni 

Pameran yang diadakan di sekolah memiliki banyak fungsi dan manfaat. Dimana salah satu fungsin pameran bagi siswa adalah untuk menumbuhkan dan  mengembangkan bakat atau kemampuan siswa.

Disana, siswa akan bisa mengapresiasi karya seni yang dipamerkan. Dari penilaian ini, siswa akan mempelajari kelebihan dan kekurangan sebuah karya seni yang dipamerkan.

Selain itu, melalui pameran ini siswa juga dilatih untuk memberi, mengevaluasi dan juga merespon karya seni. Penilaian dapat dilakukan secara tertulis, lisan atau dengan sikap dan negosiasi.

2. Sebagai Sarana Apresiasi 

Fungsi pameran bagi siswa lain adalah sarana apresiasi. Dikatakan sebagai cara mengapresiasi, karena dalam kegiatan ini siswa mengeluarkan ide-ide pencipta dalam bentuk karya seni.

Kemudian pengunjung yang melihatnya juga bisa mengapresiasi dan menilai karya seni yang dipamerkan tersebut. Proses penilaian ini dibagi menjadi dua, penilaian aktif dan pasif.

3. Melatih Siswa untuk Bermasyarakat 

Selanjutnya, fungsi pameran bagi siswa di sekolah adalah melatih siswa untuk bersosialisasi baik antar kelas, antar guru dan siswa serta kepada masyarakat (pengunjung yang datang). Oleh karena itu, akan terjadi komunikasi dan perlikau yang baik dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari nantinya.

Ini berarti bahwa siswa belajar untuk bekerja dengan orang lain dan belajar berinteraksi. Hal ini tentunya sangat berguna jika nantinya Anda benar-benar hidup bermasyarakat.

4. Membangkitkan Motivasi Siswa dalam Membuat Karya Seni 

Dari pameran ini nantinya, diharapkan banyak orang bisa melihat karya seni yang dibuat oleh masing-masing siswa untuk mendapatkan kritik dan desain. Kritik dan saran dari kritikus akan memotivasi siswa untuk menciptakan karya seni yang lebih baik.

Baca juga: Apa itu Kritik Seni Rupa?

Fungsi dari pameran seni rupa ini juga dapat menciptakan persaingan yang sehat antar siswa dan dapat dijadikan sebagai pemacu bagi siswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam menciptakan sebuah karya seni.

5. Sebagai Sarana Rekreasi 

Pameran merupakan salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu siswa. Pameran juga digunakan untuk hiburan.

Bagaimana tidak, pameran ini merupakan tempat untuk merelaksasi pikiran. Selain itu dapat membantu menghilangkan kebosanan dari kegiatan belajar mengajar di kelas dan memenuhi tugas-tugas guru yang menguras pikiran dan menguras tenaga.

6. Sebagai Sarana Edukasi 

Fungsi pameran bagi siswa yang terakhir yaitu sebagai sarana edukasi. Perlu diketahui jika pameran ini juga berfungsi untuk mendidik siswa.

Ini supaya siswa bisa mengetahui pentingnya pengalaman batin. Pengalaman batin tersebut bermanfaat dalam menyeimbangkan akal serta pikiran. Melihat fungsi satu ini tidak mengherankan jika pameran rutin diadakan oleh sekolah.

Itulah 6 fungsi pameran bagi siswa di sekolah dan kenapa pameran di sekolah itu sangat penting dan sebaiknya selalu dilaksanakan.

Baca juga: Ciri-Ciri Karya Seni Daerah

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "6 Fungsi Pameran di Sekolah bagi Siswa"