Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertanyaan Maba untuk Dosen, Berbobot!

Sebagai mahasiswa baru, alangkah baiknya selalu aktif dan selalu ikut serta dalam pembelajaran dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan bertanya kepada dosen.  Pertanyaan maba untuk dosen apa saja yang sebaiknya ditanyakan supaya perjalanan selama kuliah jadi lancar, aman dan bisa lulus tepat waktu.

Pertanyaan Maba untuk Dosen

Berikut beberapa pertanyaan maba untuk dosen.

1. Mengajar Apa?

Pertanyaan pertama yang sebaiknya ditanyakan adalah bapak atau ibu dosen mengajar mata kuliah apa saja. Mengapa hal ini penting? Sebab, untuk membuat rencana kuliah sebaiknya mengenal dosen dan bidang yang menjadi keahliahannya apa.

Baca juga: Contoh Motivation Letter untuk Daftar Beasiswa

2. Bagaimana Cara Mendapatkan Nilai yang Baik

Memang, kuliah tidak hanya IPK saja. Namun, kita lulus juga ditentukan oleh IPK ini. Makanya, lebih baik kita memaksimalkan nilai IP setiap semester sehingga IPK bisa baik juga.

Setiap dosen memiliki cara masing-masing dalam menilai, walaupun sudah ada aturan dari kampusnya. Maksudnya adalah, bagaimana dosen melihat apakah kita berhak mendapatkan nilai yang bagus atau tidak. 

  • Kuis
  • Tugas
  • UTS
  • UAS
  • Bertanya
  • Menjawab

Nah, banyak sekali penilaian dalam dunia kuliah. Lebih baik tanya apa saja yang menjadi penilaian utama dari dosen tersebut.

3. Bagaimana Supaya Bisa Lulus Tepat Waktu

Jika kita bertemu dengan dosen wali atau DPA (Dosen Pembimbing Akademik), kamu bisa bertanya banyak hal mengenai dunia kuliah. Sebab, DPA inilah yang akan menjadi orang tua yang mengasuhmu di kuliah.

Sebaiknya, kamu bertanya bagaimana cara bisa lulus tepat waktu, bagaimana cara belajar disini, bagaimana cara bersikap dan bertanya di kampus khususnya jurusan ini, apa yang harusnya dilakukan dan tidak dalam jurusan ini, dan sebagainya.

Nah, itu dia 3 pertanyaan utama yang sebaiknya ditanyakan. Selain itu, bisa bertanya dilain kesempatan ya. 

Baca juga:


Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Pertanyaan Maba untuk Dosen, Berbobot!"