Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Melihat Daya Tampung SNMPTN 2020, Persaingan, Keketatan, dan Persebaran siswa yang Lolos SNMPTN 2015-2019


Yusufstudi.com – Pendaftaran SNMPTN 2020 akan segera dimulai yaitu akan dibuka mulai tanggal 14 Februari 2020 nanti pukul 14.00 WIB

Oleh karena itu, maka seluruh siswa yang berhak untuk mengikuti seleksi selanjutnya, diharapkan dapat memahami semua langkah yang diperlukan dan tidak terlewatkan satu jua.

Langkah Cara Mendaftar Seleksi SNMPTN 2020

Pertama, kalian langsung kunjungi web portal.ltmpt.ac.id atau web.snmptn.ac.id kemudian login akun dengan menggunakan kombinasi email dan password akun LTMPT yang telah kalian buat Januari kemarin.

Kedua, ikuti instruksi yang ada dan isi data dengan benar.

Ketiga, finalisasi dan cetak kartu SNMPTN 2020

Keempat, seleksi oleh panitia dan PTN.
Seleksi disini bukan tes akan tetapi seleksi menggunakan data rapor yang telah diunggah oleh sekolah ke PDSS kamarin.

Terakhir, menunggu pengumuman.

Cara melihat Daya Tampung, keketatan, dan persebaran SNMPTN 2020 setiap jurusan dan seluruh PTN

Pertama, masuk kehalaman web.snmptn.ac.id dan klik bagian “Daftar program studi”. Nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini gambar 1.  Selanjutnya, pilih salah satu PTN yang ingin kalian lihat prodi-prodi yang ditawarkan di SNMPTN 2020 nanti. Klik nama PTN yang bewarna biru ya.
Langkah Melihat Daya Tampung SNMPTN 2020 - yusfstudi.com
Gambar 1. Tampilan Awal 

Kemudian, akan mucul tampilan dibawah ini pada gambar 2. Kalian akan disuguhkan nama PTN, jurusan yang ditawarkan apa saja, dan pilihan “SAINTEK” atau “SOSHUM”. Jika sudah memutuskan ingin melihat salah satu prodi, klik Nama Prodinya (yang bewarna biru).

Langkah Melihat Daya Tampung SNMPTN 2020 - yusfstudi.com
Gambar 2. Tampilan untuk melihat Jurusan yang ditawarkan


Terakhir, akan muncul semua informasi yang rinci antara lain sebagai berikut yang ditampilkan pada gambar 3 dibawah ini.

Langkah Melihat Daya Tampung SNMPTN 2020 - yusfstudi.com
Gambar 3. Detil Tingkat Persaingan dan Daya Tampung Setiap Prodi


1. Informasi Umum
Informasi umum akan berisi tentang “daya tampung” jurusan tersebut . Misalnya 25, artinya pada jalur SNMPTN 2020 nanti jurusan gizi kesehatan UGM akan menerima 25 siswa. Kemudian kode apakah dia masuk kategori Saintek atau soshum

2. Daftar Jurusan yang dapat memilih
Informasi ini menyajikan siswa jurusan apa saja yang boleh ikut. Misalnya pada gambar yang boleh hanya IPA saja. Akan tetapi, jika memang menerima dari IPS, SMK jurusan tertentu, MA Jurusan tertentu maka akan tetap ditampilkan kok.

3. Sebaran yang Diterima
Sebaran ini berisi tentang penerimaan 5 tahun terakhir yang melalui SNMPTN pada jurusan tersebut. Persentasi diterima/total pendaftar pada tahun tersebut dan asal jurusan yang diterima apa saja.

Nah, dengan mengetahui informasi ini kalian dapat menimang-nimang untuk mengatur strategi kedepannya supaya bisa lolos diterima lebih besar lagi ya. Kalian juga bisa memahami terkait dengan faktor wilayah (asal provinsi sekolah kalian) yang diterima di Jurusan tersebut. 

Jangan lupa juga sudah mengatur strategi Bagaimana Strategi Memaksimalkan Potensi Lolos PTN Lewat Jalur SNMPTN 2020

Semua informasi bersumber dari laman resmi SNMPTN 2020 dan LTMPT 
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Langkah Melihat Daya Tampung SNMPTN 2020, Persaingan, Keketatan, dan Persebaran siswa yang Lolos SNMPTN 2015-2019 "