Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Cara Memilih Jurusan untuk SNMPTN 2021

Trik Memilih Jurusan SNMPTN

Artikel ini membahas lengkap tentang bagaimana cara dan strategi memilih jurusan yang benar untuk SNMPTN 2021 serta cara mengurutkan jurusan SNMPTN yang baik.

Berdasarkan jadwal yang telah dirilis oleh panitia LTMPT 2021, pendaftaran akun LTMPT untuk SNMPTN dilaksanakan pada 04 Januari - 01 Februari 2020. Setelah pendaftaran akun LTMPT, maka akan dilakukan pemilihan siapa saja siswa yang eligible masuk SNMPTN dan sapa saja yang tidak masuk. Bagi yang masih bingung memahami apa itu siswa eligible, bisa ditelaah lebih jelas dan mudah di Siswa Eligible pada SNMPTN 2021



Pengertian SNMPTN

Apa itu SNMPTN

SNMPTN adalah kependekan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang merupakan salah satu seleksi masuk kampus secara resmi oleh panitia LTMPT dengan menggunakan nilai rapor, portofolio, prestasi dan aspek lainnya sebagai input pada seleksinya.

Mata Pelajaran untuk SNMPTN

  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. 
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. 
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian

Kententuan Pemilihan Jurusan

Adapaun untuk pemilihan jurusan SNMPTN 2021 itu memiliki syarat dan aturan, jadi tidak boleh sembarangan ya. Apa saja aturannya?

  • Apabila memilih 2 prodi/jurusan maka salah satu prodi harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah.
  • Apabila hanya memilih 1 prodi/jurusan, maka bebas memilih dimana saja.

Oke, pasti kalian masih bingung kan masud diatas. Untuk itu, kita misalkan contoh sebagai berikut saja ya. 

Ada siswa yang namanya Mimin dari SMA di Jawa Timur. Maka dia bisa memilih jurusan sebagai berikut.

  • Pil 1 : Teknik Industri - ITS
  • Pil 2 : Manajemen - Unair
Atau 
  • Pil 1: Teknik Mesin - UI
  • Pil 2 : Teknik Pertanian - Universitas Brawijaya
Atau 
  • Pil 1 : Teknik Pangan - IPB
  • Pil 2 : Kosong
Nah, pilihan diatas bisa. Akan tetapi apabila pilihannya seperti dibawah ini tidak bisa ya.
  • Pil 1 - Peternakan UGM
  • Pil 2 - Agribisnis UNDIP
atau
  • Pil 1 - Peternakan UGM
  • Pil 2 - Perikanan UGM
Karena dua-duanya pilihan berada diluar provinsi asal.

Cara Memilih Jurusan SNMPTN 2021

1. Jangan Lintas Jurusan

Pada seleksi SNMPTN, hal yang digunakan untuk dinilai dalam menentukan lolos tidaknya adalah dari nilai yang kalian inputkan di PDSS (biasanya yang input adalah pihak sekolah). Nah, apabila kalian anak IPA, ya daftar ke jurusan saintek sedangkan kalau anak IPS sebaiknya daftar ke jurusan soshum. 

Mengapa demikian?

Hal ini karena, kalian akan dianggap AHLI/EXPERT sesuai apa yang kalian kerjakan di sekolah. Apabila kalian jurusan IPS, maka akan dianggap ahli pada pelajaran ekonomi, geografi, sejarah maupun sosiologi. Begitupun untuk anak IPA, Bahasa, ataupun Teknik (SMK).

Apabila kalian anak IPA dan tidak memiliki nilai Ekonomi, maka apabila mendaftar soshum akan susah untuk menilai dan dibandingkan dengan jurusan IPS yang secara murni memiliki nilai Ekonomi di rapor. 

Terus, apakah ada peluang? 

Pasti ada. Nah, nanti sistem akan memuat penyetaraan nilai, misalnya untuk nilai ekonomi dapat digantikan dengan nilai matematika karena sama-sama menghitung dan juga ada materi yang hampir sama seperti perhitungan bunga, pajak, dll. Tetapi, nilai tidak murni. Bisa jadi akibat penyetaraan, nilai matematika 80 karena ingin daftar soshum maka nilai ekonominya 77 (terjadi pengurangan nilai karena kamu anak IPA yang tidak punya nilai ekonomi).

2. Passing Grade

Apa itu passing grade? untuk mudah memahaminya, passing grade adalah nilai terendah untuk bisa lolos pada jurusan tertentu. Nilai ini tidak pasti setiap tahunnya dan tergantung dengan pesaingnya.

Untuk melihat ini, yang paling mudah adalah melihat kakak kelas yang lolos pada jurusan tertentu dan PTN mana. Misalnya, kamu sudah menentukan ingin memilih Sistem Informasi - ITS, maka tanyalah kepada kakak kelasmu yang lolos SNMPTN di Jurusan Sistem Informasi - ITS. Jika tidak ada, tanyalah yang se-fakultas dengan jurusan sistem informasi.

Apabila belum mempunyai alumni, maka silakan bisa tanya-tanya teman sekolah lainnya ya siapa tau punya kenalan di lain sekolah. Lalukan strategi ini untuk menentukan dan memilih jurusan SNMPTN yang benar.

3. Tingkat Keketatan Jurusan

Posisikan dirimu dan atur egomu. Jika ingin lolos SNMPTN, pastikan kalian melihat keketatan jurusan setiap tahunnya. Bisa jadi, semakin tahun semakin ketat atau sebaliknya. Untuk melihat keketatan jurusan bisa dilihat di website LTMPT > pilih SNMPTN. 

Kalau tahun 2020 seperti ini, semoga tidak jauh berbeda buat nanti tahun 2021 nanti : Cara Melihat daya tampung dan Keketatan Jurusan di SNMPTN 2020

4. Mempertimbangkan Jurusan

Strategi Memilih Jurusan SNMPTN

Dalam memilih jurusan SNMPTN, pertimbangkan baik-baik jurusan yang kalian pilih. Jangan sampi ikut-ikutan teman dan "yang penting lolos". Ini bukan untuk main-main dan juga tidak sekadar menjalani kuliah 4 tahun selesai, tetapi demi masa depan kalian sendiri.

Terlebih lagi, pengumuman terbaru dari LTMPT 2021 bahwa siswa yang lolos SNMPTN tidak bisa mendaftar UTBK - SBMPTN selamanya. Jadi, hati-hatilah memilih jurusan.

Pilih jurusan sesuai dengan kepribadian dan juga keinginan, pasti nanti akan mudah untuk menjalani perkuliahan dan memperoleh prestasi didalamnya.

5. Relevansi dengan Nilai Rapor

Relevansi antara nilai rapor dan pilihan jurusan harus sebaik mungkin. Mudahnya seperti berikut ini. Misalkan kalian memilih jurusan di SNMPTN adalah kimia murni, maka pelajaran yang sebaiknya tinggi daripada yang lainnya adalah Mata pelajaran Kimia dan Matematika (karena akan membahas tentang kimia dan statistika).

Apabila kalian ingin masuk jurusan Teknik Kimia, maka yang harus tinggi adalah Kimia, Fisika, dan Matematika. Informasi ini bisa kalian telusur di Google pasti banyak kok.

6. Faktor Alumni

Faktor alumni menjadi sangat penting karena perguruan tinggi dapat menilai adik kelasnya dari kakak kelasnya di PTN yang bersangkutan. Misalnya, kakak kelas kalian di PTN X sangat baik, IPK selalu diatas 3.50, sering juara lomba, maka nilai kalian akan tinggi (dan sebaliknya).

Jika kakak kelas baik menandakan sekolah juga melakukan perlakuan yang sama pada adik kelasnya tadi sehingga tidak akan jauh beda.

7. Nilai Sekolah

Nilai sekolah ini dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya seperti : Akreditasi, Prestasi siswa (olimpiade, lomba, dll), prestasi guru (olimpiade guru, penghargaan guru, dll), prestasi sekolah, dan lain sebagainya. Semakin banyak dan baik maka diperhitungkan nantinya.

8.TOP 1000 Nilai TPS UTBK 2020

Tahun 2021 katanya akan memperhitungkan rangking dari sekolah berdasarkan nilai TPS tahun 2021. Untuk mengetahui bisa baca Cara Melihat dan Memahami Ranking Sekolah Top 1000 Nilai UTBK 2020

9. Cara Mengurutkan Jurusan SNMPTN

Terakhir adalah mengurutkan jurusan SNMPTN yang benar. Untuk mengurutkan jurusan pastikan hal berikut ini.
  1. Pilihan pertama adalah jurusan yang paling disukai dan diharapkan
  2. Pilihan kedua adalah jurusan yang disukai tetapi dengan keketatan rendah
  3. Pastikan kedua pilihan jurusan didukung dengan nilai rapor yang baik dan memiliki relevansi (seperti penjelasan poin 5 diatas).
  4. Diskusikan dengan Orang tua dan BK.
  5. Yakinkan diri, daftarkan diri, dan berdoa.
  6. Selesai.
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

2 comments for "Strategi Cara Memilih Jurusan untuk SNMPTN 2021 "

  1. Assalamualaikum, mas yusuf. Materinya sangat bermanfaat. Terimakasih ya,
    Apakah saya diizinkan jika membuat materi ini menjadi konten youtube?

    ReplyDelete