Cara Melihat Keketatan dan Daya Tampung SNMPTN 2022

Cara Melihat Keketatan dan Daya Tampung SNMPTN 2021

Pendataftaran SNMPTN 2022 dibuka mulai tanggal 14 Februari 2022. SNMPTN adalah seleksi masuk perguruan tinggi negeri dibawah panitia LTMPT yang seleksinya menggunakan nilai rapor dan prestasi siswa.

Nah, pada tahun 2022 ini ada sedikit berbeda. Bawasannya, penentuan siswa yang bisa ikut SNMPTN itu adalah pihak dari sekolah sendiri. Jadi, buat kalian yang siswa kelas 12 silakan konfirmasi kepada pihak sekolah siapa saja yang eligible ya.

Sebelum mendaftar, pastikan kalian semuanya sudah mempersiapkan jurusan dan perguruan tinggi pilihan supaya ketika login dan mendaftar sudah yakin dan tidak merubah pilihan nantinya.

Langkah Cara Daftar SNMPTN 2022

1. Login LTMPT

Pertama, silakan login di laman https://snmptn.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password,  kemudian pilih menu SNMPTN.

2. Isi Profil

Isi kelengkapan profil mulai data orang tua, penghasilan orang tua per bulan dan juga tanggungan orang tua.

3. Isi Pilihan

Pada poin ini, siswa diharapkan memilih PTN dan Jurusan untuk SNMPTN 2022. Ingat, siapkan baik-baik ya. Jika belum siap, bisa baca dulu artikel ini sampai selesai untuk cek keketatan jurusan dan daya tampung SNMPTN 2022.

4. Isi Portofolio

Isi portofolio sesuai dengan syarat yang ditentukan. Panduan dan format portofolio dapat diunduh pada link berikut.

5. Isi Prestasi

Isi prestasi 3 terbaik yang dipunyai. Jika tidak memiliki prestasi, silakan kosongi.

6. Finalisasi SNMPTN

Jika pilihan sudah yakin benar, silakan untuk finalisasi pendaftaran SNMPTN 2022.

Catatan untuk pelamar KIP Kuliah, sebelum finalisasi SNMPTN silakan untuk memasukkan No. Pendaftaran KIP Kuliah 2022 pada akun LTMPT kalian. Untuk prosedur dan langkanya bisa baca : Cara memasukkan No. KIP Kuliah di LTMPT 2022

7. Cetak Kartu SNMPTN

Terkahir adalah cetak Kartu SNMPTN 2022. Untuk lebih jelasnya step by step pendaftaran SNMPTN, bisa baca thread twitter berikut ini.

Cara Melihat Daya Tampung dan Keketatan SNMPTN 2022

1. Akses LTMPT

Pertama, silakan langsung kunjungi laman ltmpt.ac.id dan klik pada menu SNMPTN dan sub menu Daftar PTN dan Poltek. Contoh sebagai berikut.

Akses LTMPT - Cek Daya Tampung SNMPTN 2021

2. Pilih PTN dan Prodi

Pilih PTN dan Prodi - Cek Daya Tampung SNMPTN 2021

Setelah ada daftar PTN dan Poltek, silakan klik Lihat Prodi. Misalkan mimin memilih UGM Yogyakarta. Nah, nanti akan muncul Nama Prodi, Jenjang (S1 atau D4), daya tampung 2021 nanti, peminat 2020 dan apakah memerlukan portofolio atau tidak.

Untuk melihat keketatan lebih lengkap lanjut langkah ketiga berikut.

3. Keketatan Jurusan

Keketatan Jurusan SNMPTN 2020

Untuk melihat keketatan jurusan, bisa langsung klik nama jurusan yang akan dilihat keketatannya ya. Nanti pada bilah bagian kanan akan muncul tampilan seperti diatas, yaitu informasi tentang sebaran data.

Nah informasi disini, yaitu jumlah peminat, daya tampung, dan persentase keketatan atau kesulitan masuk pada SNMPTN 2016 sampai dengan 2020. Semakin kecil nilai persentase, maka semakin ketat dan susah persaingannya.

4. Lintas Jurusan SNMPTN (Syarat SMTA)

Lintas Jurusan SNMPTN (Syarat SMTA)

Informasi penting yang sering ditanyakan adalah syarat SMTA. Apakah bisa lintas jurusan SNMPTN 2022? nah, itu dilihat dari sini di syarat SMTA atau syarat SMA. Disana ada informasi SMA/SMK/MA jurusan apa saja yang bisa mendfatar pada jurusan tersebut.

Sebelum mendaftar SNMPTN, lebih baik pahami dahulu Strategi dan Tips Memilih Jurusan di SNMPTN 2021. Tujuan supaya tidak salah jurusan dan tidak merasa rugi setelah dinyatakan lolos.

Ingat! siswa yang lolos SNMPTN 2022 tidak bisa daftar UTBK SBMPTN 2022 dan tahun-tahun setelahnya. Jadi, hati-hati ya.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

1 comment for "Cara Melihat Keketatan dan Daya Tampung SNMPTN 2022"

  1. Comment Author Avatar
    Nggak ada sebaran provinsi nya ya kak?

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.